sore

Perputaran bumi atau biasa kita sebut sebagai rotasi bumi adalah perputaran bumi terhadap matahari yang dapat mengakibatkan adanya perbedaan waktu, gerak semu matahari, pembelokan arah arus laut, dan masih banyak hal lain akibat yang ditimbulkan. Akan tetapi, kita akan lebih berfokus terhadap pembahasan perbedaan waktu yang ditimbulkan oleh perputaran bumi ini.

Perbedaan waktu dalam satu belahan dunia, tidak memiliki kesamaan diantara satu sama lain. Hal itu menjadikan waktu pagi, siang dan malam dalam rentang waktu yang berbeda – beda. Zona waktu yang ada di dunia ini pun dihitung berdasarkan letak geografis dari masing – masing wilayah tersebut. Acuan dari perbedaan zona waktu ini ditetapkan berdasarkan GMT (Greenwich Mean Time) dimana, titik nol dari dunia berpusat disana.

Hal itu pun yang menjadikan adanya perbedaan antara waktu fajar, pagi, siang, sore, senja, dan malam. Namun seringkali orang tidak mengetahui perbedaan waktu diantara masing – masing tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda ketahui dibawah ini:

Pengertian Sore

Sore atau petang merupakan suatu waktu dalam hari setelah berlangsungnya siang. Waktu sore menjadi penghubung antara siang dan malam, sehingga para pekerja, siswa, pegawai dan kebanyakan orang menyelesaikan aktivitasnya di waktu sore hari untuk menjemput malam yang digunakan untuk beristirahat. Karena waktu setelah bekerja merupakan waktu bersama keluarga.

Dalam wilayah geografis yang beriklim tropis, sore hari berada di antara pukul 15:00 sampai pukul 18:00, dikarenakan pada saat itu matahari mulai condong sinarnya. Adapun periode sore di wilayah yang mengalami empat musim dapat menjadi lebih lama atau lebih cepat bergantung pada keadaan di sekitar. Dikarenakan sore sendiri disamakan dengan waktu datangnya senja.

Baca Juga :  Manfaat Rebung : Khasiat, Kandungan Gizi, dan Saran Penyajian

Beberapa mengatakan sore sama dengan waktu ashar, yaitu dari selesainya waktu dzuhur (panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri) hingga waktu maghrib (diawali ketika terbenamnya matahari). Terbenam Matahari di sini bermaksud, seluruh piringan atau bayang – bayang matahari telah masuk ke bawah horizon (cakrawala).

Artikel Lengkap Pengertian Waktu Hari :
Previous articlePengertian Siang
Next articlePengertian Senja