Pengertian Simpati Adalah Arti, Perbedaan dan Contoh

Perasaan empati dan simpati adalah dua jenis perasaan yang hampir sama dan sering kali salah diartikan oleh banyak orang. Baik rasa simpati maupun empati bisa dirasakan oleh siapapun dan tentunya, kita memerlukan pengertian lebih dalam agar bisa membedakan keduanya.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai rasa simpati. Apa yang dimaksud dengan simpati dan apa saja yang membedakan rasa simpati dengan empati. Karena, simpati dan empati memiliki peranan dan pengertiannya masing-masing.

A. Pengertian Simpati

Secara umum definisi atau pengertian Simpati adalah suatu perasaan iba, kasihan atau sedih yang kita rasakan terhadap orang lain. Baik itu di lingkungan sekitar, maupun ketika kita mengetahui dan melihatnya secara tidak langsung. Tentu saja, semua orang bisa merasakan rasa simpati ini, namun tidak semuanya berubah menjadi rasa empati.

Dimana secara umum, simpati dan empati bisa dibedakan menjadi rasa kasihan dan rasa kasih sayang. Kita mungkin akan mudah merasa sedih, peduli dan kasihan terhadap sebuah masalah. Namun, dibutuhkan rasa empati yang besar agar kita bisa membangun rasa kasih sayang terhadap sesuatu.

B. Perbedaan Dasar Simpati dan Empati

Untuk lebih jelasnya, kita harus mengetahui bagaimana cara membedakan antara simpati dan empati. Hal ini nantinya akan memudahkan kita memilah rasa simpati dan rasa empati dan memperdalam pemahaman tersebut. Seperti contoh perbedaan rasa simpati dan empati berikut ini:

  • Rasa simpati bisa datang kapan saja apalagi ketika kita melihat dan bersama dengan pihak yang sedang mengalami kesulitan atau musibah. Dimana rasa simpati ini dinyatakan sebagai β€œfeeling with” jadi, atas dasar kebersamaan yang ada kita bisa merasakan perasaan mereka tersebut. Sedangkan untuk rasa empati sendiri lebih ke istilah β€œfeeling in” atau ketika kita bisa menempatkan posisi kita di posisi tersebut. Dimana kita bisa menerima, merasakan dan memaklumi bagaimana perasaan dan cara menunjukan rasa empati tersebut.Β  Secara tidak langsung empati merupakan tindak lanjut dari rasa simpati.
  • Simpati melahirkan rasa kasihan, iba dan peduli terhadap perasaan yang dirasakan oleh orang lain. Namun, perasaan ini tidak terlalu mendalam. Rasa simpati hanya akan menampakkan bagaimana reaksi kita terhadap sesuatu. Dimana kita tidak terlalu terlibat dalam masalah tersebut. Berbeda dengan perasaan empati, dimana kita akan merasakan perasaan yang dirasakan secara lebih mendalam. Bahkan, rasa empati ini juga akan berujung pada tindakan penyelesaian atau mewujudkan rasa simpati tersebut. Entah itu dengan memberikan support secara bantin maupun bantuan nyata.
  • Rasa simpati akan melahirkan sebuah dukungan untuk sebuah peristiwa atau kepada seseorang. Walaupun mungkin ini tidak menjurus kepada penyelesaian yang mendalam. Namun, dukungan juga kadang dibutuhkan oleh orang lain. Sedangkan sikap empati akan melahirkan rasa pengertian terhadap kondisi yang sedang terjadi. Sehingga orang-orang yang berempati akan selalu menjadi tumpuan dan bahkan bisa membantu dalam penyelesaian masalah.

Baca Juga : Pengertian Empati Adalah – Arti, Jenis, Manfaat dan Contoh

C. Comtoh Sikap Simpati

Setelah kita memahami bagaimana perbedaan antara simpati dan empati, kita juga harus mengetahui beragam contoh rasa simpati, seperti:

  • Dimana kita memberikan ucapan suka cita terhadap beragam peristiwa yang mengharukan. Seperti ketika teman sedang merayakan ualng tahun, kelulusan sekolah, mendapatkan pekerjaan baru maupun menempuh kehidupan baru yang lebih baik.
  • Seorang dikatakan memiliki simpati ketika kita turut mengucapkan ucapan bela sungkawa terhadap berita duka seperti kematian, musibah kecelakaan, bencana alam dan berita duka lainnya.
  • Simpati juga merupakan sifat saat kita menyukai pribadi seseorang karena mereka pintar, menyenangkan, baik maupun terlihat lebih bijaksana dalam bertindak.

Nah, demikianlah contoh rasa simpati yang biasa terjadi di kehidupan kita. Pastinya sekarang kita sudah memahami tentang apa itu rasa simpati, bukan?





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.