Perbedaan Fakta dan Opini

Fakta dan Opini adalah dua hal yang saling berkaitan namun sangat berbeda. Perbedaan diantara keduanya sebenarnya sangatlah mencolok. Hanya saja, sebagian orang masih sering salah dalam membedakan mana sebuah fakta dan mana yang merupakan sebuah opini. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan fakta dan opini, yaitu:

Baca Juga : Contoh Kalimat Fakta dan Opini

1. Kebenaran Informasi

Perbedaan pertama yang menonjol antara fakta dan opini adalah kebenaran informasi yang terkandung diantara mereka. Fakta memiliki data dan informasi yang kebenarannya bisa di uji dengan akurat. Jadi, fakta merupakan sebuah informasi yang memang telah diketahui bagaimana kebenarannya.

Sedangkan, opini memiliki banyak kebenaran yang masih dipertanyakan keasliannya. Karena, opini bisa dibuat oleh setiap orang berdasarkan sudut pandang mereka sendiri. Jadi, setiap orang belum tentu memiliki opini yang sama terhadap sebuah kejadian.

Baca Juga : Pengertian Fakta Adalah – Ciri Ciri dan Contoh

2. Akurasi Data

Sama halnya dengan kebenaran sebuah informasi dalam fakta, data yang dimiliki oleh fakta juga sangat akurat. Dan boleh dikatakan, fakta adalah sumber data yang dibutuhkan oleh banyak orang. Berbeda dengan opini. Dimana data yang dimiliki oleh opini bersifat rancu dan masih belum bisa dinyatakan sebagai data yang akurat.

Baca Juga : Pengertian Opini Adalah – Arti, Ciri Ciri dan Contoh

3. Sifat

Perbedaan selanjutnya yang membedakan antara opini dan fakta adalah sifat antara keduanya. Fakta sendiri memiliki sifat objektif atau yang terjadi pada sebuah objek dan bersifat netral atau tidak memihak pihak tertentu. Sedangkan opini, memiliki sifat subjektif atau berdasarkan analisa seseorang dan ini pastinya akan berbeda-beda. Karena, setiap orang pastinya memiliki sudut pandang dan ide yang bervariasi.

Misalnya saja orang pertama yang melihat sebuah kecelakaan mungkin saja menyalahkan salah satu pihak. Padahal faktanya boleh jadi semua pihak yang terlibat dalam kecelakaan tersebut sama-sama salah. Perbedaan ini dikarenakan waktu analisa, kurangnya informasi dan tidak mencari tahu data yang benar.

4. Jenis Kejadian

Untuk membedakan mana fakta dan opini, kita juga bisa mengenali dari jenis kejadian tersebut. Dimana fakta akan menyatakan sebuah kejadian yang sudah atau pernah terjadi.

Sedangkan opini akan menyatakan kejadian yang mungkin atau sama sekali belum terjadi. Sehingga opini hanya bersifat dugaan yang kemungkinan tidak terjadi atau mungkin saja terjadi namun tidak sesuai dengan dugaan tersebut.

5. Tingkatan Pengakuan

Poin penting terakhir yang membedakan antara opini dan fakta adalah masalah pengakuan. Jika fakta merupakan hal yang sudah diakui oleh semua orang. Opini adalah hal yang tidak diakui oleh semua orang. Sebagaimana yang telah kita bahas di atas, bahwa opini akan memiliki banyak versi yang berbeda. Hal ini didasari oleh sebuah kemungkinan yang muncul dari sudut pandang setiap orang. Karena setiap orang pastinya memiliki naluri dan pemikirannya sendiri yang akan membedakan hasil dari opini tersebut nantinya.

Sedangkan fakta sendiri muncul dikarenakan sebuah kejadian memang sudah terjadi atau bahkan pernah terjadi sebelumnya (berulang). Sehingga kebenaran yang ada dalam sebuah fakta sudah pasti diakui oleh semua pihak. Karena memang ada bukti nyata yang bisa dicek serta diketahui oleh khalayak ramai. Sedangkan opini hanya berdasarkan dari sebuah kesimpulan yang bisa saja salah atau tidak terjadi sesuai dengan kemungkinan tersebut.

Pada dasarnya, fakta adalah sebuah kenyataan yang terjadi secara nyata dan opini hanyalah sebuah kemungkinan yang bisa diciptakan oleh setiap orang. Dengan adanya 5 perbedaan antara fakta dan opini di atas, apakah sudah menambah wawasan mengenai kedua hal tersebut? Jangan salah lagi dalam membedakan sebuah opini dan sebuah fakta, ya!





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.