Manfaat Kol Ungu Dan Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Kol Ungu Dan Putih Untuk KesehatanKol adalah jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan baik kuah, lalapan, tumis, lauk-pauk maupun desert seperti salad, tong seng, sop, soto, gado-gado, orak arik, sayur bening, bakwan, sayur asem sayur lodeh, bakmi, dan masih banyak lagi. Sebagai bahan makanan, kol termasuk sering dikonsumsi karena dapat diolah dalam berbagai varian.

Pada umumnya bentuk kol bulat dengan banyak lapisan daun membentuk seperti umbi lapis. Sayur yang mempunyai nama latin brassica oleracea biasa tumbuh di dataran tinggi dan tahan terhadap suhu tinggi. Di dataran rendah tanaman ini akan rawan terserang hama atau ulat. Para petani kol akan memanen tanaman ini setiap 3 – 4 bulan sekali. Kubis mempunyai beragam warna namun yang paling sering dikonsumsi adalah kol ungu dan putih.

Selain rasanya yang enak kol juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Kandungan kimia yang ada di dalam kol adalah berbagai vitamin dan mineral seperti A, B C, K, kalsium, magnesium, beta karoten, zat besi , fenol, sulfur, ribovlavin, asam folat, selain itu kol juga mengandung glutation yang berguna untuk menonaktifkan zat racun dalam tubuh. Ada beberapa manfaat kol baik ungu maupun putih sebagai sayuran bagi kesehatan seperti berikut ini.

Manfaat Sayur Kol Ungu Dan Putih Untuk Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Sebagai kekebalan tubuh

Sebagai kekebalan tubuhKandungan vitamin c yang tinggi pada kol dapat membantu menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri sehingga dapat memberikan kekebalan alami pada tubuh. Umumnya vitamin c terdapat dalam buah – buahan seperti jeruk, tomat dan nanas. Tetapi penggunaan sayur mayur juga dapat memberikan kekebalan seperti layaknya konsumsi buah-buahan.

2. Mencegah kanker

Apakah Mengandung Antioksidan ?Antioksidan yang terdapat dalam kol membantu mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh yang dapat memicu penyakit seperti kanker. Terapi ini hanya dapat digunakan sebagai pencegahahan atau preventif, bukan penyembuhan atau kuratif karena kandungan antioksidan dapat mencegah bukan menghilangkan.

3. Sistem pencernaan

Sistem pencernaanKol mempunyai kandungan serat yang dapat memaksimalkan gerak usus sehingga usus tidak perlu bekerja berat. Ketika usus bekerja berat maka sistem pencernaan akan lambat dan dapat menyebabkan konstipasi. Sehingga bagi pencinta sayur terutama kol, anda termasuk orang yang beruntung.

4. Menutunkan berat badan

Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga
source : indiatvnews.com

Orang yang ingin mengurangi berat badan perlu memakan makanan yang rendah kalori tinggi vitamin dan mineral seperti kol. Konsumsi kol dalam jumlah yang cukup sebagai menu diet dapat memberikan efek menurunkan berat badan dalam waktu yang pelan sehingga aman untuk kesehatan anda.

Baca Juga : Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga

5. Pembentukan sel darah merah

Pembentukan sel darah merah Kandungan zat besi pada kol dapat membantu pertumbuhan sel darah merah untuk memperlancar aliran oksigen dalam tubuh. Ketika aliran oksigen lancar aktivitas tubuh kita juga tidak terganggu.

6. Nutrisi otak

Otak DepanZat antosianin dalam kol dapat memberikan efek konsentrasi pada otak, ketika otak mempunyai konsentrasi maksimal maka kinerja tubuh dan sistem hormon juga akan maksimal.

7. Kesehatan tulang

Kesehatan tulangKalsium dan magnesium yang terkandung pada kol dapat memacu perkembangan tulang. Terutama bagi penderita osteoporosis sangat dianjurkan makan kol dengan porsi yang cukup.

8. Nutrisi mata

Kerusakan mataMengkonsumsi kol juga baik bagi kesehatan mata, kandungan rebovlavin nya dapat mempertajam penglihatan, mencegah katarak dan baik untuk penglihatan orang yang sudah tua.

9. Kesehatan janin

Kesehatan janin Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin, sehigga mengkonsumsi kol dapat membantu memberikan nutrisi otak janin anda. Karena kecerdasan bayi anda ditentukan pada masa awal ketika di dalam kandungan.

10. Mencegah Penuaan dini

Mencegah Penuaan dini Penuaan dini tentu selalu menjadi kendala bagi beberapa orang khususnya wanita. Antioksidan yang terdapat pada kol dapat mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh kita yang dapat memicu penuaan dini.

Senyawa vitamin dan mineral pada kol mampu memberikan efek bagi berbagai sistem dalam tubuh seperti serat untuk sistem pencernaan, zat besi untuk sistem peredaran darah, ribovlavin untuk sistem indra penglihatan. Selain itu kandungaan vitamin dan mineral yang cukup tinggi mampu melindungi sistem kerja organ kita dari beberapa penyakit seperti kanker, jantung dan osteoporosis. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan kita dengan banyak mengonsumsi sayuran seperti kol.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.