Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan
No ratings yet.

Khasiat Kentang Untuk Kentang Kesehatan Tubuh dan Kecantikan – Eropa dan Amerika merupakan jejeran negara-negara yang menjadikan kentang sebagai salah satu makanan pokok sehari-hari. Tumbuhan berjenis umbi-umbian ini berasal dari daerah Amerika selatan dan menyebar ke semenanjung Eropa selatan bagian barat tepatnya yaitu daerah portugis dan spanyol. Kentang berkembang pada dataran tinggi atau daerah yang dengan suhu yang relatif sejuk dan dingin.

Karakteristik Kentang

Kentang memiliki ciri warna kulit cokelat tipis, tekstur bulat, permukaan halus, dan dagingnya yang berwarna putih kekuningan. Daging kentang yang tebal, legit dengan rasa yang khas menjadikan kentang selalu dinikmati oleh setiap kalangan masyarakat. Hampir semua orang gemar mengkonsumsi kentang entah sebagai makanan pokok pemenuh karbohodrat atau sebagai cemilan saja.

Kentang menjadi komoditi sayuran sekaligus pengganti karbohidrat yang dengan mudah dijumpai dan didapatkan dipasar. Pada beberapa negara Asia seperti Indonesia, kentang merupakan sayuran mewah karena harganya yang lebih tinggi daripada umbi-umbian lainnya seperti singkong, ubi jalar dan talas. Rasanya yang lezat menjadikan kentang makanan yang teramat dinikmati di negara manapun.

Macam Jenis Olahan Kentang

Berbagai olahan kentang yang sering kita temukan adalah keripik kentang, kentang goreng, stick kentang, kentang bakar, kentang rebus, atau di oven. Restoran cepat saji hampir semuanya menjadikan kentang sebagai salah satu menu utama. Kentang sudah menjadi komoditas pokok dunia dengan tingkat ketergantungan yang tinggi serupa dengan beras, gandum, dan jagung.

Kandungan Kentang Yang Baik Untuk Manusia

Kandungan vitamin pada kentang terdiri dari vitamin A, K, D, E, B kompleks, dan vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya seperti kalsium, kalium, Magnesium, dan sodium dengan zat lain seperti zat besi, mangan, dan fosfor juga melengkapi serat kentang. Tidak luput pula, kentang juga mengandung kalori dan karbohidrat tinggi yang menghasilkan energi pemenuh kebutuhan sehari-hari. Karbohidrat dan kalori inilah yang menyebabkan perut terasa kenyang dan menjadi pemasok tenaga.

Manfaat mengkonsumsi kentang secara umum selain mengenyangkan dan memasok tenaga adalah menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, merawat kesehatan kulit dan kecantikan, mencegah sel kanker, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan sebagainya. Namun pengolahan kentang yang berbeda yakni direbus dan digoreng memiliki manfaat yang berbeda juga.

Fakta Kentang Rebus Dan Goreng Bagi Kesehatan, Dan Kecantikan :

1. Kentang rebus bagi kesehatan

Mengkonsumsi kentang dengan cara mengolah menjadi beberapa makanan yang lezat dapat meingkatkan nafsu makan. Namun, kentang yang diolah dengan cara direbus memiliki keunggulan yakni lebih rendah lemak dan kalori. Kentang rebus bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan dan menu dalam program diet.

2. Kentang rebus untuk kecantikan

Kandungan mangan ketika mengkonsumsi kentang yang direbus berperan dalam proses metabolisme tubuh serta dalam proses pembentukan dan produksi kolagen. Kolagen ini dibutuhkan oleh tubuh untuk proses alami penyembuhan luka. Tidak hanya dikonsumsi, kentang rebus juga baik untuk menghilangkan kantong mata dengan cara menempelkan rebusan kentang pada area sekitar mata.

Masker kentang rebus juga dapat mengobati jerawat, mencerahkan, mencegah penuaan, serta memutihkan permukaan kulit. Untuk hasil maksimal campurkan masker kentang yang sudah direbus dengan madu alami. Tentunya hasil akan tercapai apabila melakukan perawatan rutin dan teratur. Gunakan pada malam hari sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kentang goreng untuk kesehatan tubuh dan kecantikan

Kentang goreng memiliki rasa yang lebih gurih dari kentang yang direbus serta terkstur yang garing. Mengkonsumsi kentang yang digoreng akan mengontrol nafsu makan serta menambah selera makan. karena kentang yang digoreng juga memiliki kandungan vitamin C alami, maka cemilan kentang goreng dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin minyak yang digunakan ketika menggorengpun memberikan manfaat pada kesehatan tubuh.

Vitamin B komples pada kentang goreng dapat mengurangi tingkat stress dan serta mengurangi kerontokan rambut. Kentang goreng yang dikonsumsi dengan benar dan tepat juga bisa dijadikan cemilan diet sehat yang akan mengontrol berat badan dan manfaat bagi kesehatan kulit sehingga akan berimplikasi pula pada kecantikan wajah dan tubuh. Tapi, harus selalu diingat bahwa pengkonsumsian kentang secara berlebihan itu tetap tidak baik.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.