Fungsi Vitamin A B C D E K Bagi Tubuh
4.5/5 (2)

Manfaat Vitamin A B C D E K Untuk Tubuh – Tubuh Anda tentu membutuhkan berbagai macam nutrisi agar kinerjanya organ-organnya tetap optimal. Salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda adalah vitamin. Ya, terdapat bermacam-macam vitamin mulai dari A, B, C, D, E, dan K. Anda juga dapat menemukan dan mengkonsumsi berbagai vitamin tersebut dengan mudah karena terdapat pada makanan dan minuman sehari-hari. Luar biasanya lagi, setiap vitamin tersebut juga mengandung manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh Anda.

Ketahui Manfaat dan Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, dan K

1. Vitamin A

Vitamin yang juga dikenal dengan nama retinol ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Diantaranya yaitu menjaga kesehatan mata, sebagai sumber antioksidan, berperan dalam kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun dan membuat kulit lebih kencang sehingga mencegah penuaan dini. Anda dapat memperoleh vitamin A dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang berwarna merah, orange, hijau seperti wortel dan bayam. Selain itu, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin A dengan mengkonsumsi susu dan hati.

Namun, konsumsi retinol yang Anda lakukan sebaiknya secukupnya saja dalam artian tidak kelebihan maupun kekurangan. Apabila Anda kekurangan vitamin A, maka potensi timbulnya penyakit katarak, mata minus, menurunnya sistem imunitas dan penuaan dini semakin besar. Sementara itu, kelebihan konsumsi vitamin A juga tidak baik bagi kesehatan karena menyebabkan gangguan kulit dan menstruasi menjadi tidak lancar.

Baca Juga :Β Manfaat Sayur Bayam Bagi Untuk Kesehatan Manusia

2. Vitamin B

Vitamin B memiliki kandungan yang kompleks, dimana di dalamnya masih dapat dibagi menjadi beberapa vitamin lagi. Diantaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Kedelapan jenis vitamin B tersebut dapat Anda temukan pada sayuran, buah, kacang-kacangan, gandum dan daging. Setiap jenis vitamin B di atas memang memiliki manfaat serta fungsinya masing-masing bagi tubuh Anda.

Namun, secara umum apabila Anda rutin mengkonsumsi makanan berkandungan vitamin B, maka dapat menimbulkan banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut yaitu membantu mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf, meningkatkan nafsu makan, menghasilkan senyawa asam, menjaga kesehatan kulit dan mencegah anemia.

Baca Juga :Β Manfaat Kentang Bagi KesehatanΒ dan Kecantikan

β€’ Vitamin B1

Vitamin B1 berfungsi untuk melindungi sistem syaraf serta menghindari resiko terkena penyakit beri-beri. Adapun sumber utama vitamin B1 berasal dari kacang hijau, nanas, daging, gandum, susu, roti dan ikan.

Baca Juga :Β Kandungan Kangkung Dan Manfaat Bagi Kesehatan

β€’ Vitamin B2

Vitamin B2 berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit Anda. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, mulut kering, kulit kering dan menurunnya daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi susu , kacang hijau, asparagus dan daging untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Baca Juga :Β Efek Samping Dan Manfaat Jamur Merang

β€’ Vitamin B3

Manfaat vitamin B3 bagi tubuh diantaranya adalah melancarkan sistem syaraf, mencegah turunnya nafsu makan, membantu mengolah makanan menjadi energi serta meminimalisir resiko terkena penyakit pellagra. Vitamin ini banyak terdapat pada telur, daging sapi, ikan, sayuran, susu, alpukat, dan brokoli.

β€’ Vitamin B5

Jenis vitamin yang satu ini bermanfaat membantu memenuhi nutrisi, memproduksi senyawa asam lemak dan menjaga komunikasi otak serta sistem syaraf. Banyak makanan yang mengandung vitamin B seperti daging, alpukat hingga sayuran khususnya brokoli.

β€’ Vitamin B6

Vitamin B6 penting untuk kesehatan gigi dan gusi serta mampu memproduksi sel darah merah dan antibodi bagi tubuh. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi pisang, sayuran dan kacang-kacangan.

β€’ Vitamin B7

Jika Anda kekurangan vitamin B7 maka dapat berisiko menderita kerontokan rambut, depresi hingga anemia. Oleh karena itu, konsumsi pisang, gandum, daging, kuning telur serta kacang-kacangan sangat disarankan.

β€’ Vitamin B9

Jenis vitamin sehat ini mengandung manfaat untuk mencegah kecacatan pada janin, memproduksi sel darah merah, dan menurunkan resiko serangan jantung. Sumber utama vitamin B9 adalah kentang, telur, tomat, bayam dan kacang polong.

β€’ Vitamin B12

Vitamin B12 bermanfaat untuk mencegah anemia, menjaga sistem syaraf dan membantu tumbuh kembang anak. Beberapa makanan sumber vitamin B12 yaitu daging, telur, susu, hati dan ikan.

3. Vitamin C

Anda dapat menemukan kandungan vitamin C pada buah-buahan yang berasa asam seperti arbei, jeruk, stroberi. Kemudian, Anda juga dapat merasakan manfaat vitamin ini melalui konsumsi ikan, mentega dan susu. Vitamin yang juga populer dengan nama ilmiah asam askorbat ini memiliki kaya manfaat bagi tubuh Anda. Beberapa manfaat yang dihasilkan vitamin C adalah dapat menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan sistem imunitas, berperan sebagai antioksidan, menjaga kesehatan gusi dan gigi, serta memproduksi sel darah merah. Apabila tubuh Anda kekurangan konsumsi vitamin C, maka dapat menyebabkan sariawan, anemia dan mudah lelah.

Baca Juga :Β Manfaat Green Tea dan Efek Sampingnya

4. Vitamin D

Vitamin yang bernama lain kalsiferol ini adalah jenis yang paling mudah dan murah untuk Anda dapatkan. Mengapa demikian? Ya, Anda hanya perlu keluar rumah pada pagi hari sekitar jam 9.00 untuk menikmati manfaat vitamin D. Disamping cara ini, Anda juga dapat rutin mengkonsumsi susu pada pagi maupun malam hari sebelum tidur. Selain susu, bahan makanan lain yang mengandung vitamin D adalah ikan, hati, kedelai dan udang. Konsumsi vitamin D akan sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang Anda.

Baca Juga :Β Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

5. Vitamin E

Vitamin E atau Tecopherols memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan kulit serta mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh. Anda dapat mendapatkan vitamin E melalui konsumsi gandum, minyak ikan, minyak sayur, padi-padian, ragi, lettuce dan kuning telur. Apabila Anda kekurangan konsumsi vitamin jenis ini maka dapat menyebabkan sulit mendapatkan keturunan alias kemandulan. Jadi, bagi Anda pasangan suami istri yang ingin segera dikaruniai momongan mungkin dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E tinggi.

Baca Juga :Β Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

6. Vitamin K

Manfaat luar biasa dari vitamin yang dikenal dengan nama Menaquinones adalah mencegah osteoporosis, membantu metabolisme tubuh dan diabetes. Vitamin K dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah alpukat, kiwi dan aneka macam sayuran. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan potensi keroposnya tulang Anda atau osteoporosis.

Baca Juga :Β Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah dan Kesehatan

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.