Gambar Belalang Sembah
Belalang Sembah

Serangga atau dalam bahasa latinnya adalah Hexapoda yang artinya memiliki 6 kaki. Serangga merupakan kelompok hewan yang paling banyak spesies atau jenisnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa jenis serangga adalah jenis yang paling banyak dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Ada penelitian yang mengatakan bahwa sudah ditemukan 30 juta lebih jenis serangga di dunia ini.

Populasi serangga pun sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan bahwa serngga adalah salah satu hewan yang mampu bertahan hidup di habitat yang beragam, sekalipun itu adalah tempat yang ekstrim. Selain itu, serangga adalah kelompok hewan yang memiliki kapasitas reproduksi tinggi dan mampu menyelamatkan diri dari musuhnya.

Fakta Umum Serangga

  1. Serangga adalah binatang yang sangat kecil yang masing masing memiliki karakteristik khusus.
  2. Serangga adalah invertebrata yang berarti tidak memiliki tulang punggung.
  3. Sebagian besar serangga berjalan, tetapi beberapa bisa terbang dan melompat.
  4. Serangga membutuhkan air, udara, dan makanan untuk hidup.
  5. Beberapa serangga bermanfaat bagi manusia. Contohnya yaitu lebah yang membantu proses penyerbukan bunga, madu yang dihasilkan lebah juga sangat bermanfaat bagi manusia.
  6. Beberapa serangga berbahaya bagi manusia. Contohnya yaitu nyamuk yang mampu menjadi perantara tersebarnya penyakit menular.

Habitat Serangga

Bapak Pucung
Bapak Pucung

Jadi, tak heran jika serangga hampir ada di seluruh bagian bumi. Serangga bisa hidup di tanah, darat, udara, air tawar, bahkan juga ada yang sebagai parasit makhluk hidup. Kita pun juga akan sering menjumpai populasi serangga yang ada di padang pasir, hutan, dan lain sebagainya. Habitatnya berada di kolam, sungai, lahan basah, danau, dan sebagainya. Manfaat serangga bagi manusia adalah mampu membantu penyerbukan tanaman, mengurai bahan lapuk, dan sebagainya. Namun serangga pun juga mampu menjadi bahaya bagi manusia. Contohnya adalah hama bagi tanaman dan juga hewan yang sangat menganggu seperti nyamuk yang terkadang menjadi perantara penyakit menular.

Ciri-Ciri Serangga

Kepik Merah
Kepik Merah

Ciri-ciri utama serangga adalah memiliki tiga pasang kaki yang berada di bagian dada, tubuh, dan kepala. Bagian kepalanya biasanya berbentuk persegi yang terdapat mulut, antena, dan mata. Kepala serangga ini fungsinya sebagai pengumpul makanan, menerima informasi, dan rangsang. Sedangkan bagian mulut serangga telah terbentuk sesuai dengan jenis makanannya. Karena jenis-jenis serangga biasanya berbeda-beda jenis makanannya. Contohnya seperti serangga penghisap madu, memiliki bentuk mulut seperti tabung agar dapat menghisap madu dari bunga.

Karakteristik Fisik Umum

Beberapa fakta mengenai ciri fisik yang umum ditemukan pada hampir semua jenis serangga antara lain yaitu sebagai berikut ini :

  • Serangga memiliki apa yang kita sebut exoskeleton atau penutup yang keras seperti cangkang di bagian luar tubuhnya.
  • Serangga memiliki tiga bagian tubuh utama: kepala, dada, dan perut.
  • Serangga memiliki sepasang antena di atas kepalanya.
  • Serangga memiliki tiga pasang kaki. Mereka menggunakan kaki untuk berjalan, tetapi terkadang serangga mungkin memiliki
  • sepasang kaki yang dirancang khusus untuk melompat.
  • Serangga memiliki dua pasang sayap.

Klasifikasi Serangga

Serangga tegolong ke dalam filmu Anthropoda yang artinya sebagai hewan dengan kaki beruas-ruas. Sedangkan Arthropoda sendiri terbagi atas tiga subfilum yaitu Trilobata, Mandibulata, dan Chelicerata.

Nah, sub filmu Mandibulata sendiri tebagi atas 6 kelas, yang salah satunya adalah insecta alias serangga. Kelas insecta ini tebagi lagi menjadi dua sub kelas yaitu Apterygota dan Pterygota. Di mana Apterygota terbagi menjadi 4 ordo, dan Pterygota terbagi atas dua golongan yaitu Exopterygota dan Endopterygota.

