Pengertian Hibernasi Adalah, Tujuan Fungsi, Contoh Hewan
5/5 (1)

Apa itu Hibernasi ? Yuk kita bahas pengertian hibernasi dan contoh hewan yang berhibernasi apa saja.

Pengertian Hibernasi

hibernasi adalah kondisi tak aktif yang mana menurunkan metabolisme pada hewan dan suhu tubuh akan menurun lebih rendah, pernapasan akan menurun lebih pelan, dan kecepatan metabolisme akan menurun. Hewan yang melakukan hibernasi ini memiliki tujuan sebagai penghemat energi, khususnya di musim dingin ketika makanan mereka semakin langkah. Dengan melakukan hibernasi, maka hewan tersebut dapat membakar cadangan energi dan lemak tubuh secara perlahan.

Sama halnya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menjelaskan bahwa hibernasi adalah keadaan istirahat atau tidur pada hewan selama musim dingin.

Fungsi dan Tujuan Hewan Hibernasi

Hewan yang berhibernasi memiliki tujuan untuk menghemat energi mereka selama waktu makanan yang terbatas. Agar dapat menghemat energi yang optimal, maka proses endoterma akan bereaksi lebih cepat dari biasanya sehingga dapat menurunkan metabolisme di dalam tubuh hewan. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan adanya penurunan suhu tubuh di dalam hewan. Hibernasi bisa berlangsung beberapa waktu tergantung dari musim dan ketersediaan makanan. Bisa beberapa hari, minggu, hingga berbulan-bulan. Hal ini tergantung dari suhu lingkungan, spesies hewan, waktu musim, dan kondisi tubuh hewan tersebut.

Proses Hibernasi

Ketika hewan akan menghadapi masa hibernasi, maka hewan-hewan tersebut akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. Contohnya adalah beruang yang melakukan hal ini. Hewan-hewan tersebut akan melakukan tahap hibernasi agar dapat menyimpan cadangan lemak di dalam tubuh mereka dalam menghadapi musim dingin nanti.

Setelah bangun dari hibernasi, mereka akan membutuhkan beberapa aktivitas normal, bahkan ada yang sebagian dari mereka masih tetap tidur seperti mati. Dalam masa hibernasi, detak jantung akan melambat dan organ non vital lainnya akan dinonaktifkan sepenuhnya. Itu sebabnya, hibernasi, bisa dilihat secara kasat mata seperti hewan mati. Karena kondisi ini disebut juga sebagai kondisi minim energi.

Contoh Hewan yang Berhibernasi

Ada beberapa contoh hewan yang tidak melakukan hibernasi, ada pula beberapa contoh hewan yang berhibernasi di musim dingin. Tentunya, masing-masing hewan memiliki mekanisme hibernasi yang berbeda-beda.

Umumnya, hewan yang berdarah dingin akan tidur di musim panas atau kering yang disebut sebagai estivation, sedangkan hewan-hewan yang tidur di musim dingin alias berhibernasi di antaranya adalah beruang, landak, badger, hamster, tikus jenis tertentu, tupai, lemur, groundhog, kumbang, kecil, dan lain sebagainya.

Jika dilihat, maka dapat disimpulkan bahwa hewan yang berhibernasi adalah kebanyakan hewan yang memiliki bulu tebal

Tikus Dormice

Tikus jenis ini adalah salah satu jenis tikus yang juga mengalami hibernasi. Di mana jenis tikus ini bisa ditemukan di daerah Eropa. Ketika ia berhibernasi, dia akan mencari tempat persembunyian yang aman dari serangan musuhnya. Contohnya adalah bawah tanah.

Kelelawar

Seperti halnya tikus dormice, bahwa kelelawar pun juga mengalami proses hibernasi. Sehingga bisa dikatakan bahwa bukan hanya hewan berbulu tebal saja yang mengalami hibernasi. Kelelawar pun juga mengalami hal tersebut. Umumnya, hewan ini akan berkoloni mencari tempat tidur yaitu di dalam gua. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan tidur di dalam rumah penduduk. Khususnya rumah yang tidak berpenghuni.

Beruang

Beruang dari berbagai jenis apapun, akan berhibernasi. Kecuali beruang kutub yang memang tinggal di area dingin.

Nah, itulah pengertian hibernasi beserta contoh hewan yang berhibernasi. Kesimpulannya, mereka tidur, bukan berarti malas, melainkan mereka sedang menghemat energi mereka karena keterbatasan makanan yang ada di musim dingin.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.