Memanfaatkan Air Hujan
4.75/5 (4)

Di Indonesia, musim hujan biasanya akan mulai datang menjelang akhir tahun. Dimulai dari bulan September hingga bulan Maret atau April. Biasanya, Puncak musim hujan terjadi antara bulan Desember hingga Januari. Namun akhir-akhir ini, musim terasa lebih sulit untuk diprediksi karena beberapa sebab. Tapi di sini Kok malah kita tidak akan coba membicarakan soal musim melainkan, saya ingin membahas beberapa hal penting yang sebaiknya kita lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga selama berlangsungnya musim hujan.

Satu yang Pasti, Ketika memasuki musim hujan, air akan sangat melimpah. Jumlah air yang melimpah tersebut apabila bisa kita olah dengan baik tentu saja akan mendatangkan banyak keuntungan. Tapi sayangnya, air yang melimpah kadangkala justru mendatangkan musibah dan berbagai macam penyakit.

Karena air sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari maka tidak mengherankan apabila di musim hujan kondisi air seringkali berubah jadi keruh, kotor, dan rawan membawa penyakit. Untuk itu, kita membutuhkan sesuatu yang bisa memfilter berbagai kotoran tersebut. Salah satunya tentu saja adalah filter air. Di samping filter air, kita juga perlu membersihkan lingkungan dan melindungi diri dengan meningkatkan imun tubuh.

Agar lebih jelas, cobalah membaca beberapa tips menjaga agar keluarga tetap sehat Selama musim hujan berikut ini.

Gunakan filter air untuk menyaring kotoran dan berbagai penyakit

Bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah yang airnya kotor, tentu filter air bukanlah hal asing bagi mereka. Pasalnya, dengan filter air, air yang tadinya keruh dan kotor bisa dibersihkan. Air yang tadinya gatal dan menyebabkan berbagai macam penyakit juga bisa dikurangi bahayanya.

Begitu juga dengan penampungan air. Mengandalkan filter air bisa membantu kita mengurangi repotnya mengurus tandon atau penampungan air karena filter air bisa menyaring kotoran bahkan hingga debu-debu yang halus sekalipun agar tidak ikut masuk bersama air dan mengendap di tandon.

Siapkan pakaian hangat dan selimut

Di musim hujan, hujan yang mengguyur terus-menerus di pagi hari siang bahkan malam hari ini merupakan rutinitas yang mau tidak mau terpaksa harus kita hadapi. Matahari yang terhalang oleh awan akan membuat permukaan bumi menjadi lebih dingin dibandingkan dengan biasanya.

Kondisi ini bisa menyebabkan imun tubuh kita menurun karena, imun tubuh tersebut akan membantu tubuh mengurangi Hawa dingin dan memberikan kehangatan. Agar kerja imun tubuh tidak terlalu berat saat musim hujan, ada baiknya kamu membiasakan diri mengenakan pakaian hangat atau selimut ketika tidur dan juga saat keluar ruangan.

Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat yang kaya akan vitamin C maupun nutrisi lainnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Di antara beberapa buah-buahan serta sayuran yang sebaiknya rutin dikonsumsi Selama musim hujan agar tidak mudah sakit adalah: tomat, buah musiman seperti mangga, bayam, tomat, hingga wortel.

Sediakan payung atau jas hujan

Selain filter air benda kedua yang sangat penting dan harus kita miliki adalah payung serta jas hujan. Kedua benda tersebut harus kita sediakan di rumah maupun di kendaraan.

Bersihkan lingkungan dan buang benda-benda yang dapat menampung air sebelum musim hujan tiba. Bukan rahasia apabila berbagai penyakit terutama yang disebabkan oleh nyamuk aides aigepty maupun demam berdarah adalah yang paling berbahaya di musim hujan. Nyamuk bisa berkembang biak dengan cepat apabila di lingkungan kita terdapat banyak benda-benda yang dapat menampung air yang berpotensi jadi sarang jentik-jentik nyamuk.

Tempat beli filter air yang murah

Kalau kamu tertarik dengan Saran saya di atas, saya rekomendasikan kamu untuk berbelanja berbagai keperluan seperti payung, filter air, abate untuk melawan jentik-jentik nyamuk, dan lain sebagainya di toko online saja. Selain mudah, toko online merupakan tempat berbelanja murah yang menyenangkan.

Ngomong-ngomong soal toko online, saya pribadi sangat menyukai toko online Bukalapak yang terkenal lengkap dan tentu saja selalu menawarkan produk dengan harga bersahabat. Di Bukalapak com a tersedia filter air dalam

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.