Macam Jenis Serangga

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa populasi serangga sangatlah banyak. Jadi, tak heran jika kita sering kali menemukan berbagai jenis serangga di sekitar rumah kita. Berikut ini adalah beberapa jenis serangga yang sering kita jumpai.

Kumbang

Kumbang Kentang Colorado
Kumbang Kentang Colorado

Kumbang tergolong sebagai serangga dalam ordo Coleoprata. Di mana terdapat 300 ribu lebih jenis kumbang yang hidup hingga sekarang. Kelompok ini memiliki exoskeleton dan sepasang sayap yang kaku di mana sayapanya ini berfungsi sebagai pelindung tubuh mereka. Habitat kumbang biasanya di darat dan di wilayah sekitar perairan tawar. Dan kumbang ini adalah salah satu jenis serangga yang kelompoknya sangat beragam.

Belalang

Belalang Coklat
Belalang Coklat

Belalang tergolong ke dalam ordo Orthoptera dengan ciri khusus kaki belakang yang berfungsi sebagai pegasan tubuh alias ketika mereka sedang melompat. Belalang biasanya berwarna cokelat, hijau ataupun hitam. Belalang dewasa memiliki dua pasang sayap, dengan sayap depan yang ramping dan sayap belakang yang besar. Seekor belalang betina meletakkan telur di tanah setelah menggali lubang kecil dengan perutnya. Ukuran, bentuk, dan jumlah telur berbeda tergantung pada spesiesnya. Belalang betina bertelur rata-rata 200 butir selama masa hidupnya.

Kutu

Kutu
Kutu

Kutu termasuk kutu rambut tergolong ke dalam ordo Siphonaptera yang memiliki 2400 jenis kutu. Termasuk kutu bulu hewan. Kutu adalah jenis serangga yang sangat berbahay dan merugikan. Di mana ia suka menghisap darah baik manusia maupun hewan.

Capung

Capung hijau
Capung hijau

Capung adalah serangga dan memiliki tiga bagian tubuh utama dan enam kaki. Berbeda dari serangga lain, capung sangat bergantung pada pelarian untuk pergerakannya; diketahui bahwa capung tidak menggunakan kaki untuk berjalan tetapi hanya untuk memegang dedaunan selama istirahat, menggenggam pasangan saat kawin dan untuk menggenggam mangsa. Karakteristik lain yang membedakan capung dari serangga lain adalah mata, sayap, kecepatan terbang dan kemampuan manuver selama penerbangan.

Kupu Kupu

Kupu Kupu Cantik
Kupu Kupu Cantik

Dari telur hingga dewasa, kupu-kupu menjalani serangkaian transformasi fisik yang dikenal sebagai metamorfosis. Setelah kawin, kupu-kupu betina bertelur pada dedaunan yang merupakan makanan ulat. Sehingga saat telur menetas maka ulat akan bisa dengan cepat mendapatkan makannya kemudian saat sudah siap memasuki tahap selanjutnya ulat akan mencari tempat aman saat tahap menjadi kepongpong dan kemudian bertumbuh kembang menjadi kupu kupu.

Lalat

Lalat Rumah
Lalat Rumah

Lalat rumah dikenal sebagai hama yang pada pertanian maupun di rumah. Spesies ini selalu ditemukan dalam hubungan dengan manusia atau aktivitas manusia. Lalat rumah merupakan spesies yang paling umum ditemukan di peternakan unggas, kandang kuda, dan perkebunan. Tidak hanya lalat rumah yang mengganggu, tetapi mereka juga dapat mengangkut organisme penyebab penyakit. Populasi lalat yang berlebihan tidak hanya mengganggu pekerja pertanian tetapi, ketika ada tempat tinggal manusia di sekitarnya, masalah kesehatan masyarakat dapat terjadi.

Semut Merah

Semut Merah
Semut Merah

Semut merah dikatahui lebih agresif daripada spesies semut lainnya yang memiliki gigitan yang menyakitkan. Semut merah membuat sarang di dedaunan pada pepohonan. Biasanya telur semut merah dimanfaatkan oleh manusia sebagai pakan burung kicau ataupun umpan mancing ikan.

Nah, itulah beberapa jenis serangga dan ciri-ciri serangga. Masih banyak sekali jenis serangga yang perlu kita ketahui sebagai ilmu pengetahuan Alam. Jadi, jangan pernah berhenti untuk belajar.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.