Pengertian Low Profile Manfaat dan Cara Memiliki Sifat



”Low profile” meskipun hanya terdapat dua kata, tapi berjuta maknanya. Kata yang dapat membuat orang lain seakan kagum dan ingin dekat dengan seseorang yang memiliki sifat low profile ini. Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan low profile? Untuk membahas lebih jelasnya, mari ketahui penjelasannya di bawah ini ya.

A. Pengertian Low Profile

Untuk masyarakat Indonesia, mungkin kata low profile memang kurang bisa dimengerti apa maksudnya. Tapi bagaimana dengan kata “rendah hati” atau “tidak sombong”? Nah kedua kata tersebut memiliki makna dan arti yang sama dengan kata low profile. Jadi dapat kita sederhanakan bahwa low profile adalah suatu sikap positif karena tidak ingin terlihat sombong ataupun menunjukkan kehebatannya di depan umum.

Untuk orang-orang yang berprestasi dengan sikap yang tidak sombong ataupun masih ingin bercengkrama dengan orang-orang yang ada di dekatnya, maka mereka bisa mendapatkan predikat sebagai seseorang yang low profile. Sebenarnya bisa saja mereka menunjukan berbagai bakat ataupun apa yang mereka miliki di depan umum agar terlihat hebat dan terkesan “wah” tapi, bagi mereka yang low profile, itu semua tidak ada manfaatnya.

Bahkan terkadang ada juga seseorang yang tidak menyadari bahwa dia memiliki sifat yang low profile. Dan ada juga yang ingin terlihat low profile dengan tujuan mendapat pujian dari orang lain, padahal sifat aslinya sombong.

B. Manfaat Low Profile

Sifat rendah hati atau low profile merupakan salah satu sikap yang terpuji. Hal tersebut terjadi karena seseorang yang memiliki sikap rendah hati, tidak akan sombong atau memandang rendah orang lain dibandingkan dengan dirinya. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki sifat low profile, antara lain:

1. Orang-orang Menjadi Lebih Simpatik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan memiliki sifat low profile maka akan membuat banyak orang terutama yang disekeliling kita akan merasa lebih simpatik. Ini wajar saja terjadi karena semua orang pasti tidak senang dengan orang yang sombong dan selalu memandang rendah orang-orang yang berada di sekelilingnya.

2. Memiliki Banyak Teman

Sifat low profile memiliki banyak manfaat dan biasanya orang yang memiliki sifat low profile ini akan mudah membantu orang-orang di sekelilingnya yang sedang membutuhkan bantuan. Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin berteman dengan orang low profile. Image pertemanan yang positif juga akan terbangun dengan sendirinya.

3. Dihormati Orang Lain

Dengan sifat low profile yang dimiliki, tentunya kita akan lebih dihormati oleh banyak orang. Orang lain pun akan mengetahui kelebihan apa yang kita miliki tanpa harus menyombongkan diri.

4. Hati yang Selalu Tenang dan Tentram

Pernahkah Anda melihat orang yang karena terlalu sombong, ketika ada orang lain yang memiliki kemampuan lebih darinya maka ia akan merasa tidak tenang dan merasa kalah? Nah, orang yang low profile tidak akan merasakan hal tersebut karena ia tidak pernah mengumbar mengenai kemampuan atau materi yang dimiliki.

5. Terhindari Dari Sifat Sombong

Sifat sombong tentunya tidak dibenarkan karena bisa membuat diri sendiri merasa lebih tinggi dan merendahkan orang lain. Manfaat dari low profile yang terakhir adalah bisa menghindari kita dari sifat sombong yang tidak disukai banyak orang.

C. Cara Memiliki Sifat Low Profile

Melihat begitu banyaknya manfaat dari low profile, sebenarnya bagaimana cara untuk memiliki sifat low profile ini? Untuk lebih jelasnya, mari simak cara-caranya yang berikut ini.

1. Jangan Ragu Meminta Kritik

Kritik dan saran dari orang lain memang sangat penting untuk kita. Meskipun Anda sudah mengerjakan sesuatu dan tidak ada orang yang mengkritik, jangan merasa bahwa pekerjaan Anda sudah sempurna. Tapi cobalah untuk meminta kritik dari orang lain.

2. Jangan Membela Diri

Terkadang kritik dan saran dari orang lain memang terasa kurang nyaman dihati. Tapi jangan langsung membela diri, sebaiknya tampunglah kritik dan saran tersebut. Dan jangan menunjukkan bahwa kamu tidak menerima kritik dari orang lain.

3. Berempati Terhadap Orang Lain

Banyak orang yang tidak menyadari dengan memiliki rasa empati terhadap orang lain, rasa low profile pun akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Tidak Segan Bertanya

“Malu bertanya sesat dijalan” ungkapan tersebut memang benar adanya. Jangan merasa bahwa diri Anda bisa melakukan segalanya sehingga tidak butuh bertanya ke orang lain.

5. Jangan Mengharapkan Apresiasi

Orang yang sombong atau pamer memiliki maksud dan tujuan seperti apresiasi dari orang lain. Jadilah dirimu sendiri dan jangan mengharapkan apresiasi apapun dari orang lain menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki sifat low profile.

6. Jadilah Pendengar yang Baik

Saat orang lain memberikan kritik dan saran, cobalah untuk mendengarkannya dengan baik sehingga Anda bisa mengoreksi diri sendiri.

Meskipun di lingkungan sekitar Anda banyak orang yang sering pamer atau sombong, jangan ikuti mereka. Sadarlah bahwa sifat tersebut tidak baik. Anda hanya perlu menjadi diri sendiri dan tanpa perlu memamerkan apapun yang Anda miliki.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.