Pengertian Pegawai Arti, Tipe-Tipe, Jenis Keuntungan Dan Sanksi

Pegawai merupakan orang yang bekerja dengan perjajian dan kesepakatan kerja secara tertulis maupun tidak tertulis, dalam melaksanakan suatu pekerjaan dengan jabatan atau kegiatan tertentu dan memperoleh bayaran berdasarkan waktu tertentu atau ketentuan lain yang ditetapkan oleh si pemberi kerja dan bisa juga merupakan hasil kesepakatan oleh kedua belah pihak saat awal transaksi. Singkatnya definisi atau pengertian pegawai adalah seorang pekerja yang mendapatkan gaji atau kompensasi setiap bulannya dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya.

A. Pengertian Pegawai Menurut Para Ahli

1. Hasibuan

Pegawai adala orang bekerja dengan menjual jasa seperti tenaga dan pikiran yang berhak memperoleh gaji sesuai perjanjian.

2. A.W. Widjaja

Pegawai merupakan tenaga kerja manusia yang sehat secara jasmani dan rohani (mental dan pikiran) yang selalu dibutuhkan dan menjadi salah satu aset utama dalam urusan dunia pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Musanef

Pegawai adalah mereka yang melakukan pekerjaan dengan mendapat imbalan jasa berupa gaji dan tunjagan dari pemerintah atau pelaku usaha dibidang swasta.

4. Soedaryono

Pegawai adalah orang-rang yang dalam hidupnya melakukan pekerjaan dalam kesatuan organisasi baik itu dari kesatuan kerja pemerintah ataupun kesatuan kerja swasta.

B. Tipe Pegawai

1. Pemecah masalah (problem solver)

Tipe pekerja yang paling pupuler dan yang sangat dibutuhkan oleh setiap badan usaha yaitu tipe pekerja pemecah masalah. Tipe pekerja seperti ini cenderung selalu berfikiran positif dan menjadi penyemangat rekan kerjanya, bahwa seberapa sulitpun masalah yang ada selalu dan pasti ada pemecah atau solusinya. Tipe pekerja ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam pemecahan masalah yang dihadapi, ia selalu mempunyai ide-ide cemerlang dalam menghadapi suatu  masalah, jika memiliki pekerja dengan tipe ini merupakan suatu keberuntungan bagi tim kerjanya dan tempat dimana ia bekerja.

2. Pekerja yang visioner

Pekerja yang visioner adalah tipe pekerja yang memiliki visi yang jelas dalam bekerja. Para pekerja visioner mampu memikirkan dan membayangkan kesuksesan seperti apa yang akan diperoleh dalam waktu dekat dan jangka panjang. Orang-orang visioner adalah mereka yang biasanya termasuk yang populer di tempat kerjanya berkat ciri khasnya dalam bekerja, tipe ini mampu membangun tim kerja yang solid untuk bekerja menuju visinya. Banyak perusahaan yang sangat menghargai kinerja dari pegawai tipe ini dan tidak sedikit perusahaan yang mengantungkan hidup dan matinya bergantung pada ketepatan visi dari pekerja yang vioner ini.

3. Pekerja yang ceria

Para pekerja jenis ini dikenal humoris dalam kesehariannya, tipe ini selalu memiliki bahan candaan yang membuat orang senang bila di sekitarnya. Walau pekerja yang ceria biasanya tampak kurang bisa bersikap fokus terhadap pekerjaan, tapi sebenarnya tidak demikian. Orang-orang ini hanya tidak tahan bekerja dalam waktu yang lama sehingga dengan membuat candaan disekitarnya itulah cara mereka bertahan terhadap tekanan kerja. Pekerja tipe ini sangat penting dimiliki oleh setiap perusahaan karena dapat menciptakan energi positif yang tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga rekan kerja dan lingkungan disekitarnya.

4. Rajin berkeja

Pekerja yang raji memiliki produktivitas yang tinggi, orang yang rajin akan selalu mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya secara tepat waktu. Tipe ini adalah tipe yang paling mudah dibedakan dengan tipe lainnya. Biasanya pekerja seperti ini adalah orang yang sedikit bicara dan sering terlihat cuek serta tidak perduli pada orang yang berada disekitarnya saat bekerja, ia juga nampak sangat menikmati pekerjaannya walau seberapa sulit dan banyaknya pekerjaan itu. Bagi mereka pekerjaan yang diselaikan secara maksimal dan tempat waktu merupakan kebahagiaan atau kepuasan tersendiri baginya.

5. Penuh simpati

Pegawai yang penuh simpati merupakan tipe pekerja yang disukai banyak orang dan selalu disenangi di lingkungan dimanapun ia berada atau bekerja. Tipe senang membantu rekannya dan merupakan nilai lebih bagi pegawai yang bersifat seperti ini. Tipe ini akan membuat pekerjaan rekannya terasa lebih ringan karena dia sangat senang membantu bahkan tanpa dimintapun, tanpa ragu ia menawarkan bantuan ada rekan-rekan kerja satu timnya.

C. Macam Jenis Keuntungan yang Diperoleh

1. Keuntungan langsung

a). Gaji

Pembayaran utama yang biasa diberikan setia bulan dengan jumlah berdasarkan tingkat jabatan, golongan dan kontribusinya

b). Upah Intensif

Upah atas penghargaan untuk memotivasi ara pegawai dan bersifat tidak tetap atau sewaktu-waktu

c). Bonus

Upah untuk karyawan profitabilitas tinggi dari keutungan yang diperoleh perusahaan pada periode sebelumnya. Mengenai waktu dan jumlah tergantung kebijakan perusahaan

2. Keuntungan tak langsung

  • Pembayaran upah untuk waktu yang tidak bekerja
  • Waktu istirahat seperti waktu makan
  • Hari-hari sakit
  • Liburan atau cuti
  • Hamil, kecelakaan dan upacara pemakaman
  • Perlindungan terhada bahaya
  • Jaminan pembayaran upah dalam jumlah tertentu selama satu periode
  • Rencana pensiun hari tua
  • Tunjangan pengobatan
  • Pembentukan koperasi yang mengelola kredit pegawai
  • Program pelayanan karyawan
  • Rekreasi
  • Perumahan
  • Beasiswa pendidikan

D. Jenis Jenis Sanksi

Sanksi yang diberikan kepada pegawai yang malakukan pelanggaran adalah sebagai berikut:

  1. Peringatan tertulis
  2. Mutasi
  3. Penuruna jabatan
  4. Pencabutan tunjangan
  5. Denda
  6. Diberhentikan secara tidak hormat
  7. Dipaksa mengundurkan diri.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.