4 Musim Di Dunia Dan 2 Musim Di Indonesia
5/5 (2)

Musim adalah cuaca pada garis setiap waktu di dalam tahun,yang berdasarkan bentuk iklim yang luas atau salah satu pembagian utama tahun . Jika anak fisika menyebutnya musim adalah periode ( waktu ) dalam 1 tahun berdasarkan iklim dan cuaca.

Kesimpulanya, pengertian di atas sama-sama benar.

Dalam setiap tahun terbagi menjadi empat(4) musim di belahan dunia, antara lain :

  1. musim dingin ( 21 desember – 21 maret ) bagian selatan ( 21 juni – 21 september )
  2. musim gugur, terjadi pada ( 23 september hingga 21 desember )sedangkan Kawasan Selatanya ( 21 maret hingga 21 juni )
  3. musim panas ( 21 juni – 23 desember ) Untuk daerah selatan terjadinya tanggal ( 21 desember – 21 maret )
  4. musim semi ( 21 maret sampai 21 juni Pada Belahan Utara ) Jika daerah selatan terjadi pada ( 23 september sampai 21 desember )

Di INDONESIA karena terletak di daerah tropis, maka hanya dibagi menjadi dua(2) musim saja, yaitu:  hujan dan kemarau

menurut pakar ilmiah dan sumber yang ada : Pada Bulan April hingga September terjadi musim kemarau.Pada Bulan Oktober hingga Maret terjadi musim hujan.

Ada apa dan bagaimana jika terjadi ?

Dingin atau Salju

Musim dingin setiap saat menghembuskan angin yang dingin dan ada yang mengalami hujan salju, hingga hujan deras. padatnya salju di daerah yang naik turun ( pegunungan ) sering digunakan sebagai olahraga jet ski. saran : pakailah pakaian yang menutupi, jika terus berlebihan kedinginan itu bisa berdampak kepada kesehatan , terutama pada daerah sekitar utara.

Gugur ( Proses Perubahan Panas ke Dingin )

Suhu mendingin yang hanya terjadi pada belahan subtropis yang mengakibatkan tumbuhan mengugurkan daunnya. sering digunakan untuk background foto yang indah, sebagian kalangan ( mungkin di daerah jepang ini sobat, yang paling menarik karena tumbuhanya yaitu bunga sakura )

Semi ( Proses Perubahan Dingin ke Panas )

manfaatnya : pertumbuhan atau evolusi atau vegetasi terhadap makhluk hidup ( tumbuhan ) , ( cuaca sangat menyamankan bahasa banjarnya yaitu : hangat , sering hujan ) .

Tetapi , di musim ini juga mengalami proses pergantian cuaca mengakibatkan cairnya es atau salju meleleh membanjiri kawasan sekitarnya .

Panas

Pada suhu panas merupakan suhu yang sedikit meresahkan menurut saya ( karena tinggal di Indonesia dan di tambah berdekatan jalur pengangkut batu bara ), tetapi jika semua terjadi itu merupakan penyeimbang iklim dan cuaca misalkan jika iklim hanya ada dingin saja maka bagaimana tumbuhan bisa berkembang ? semua ada positif dan negatifnya , tinggal bagaimana kita menjaga dan mengkondisikanya.


Kemarau

Iklim tropis dipengaruhi oleh system muson .

menghndari kekeringan dalam kebun ( padi ) haruslah dengan bendungan yang cukup , jika tidak bisa berdampak kepada hasilnya . dimana tanah retak tidak mengalir air, cadangan air dalam hal ini dibutuhkan.

Hujan

Bahasa inggrisnya rain , disamping kebermanfaatnya ( karena hujan adalah nik’mat allah ) kita bersyukur .

Jika terjadi hujan terus menerus dan bisa di manfaatkan adalah hal yang selalu di pikirkan oleh pemimpin daerah jakarta ( mungkin )

Solusinya : Stop ( tidak mengurangi ) tetapi berhenti selama cukup 1 tahun untuk tidak menebang pohon,


INDONESIA,

mengenai 2 musim tadi itu, merupakan sumber dari BMKG ( Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ) yang menangani berbagai info ( perkiraan ) terhadap MKG. apa itu ? singkatan dari BMKG .

Kesimpulan ,

Dimanapun kalian berada , jika berpindah ke lokasi yang baru dan menemui iklim suasana yang berbeda, usahkan waspada. tubuh kita ( manusia ) jika belum terbiasa sangat rentan mengalami hal yang tidak di inginkan , menggangu hari liburan misalkan jalan-jalan ke luar negeri membuat semua jadi kacau .

Solusinya,

Pakailah pakaian yang menghangatkan atau menyejukan dari pada dingin atau panas dan membawa obat.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.