Makanan dan Minuman Diet

Tak bisa disangkal lagi jika memiliki tubuh yang sehat dan langsing merupakan idaman bagi setiap kaum hawa. Maka, tidak heran jika ada banyak cara dan juga tips untuk diet secara aman yang menjadi tips terbaik bagi para wanita yang ingin tampil lebih cantik sempurna setiap harinya. Tubuh yang ideal bisa dimulai dari menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Makanan yang tepat, baik serta tercukupinya nutrisi juga bisa terpenuhi dengan sempurna tentunya akan menjadikan tubuhmu semakin sehat, langsing dan terbebas dari lemak yang berbahaya.

Selain olah raga yang menjadi aktifitas penting untuk membantu agar tubuh sehat dan langsing, dibutuhkan makanan tepat yang juga berperan penting dalam kebaikan tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat dan enak yang bisa membantu tubuh Anda sehat dan juga langsing.

Baca Juga : Olahraga Jalan Kaki Yang Benar Untuk Diet

Daftar Makanan Sehat Untuk Diet

Beberapa makanan yang disarankan untuk diet terkadang memiliki rasa yang tidak enak. Beberapa jenis makanan dibawah ini cocok untuk menjadi makanan yang menbantu proses diet.

1. Pisang

Buah Pisang
Buah Pisang

Meskipun Pisang atau dalam bahasa jawa dikenal dengan nama gedang terkenal mengandung potasium, pisang juga merupakan sumber pati resisten, sejenis pati yang penting untuk menurunkan berat badan. Tubuh mencerna pati resisten yang secara perlahan berperan membantu merasa kenyang lebih lama. Tidak perlu menunggu buah pisang dalam kondisi benar matang; pisang sebenarnya mengandung lebih banyak bahan pembakar kalori ini ketika masih muda atau sedikit hijau.

Pisang dapat membantu mengatur tekanan darah, meredakan masalah pencernaan, mengisi kembali nutrisi setelah berolah raga, dan dapat membantu mencegah stroke pada wanita usia tua. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam pisang, maka sangat disarankan untuk dijadikan salah satu daftar belanja buah yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

2. Kubis

Sayur Kubis Kol
Sayur Kubis

Kubis kaya akan antioksidan dan vitamin C tetapi sangat rendah kalori (hanya 22 per cangkir), sehingga dapat dijadikan pilihan untuk makanan yang tidak membuat berat badan cepat naik. Dengan mengkonsumsi sayuran ini akan membantu agar tidak cepat merasa lapar. Salah satu cara agar kubis enak dikosumsi yaitu mengolah dengan menjadikannya sup.

Baca Juga : Manfaat Kol Ungu Dan Putih Untuk Kesehatan

3. Bayam

Sayur Daun Bayam
Daun Bayam

Adanya kandungan vitamin K yang terdapat di dalam sayur bayam ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat pada sayur bayam cocok sekali untuk program diet yang sehat. Bahkan tak hanya itu saja, bayam diketahui juga bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh.

Baca Juga : Manfaat Sayur Bayam Bagi Untuk Kesehatan Manusia

4. Apel

Buah Apel hijau
Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan semua orang. Buah yang mudah mudah ditemukan di took ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah tubuh untuk terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Selain hal itu, buah apel diketahui juga kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan system pencernaan. Buah apel membuat orang yang memakannya akan mudah merasa kenyang, sehingga cocok sekali untuk Anda yang sedang jalani diet.

Baca Juga : Pengertian Vitamin – Macam Jenis, Fungsi Manfaat dan Contohnya

5. Jeruk

Buah Jeruk Manis
Buah Jeruk

Seperti lemon, jeruk rendah kalori tetapi mengandung banyak serat, membantu merasa kenyang sepanjang hari dan mengonsumsi sedikit mengkonsumsinya. Varietas jeruk musim dingin yang berwarna lebih gelap mengandung vitamin C serta antioksidan anthocyanin tingkat tinggi yang mampu melawan penyakit dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga

6. Alpukat

Buah Apokat
Buah Alpukat

Perlu diketahui bahwasannya kandungan lemak yang terdapat di dalam buah alpukat ini bisa membantu agar terhindar dari rasa lapar, perut yang kenyang tentunya akan membuat Anda tidak sibuk untuk mencari makanan ataupun cemilan yang bisa membuat berat badan naik dan tubuh menjadi gemuk. Salah satu hal yang harus diingat yaitu untuk menghindari makan buah alpukat dengan mencampurnya bersama gula atau pemanis buatan lainnya karena bukan menjadi langsing tapi malah gendut. Untuk menambah rasa manis Anda bisa menambahkan madu murni.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

7. Buah Pir

Buah Pir - Segar dan Manis
Buah Pir

Seperti apel, pir adalah sumber antioksidan dan kaya akan serat. Menurut sebuah penelitian, wanita yang makan tiga buah pir sehari mengkonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan dan kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak memakan buah ini.

