Home artikel Pengertian Kasih Sayang – Perbedaan Apa Itu Cinta Sejati ?

Pengertian Kasih Sayang – Perbedaan Apa Itu Cinta Sejati ?

Pengertian Kasih Sayang

Pengertian Kasih Sayang – Kasih sayang adalah bentuk perasaan yang menarik untuk dibahas. Dari zaman ke zaman, perbincangan mengenai kasih sayang tak akan ada habisnya. Kasih sayang adalah sesuatu yang dianugerahkan Pencipta kepada manusia sehingga kasih sayang sudah tertanam di dalam diri masing-masing invidu sejak ia lahir. Kasih sayang ternyata memiliki arti yang sangat luas. Berbagai teori diciptakan untuk mengartikan dan memaknai apa itu kasih sayang yang sebenarnya.

Makna Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan salah satu bentuk afeksi menurut teori psikologi. Namun secara harfiah kasih sayang merupakan bentuk respon kejiwaan terhadap pengaruh dari luar sehingga menimbulkan kemauan untuk peduli, empati, bahkan sedih dan marah. Sedangkan secara sempit, kasih sayang diartikan sebagai bentuk perasaan di antara dua pihak.

Macam Jenis Arti Kasih Sayang

Kasih sayang juga diartikan sebagai tahap awal yang dialami seseorang sebelum merasakan atau memberikan cinta. Menurut makna tersebut, seseorang yang memberikan perhatian dan rasa empati terhadap sesuatu dapat diartikan sebagai bentuk kasih sayang. Ketika tahap ini sudah matang maka akan berlanjut ke tahap mencintai.

Jika diartikan lebih luas, kasih sayang adalah cerminan sikap menghormati, mengayomi, mengasihi, peduli, merawat, dan berempati kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan. Kasih sayang tidak memandang apakah sesuatu itu benda mati atau hidup, tua atau muda, status sosial, jenis kelamin, nyata atau tidak nyata, ras, maupun golongan.

Arti kasih sayang yang lain yaitu merupakan bentuk perasaan yang secara emosional mampu merubah pikiran, langkah, rencana, cita-cita, prinsip, maupun memantapkan apa yang telah dipunyai oleh seseorang. Dengan kata lain kasih sayang adalah sesuatu yang mampu merubah hidup seseorang dalam berbagai aspek. Sehingga kasih sayang menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan hidup.

Faktor Terbentuknya Kasih Sayang

Kasih sayang dapat terbentuk karena sesuatu terjalin dan berhubungan. Kasih sayang dapat tercipta karena kebutuhan akan perlidungan, kenyamanan, maupun pengayoman, keinginan untuk menjaga, merawat, maupun memimpin, kepedulian dan merasa memiliki atau bertanggung jawab atas sesuatu atau seseorang. Kasih sayang juga dapat terbentuk karena hutang budi atau sesuatu yang terjadi di masa lalu.

Contoh Kasih Sayang

Afeksi ini seringkali terbentuk di antara hubungan antar makhluk misalnya keluarga, sahabat, antar lawan jenis, antar tetangga, dan sebagainya. Hubungan antara makhluk dengan Tuhan juga terbentuk kasih sayang. Contoh kasih sayang lainnya yaitu hubungan antara pemilik hewan dengan hewan peliharaannya atau seseorang dengan pekerjaannya.

Tercipta atau terbentuknya kasih sayang tidak dapat dihindari maupun dihentikan. Namun bentuk ekspresi kasih sayang seperti kepedulian, perhatian, kesedihan, bahkan kemarahan dapat dipilih dan diatur agar sesuai dengan kodisi, posisi, dan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Mengekspresikan kasih sayang menjadi sebuah kebutuhan sekaligus keharusan bagi setiap individu namun dalam kadar dan intesitas yang berbeda-beda.

5/5 (2)

Please rate this