Kebun - Buah dan Sayur

Kembali lagi di Jagad.id. Seperti yang sudah Anda lihat semua, pembahasan kita kali ini bertajuk Kebun : Buah dan Sayur. Diharapkan dengan materi yang akan kami paparkan berikut ini, dapat menjadi sumber informasi yang mudah difahami, baik itu untuk kebutuhan pendidikan sekolah, maupun informasi secara umum. Langsung saja, berikut uraian selengkapnya dari kami.

Pengertian Kebun

Bila kita merujuk pada definisi yang diterbitkan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa Jakarta tahun 2008, Kebun adalah sebidang tanah yg ditanami pohon musiman (buah-buahan dan sebagainya). Adapun contoh kebun seperti ; Sebidang tanah luas yang ditanami kopi, karet, sawit, dan sebagainya. Pada umumnya kebun akan mendapatkan perawatan khusus, yang dimana perawatan tersebut biasanya tidak diberikan pada sebidang tanah biasa yang tidak diberdayakan untuk menghasilkan.

Meskipun pusat bahasa Jakarta telah menerbitkan definisi kebun seperti yang sudah kita lihat diatas, pemaknaan kebun itu sendiri bisa memberi arti yang lebih luas, karena kosa kata kebun itu sendiri masih bersifat umum tanpa memberikan makna yang lebih spesifik. Oleh karenanya, sekalipun sebuah lahan ditumbuhi oleh beragam tumbuhan secara liar, lahan atau sebidang tanah tersebut tetap tergolong ke dalam kategori kebun, selama berada di wilayah pemukiman penduduk.

Secara umum, kita dapat membedakan antara kebun dengan hutan, berdasarkan dari jenis tumbuhanannya, serta tingkat kepadatan tumbuhan yang berada dalam lahan tersebut. Biasanya, kita sering mendapati orang orang menggunakan istilah “perkebunan” sebagai pengganti kata kebun saat melihat sebidang tanah luas yang ditumbuhi beragam pohon atau tanaman lainnya, seperti: Kebun Kopi, Kebun Sawit, Kebun Karet, dan Kebun Kelapa.

Selain dipergunakan untuk mendefinisikan sebidang tanah luas yang berisikan tanaman khusus, kosa kata kebun juga biasa digunakan untuk menyebut wilayah pekarangan rumah atau sebidang taman. Sebab tidak sedikit masyarakat, khususnya di Indonesia memahami bahwa pekarangan yang berisikan tumbuh tumbuhan juga tergolong kedalam kategori kebun.

Dalam kosa kata bahasa Inggris, kebun yang kita jelaskan saat ini disebut dengan Orchard. Kebun buah buahan di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu sekali, seperti kebun buah pala di wilayah Maluku atau beragam kebun buah buahan lainnya seperti :  kebun rambutan, kebun salak, kebun durian, kebun coklat, dan kebun buah buahan lainnya. Adapun pemahaman masyarakat Indonesia secara umum mengenai kebun ialah sebuah lahan yang ditumbuhi jenis tanaman tertentu yang tidak memiliki sistem budidaya secara intensif. Disamping itu, imej kebun di Indonesia juga kerap dipandang sebagai lahan yang hanya sekedar sebagai tempat menumbuhkan jenis jenis tanaman, lalu kemudian mengumpulkan hasil panen untuk dijual kembali atau sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi sendiri. Berbeda kondisi dengan perkebunan diluar negeri secara umum, khususnya di negara negara maju. Biasanya perkebunan yang terdapat di luar negeri akan jauh lebih professional, dan jauh lebih terkoordinir. Tersedianya fasilitas penyortiran dan pengemasan di dalam lahan perkebunan luar negeri adalah sebuah hal yang lumrah dan merupakan sebuah hal yang memang bagian penting dari sebuah perkebunan itu sendiri.

Pengertian Kebun Buah

Masih dikutip dari sumber yang sama (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008), Buah adalah bagian tumbuhan yang berasal dari bunga atau putik (dan biasanya berbiji). Atau dalam definisi lain, Buah adalah bagian dari tumbuhan yang merupakan bentuk lanjutan dari ovarium tumbuhan (atau lebih dikenal : bakal buah) dan bermula dari sebuah putik tumbuhan.

Foto Kebun Buah

Dalam metode budidaya pertanian modern (hortikultura), definisi  yang terkandung didalam kata “buah” jauh lebih luas dari apa yang sudah kita jelaskan diatas barusan. Pengertian “buah” dalam lingkup hortikultura tidak sebatas bagian tumbuhan yang berkembang dari ovarium tumbuhan saja (dibaca: bakal buah). Lebih daripada itu, cakupan makna “buah” dalam hortikultura juga meliputi unit lainnya (tidak hanya bakal buah) dari sebuah tumbuhan yang mengalami perkembangan/pertumbuhan. Oleh sebab itu, terdapat sedikit perbedaan istilah untuk menyebut kata “buah” yang sesuai dengan cabang ilmu tumbuh tumbuhan (botani) didalam metode budidaya pertanian modern (Hortikultura). Di dalam hortikultura, penyebutan kata “buah” yang umum kita ketahui disebut dengan Buah Sejati.

Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah, membuat bahan pangan yang satu ini memiliki sejumlah nilai ekonomi di seluruh dunia. Dengan mengkonsumsi buah, kita dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dari beragam jenis penyakit. Mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, alkaloid, dan kandungan kandungan penting lainnya bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah.

Pengertian Kebun Sayur

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata “sayur” diartikan sebagai daun-daunan, tumbuh-tumbuhan, polongan dan sebagainya, yang dapat dimasak. Namun dalam definisi lain, sayur atau sayuran adalah istilah penggolongan terhadap sebagian jenis tumbuhan yang biasa dikonsumsi manusia, dan umumnya mengandung sejumlah kadar vitamin, mineral dan komponen penting lainnya yang berperan dalam membantu perkembangan sel di dalam tubuh. Sebagian sayuran biasa dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu, namun tidak sedikit pula jenis sayuran yang biasa dikonsumsi secara mentah (tanpa dimasak). Untuk sayur yang biasa dimasak sebelum dikonsumsi, umumnya diolah dengan beberapa cara atau metode, seperti: direbus, ditumis, disangrai, dikukus, dan digoreng. Aneka jenis sayur biasa disebut dengan istilah sayur mayur atau sayur sayuran.

Gambar Kebun Sayur

Terkait tomat, terdapat sejumlah perselisihan dikalangan para ahli mengenai penggolongan tomat. Apakah tergolong ke dalam klasifikasi sayur, ataukah buah? Bila kita kembalikan pada definisi buah yang telah kita jelaskan diatas, besar kemungkinan tomat tergolong kedalam kategori buah buahan, sebab memiliki biji didalamnya. Namun bagi mereka yang menganggap tomat merupakan pangan yang tergolong dalam kategori sayuran juga tidak sepenuhnya salah. Sebab dalam dunia kuliner, tomat selalu dikategorikan sebagai jenis sayuran, bukan buah.

Mungkin sekian penjelasan singkat kami mengenai kebun, buah, dan sayuran. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus informasi bermanfaat lainnya dari kami yang tentunya akan semakin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Sampai jumpa!




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.