Baca juga : Fungsi Vitamin A B C D E K Bagi Tubuh

8. Labu

Labu
Labu

Labu dikemas dengan serat, potasium, vitamin B, dan beta-karoten. Labu merupakan makanan yang rendah kalori walaupun memiliki rasa yang  manis alami. Tentunya hal tersebut menjadikannya bahan yang sempurna untuk makanan karena kelezatannya. Selain itu labu sangat bagus untuk kulit tubuh manusia. Kandungan karoten, yang mampu melawan keriput dan membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Seng yang ditemukan dalam biji labu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif atau rentan jerawat.

Baca Juga : Pengertian Nutrisi – Macam Jenis Dan Contohnya

9. Kentang Putih Rebus

Kentang Putih
Kentang Putih

Mengonsumsi kentang putih rebus membuat orang secara alami akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit dari makanan lain. Sebagian orang mungkin tidak suka memakan kentang putih, padahal kentang memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan yang baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan agar selalu optimal. Kentang diketahui mengandung nutrisi yang sangat beragam, yang mana nutrisi yang terdapat didalam kentang dibutuhkan tubuh manusia. Kentang kaya akan potasium, salah satu nutrisi yang sering tidak tercukupi, padahal memiliki peran penting dalam kontrol tekanan darah.

Baca Juga : Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

10. Wortel

Wortel
Wortel

Karena wortel memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, wortel dapat membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang. Untuk meningkatkan potensi pembakaran kalori, cobalah untuk memanggangnya: dalam sebuah studi yang diilakukan oleh Universitas Arkansas, wortel panggang mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada yang mentah. Beta-karoten dalam wortel dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan vitamin A akan menjaga penglihatan agar selalu dalam kondisi yang baik.

11. Brokoli

Sayur Brokoli
Sayur Brokoli

Sebagai sumber kalsium dan senyawa pelawan kanker yang cukup penting, brokoli juga memiliki banyak serat. Jika makan sayuran ini membuatmu kembung, cobalah mengukusnya terlebih dahulu, yang membuat brokoli akan lebih mudah dicerna tubuh.

Baca Juga : Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

12. Chia seeds

Chia Seeds
Chia Seeds

Chia seeds ini kaya akan kandungan serat dan juga kalsium. Kandungan seratnya bisa membantu Anda untuk tetap merasa kenyang di sepanjang hari. Kalsium yang tinggi di dalamnya juga bisa membantu dalam membentuk tubuh Anda lebih langsing dan ideal.

Minuman Untuk Diet Secara Cepat

Beberapa daftar diatas adalah makanan rekomendasi yang cocok dijadikan teman dalam program diet, agar lebih adil berikut ini rekomendasi minuman yang juga membantu dalam proses menurunkan berat badan tubuh secara alami.

1. Teh Hijau

Jika ingin menikmati metabolisme yang lebih cepat, tuangkan secangkir teh hijau dan minumlah setiap hari. Minuman ini dipenuhi dengan antioksidan kuat yang dapat membantu melawan peradangan, membakar lemak, dan meningkatkan energi. Menurut sebuah penelitian, minum lima cangkir sehari dapat membantu Anda menurunkan dua kali lipat berat badan, terutama di bagian tengah tubuh Anda. Dan minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko penyakit Parkinson, serta kanker ovarium, kolorektal, kulit, dan prostat.

Teh Hijau
Teh Hijau

Agar lebih nikmat bagi anda yang ingin memberikan fariasi tambahan, peras seiris lemon atau jeruk ke dalam teh sebelum meminumnya: penelitian dari Purdue University menemukan bahwa jus jeruk memberi antioksidan kekuatan pada teh hijau, sehingga mereka dicerna secara perlahan dan bermanfaat bagi tubuh Anda lebih lama. Tentunya the hijau akan lebih sehat jika dikonsumsi tanpa menggunakan tambahan gula.

Baca Juga : Manfaat Green Tea dan Efek Sampingnya

2. Air Putih

Gejala kelaparan umumnya mirip dengan dehidrasi, tubuh anda mungkin salah mengira haus dengan rasa lapar, sehingga perasaan ini menipu untuk makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Minum Air Putih Untuk Diet
Air Mineral

Minum air yang cukup dapat membantu tubuh agar tetap langsing juga. Penelitian dari American Chemical Society di Boston menemukan bahwa memiliki dua gelas air sebelum makan dapat mengurangi ukuran porsi sehingga membantu untuk menurunkan berat badan dan mempertahan tubuh ideal. Selain fungsi air yang harus dipenuhi setiap harinya agar tidak dehidrasi, air juga memiliki manfaat membatasi nafsu makan.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Diet terkadang sangat sangat sulit dilakukan, terutama jika program diet termasuk makanan yang tidak disukai. Beberapa makanan enak diatas bisa dijadikan rekomendasi bagi anda yang ingin dan sedang menjalani program dan proses diet. Nah itulah tadi sekilas informasi tentang tips diet menurunkan berat badan dengan makanan sehat dan enak yang bisa membantu Anda untuk tetap sehat dan langsing tanpa harus memiliki rasa takut. Tubuh yang sehat alami akan menjadikan Anda tampil lebih percaya diri.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.