Home Pengetahuan Alam Contoh Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

Contoh Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

Contoh Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

Faktor pendukung kehidupan setiap makhluk hidup di bumi ini adalah lingkungan, karena lingkunganlah yang sudah menyediakan beragam sumber makanan dan juga minuman bagi kita semua. Sumber-sumber makanan dan minuman yang berasal dari lingkungan inilah yang disebut dengan sumber daya alam. Dan Indonesia memiliki sumber daya alam yang banyak dan bermanfaat.

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang memiliki fungsi dari lingkungan hidup yang letaknya berada di lingkungan alam yang isinya dapat digunakan oleh semua manusia untuk melengkapi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam biotik maupun abiotik yang kegunaannya dapat digunakan oleh setiap manusia untuk kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia.

Baca Juga :Β Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Semua jenis sumber daya alam yang ada di bumi tersebar merata di semua daerah, sehingga setiap negara tentunya memiliki jenis sumber daya alam yang berbeda-beda. Contohnya saja negara kita Indonesia, memiliki kekayaan sumber daya alam baik sumber daya alam hayati maupun non hayati yang tersebar juga dari lautan hingga daratan.

Contoh-Contoh Sumber Daya Alam :

I. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 macam diantaranya yaitu :

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang tidak akan habis walaupun dipakai dan digunakan secara terus menerus, karena kemampuan alam yang mampu memperbaharui jenis sumber daya alam dalam waktu yang cepat sehingga bisa digunakan kembali. Pembaharuan yang dilakukan oleh alam ini terjadi melalui 2 cara, yaitu :

– Lewat jalan reproduksi

Contohnya hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat berkembang biak sehingga jumlahnya menjadi banyak dan tidak akan punah.

– Lewat jalan sirkulasi

Contohnya yaitu air dan udara yang keduanya terkait dengan sistem siklus.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya alam yang memiliki jumlah terbatas sehingga tidak dapat diperbaharui. Karena proses pembentukannya jauh lebih lama dibanding proses pemanfaatannya, jangka waktu proses pembentukannya tersebut bisa mencapai puluhan sampai jutaan tahun lamanya sehingga jika terus menerus dipakai jumlahnya pun akan menipis bahkan bisa habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini adalah bahan galian dan bahan tambang.

II. Berdasarkan jenisnya sumber daya alam juga dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Sumber daya alam hayati (biotik)

Yaitu sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan, contoh sumber daya alam dari hewan ini adalah telur, daging, dan sebagainya. Sedangkan contoh sumber daya alam dari tumbuh-tumbuhan adalah pemanfaatan tumbuh-tumbuhan yang sudah diolah misalnya dalam bidang pangan ada padi, jagung, buah-buahan, tebu, dan semacamnya. Sedangkan dalam bidang bangunan ada mahoni, kayu jati, dan sebagainya.

2. Sumber daya alam non hayati (abiotik)

Yaitu sumber daya alam yang asalnya dari benda mati, contohnya adalah tanah, air, udara, hasil tambang dan sinar matahari.

Baca Juga :Β Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan

1. Sebagai sumber kebutuhan pangan

Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan merupakan sumber daya utama dalam bidang pangan yang digunakan oleh manusia. Sumber daya tersebut diolah kembali sehingga bisa dikonsumsi oleh manusia misalnya jenis hewan yang bisa dimakan dagingnya seperti daging ayam, ikan, sapi.

2. Sebagai bahan bakar dan energi

Manfaat sumber daya alam yang juga penting bagi kebutuhan setiap manusia adalah sebagai sumber bahan bakar dan energi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kebutuhan industri. Misalnya sumber daya alam yang berupa minyak serta gas menjadi sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik, kompor, dan untuk kendaraan bermotor.

3. Sumber energi pembangkit tenaga listrik

Untuk menjadi sumber energi listrik, sumber daya alam ini berasal dari bahan bakar minyak bumi. Β Selain itu, pembangkit listrik tenaga air juga sudah banyak dimanfaatkan di Indonesia karena Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi sumber daya air yang melimpah.

4. Untuk mengembangkan teknologi

Dalam mengolah dan mengembangkan teknologi agar terus berinovasi dari waktu ke waktu tentu membutuhkan sumber daya alam, karena hal itu menjadi unsur yang paling penting dalam pengembangan teknologi. Segala macam wujud dari pengembangan teknologi yang sudah kita rasakan dari dulu hingga kini, tentu dibuat dengan bantuan sumber daya alam yang ada.

5. Untuk menjaga keseimbangan alam

Fungsi sumber daya alam ini adalah menunjang kehidupan manusia, namun selain itu fungsi lain dari sumber daya alam adalah untuk menjaga dan melestarikan keseimbangan alam. Karena sumber daya alam yang tidak dijaga dengan baik dan dieksploitasi secara terus menerus maka akan rusak dan lama-lama akan habis juga.

5/5 (2)

Please rate this