Home artikel Manfaat Kacang Panjang Dan Bahaya Efek Samping

Manfaat Kacang Panjang Dan Bahaya Efek Samping

Manfaat Kacang Panjang Dan Bahaya Efek Samping

Manfaat Kacang Panjang Dan Bahaya Efek Samping – Kacang panjang memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh dan kesehatan kita, namun kacang panjang juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebih. Rasanya yang enak saat diolah menjadi beragam sayur atau makanan lain membuat kacang panjang menjadi populer dan banyak diminati.

Hidangan yang bisa anda sajikan menggunakan kacang panjang diantaranya lalapan, tumis kacang panjang, pecel, sayuran berkuah dan masih banyak lagi. Kacang-kacangan memang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga bagus jika dikonsumsi oleh setiap orang. Kacang panjang juga merupakan jenis sayuran yang sangat mudah ditemui disetiap pedagang makanan atau sayuran.

Macam Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan :

1. Membersihkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh

Kacang panjang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan di dalam tubuh sebagai akibat dari adanya radikal bebas dan bahan kimia beracun yang berasal dari luar atau makanan lainnya.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Untuk anda yang memiliki masalah dengan kurangnya jam tidur di malam hari, anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang panjang. Gangguan tidur biasanya disebabkan oleh kekurangan asupan magnesium, namun tidak usah khawatir karena kacang panjang ini memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu menenangkan otak serta meningkatkan proses relaksasi.

3. Menjaga kesehatan kulit

Asupan vitamin C yang cukup dalam tubuh akan mampu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini atau keriput pada kulit. Vitamin C yang terkandung pada kacang panjang sangat penting untuk pembuluh darah, tendon, ligamen, dan juga kesehatan kulit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung menjadi alat yang paling penting dalam tubuh manusia sehingga kita harus selalu menjaga kesehatan jantung dengan makanan yang sehat. Menkonsumsi kacang panjang dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung atau stroke karena kacang panjang mengandung asam folat yang dapat menurunkan kadar homostein.

5. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol jahat dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi tubuh dan kacang panjang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung serat larut dan tidak larut. Makanan yang mengandung banyak serat ini akan berakibat baik dalam menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan mata

Selama ini kebanyakan orang menganggap wortel baik untuk kesehatan mata padahal kacang panjang juga memiliki manfaat yang sama. Bukan hanya menjaga kesehatan mata saja, tetapi vitamin yang terkandung di dalamnya mampu mencegah penyakit katarak pada mata dan glaukoma.

Bahaya Dan Efek Samping Kacang Panjang Jika Dikonsumsi Secara Berlebih

Efek Samping Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Alergi

Kacang panjang termasuk pada jenis kacang-kacangan dan polong-polongan. Kacang-kacangan ini merupakan jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan lebih baik tidak mengkonsumsi kacang panjang secara berlebih karena bisa menimbulkan reaksi alergi pada tubuh.

2. Badan Terasa Lemas

Mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebih termasuk kacang panjang dapat menimbulkan rasa lemas dan malas saat melakukan akitivitas atau pekerjaan. Penyebabnya adalah kinerja tubuh dan otak akan mengeluarkan cairan dan zat nitrogen secara ekstra dan lebih banyak dari biasanya karena kita mengkonsumsi terlalu banyak kacang.

3. Nyeri Sendi

Nyeri pada persendian sering terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia, hal itu bisa saja merupakan gejala penyakit asam urat. Penyakit asam urat ini biasanya disebabkan oleh konsumsi kacang-kacangan secara berlebih, maka jika anda sudah terindikasi penyakit asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang panjang.

4. Mual Mual dan Diare

Kacang panjang juga mengandung banyak vitamin E yang baik untuk tubuh. Tetapi yang harus diingat, jangan mengkonsumsi kacang panjang bersamaan dengan makanan lain yang juga mengandung banyak vitamin E misalnya sayur bayam dan telur. Karena hal itu bisa menyebabkan overdosis makanan bervitamin E dan efeknya bisa berbahaya misanya mual-mual atau diare.

5. Memicu Penyakit Ginjal dan Hati

Sebaiknya anda mengkonsumsi kacang panjang dalam jumlah yang sewajarnya saja karena konsumsi secara berlebih ini bisa memicu penyakit ginjal dan juga penyakit hati. Kandungan protein dan asam amino cukup tinggi yang terdapat pada kacang panjang akan membuat kinerja kerja ginjal dan hati menjadi lebih ekstra.

No ratings yet.

Please rate this

Comments are closed.