Fakta Badai
Ilustrasi Gambar Tornado

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan kata badai, badai adalah salah satu bencana alam yang dapat memporak-porandakan kehidupan manusia. Jika dilihat dari pengertiannya, badai adalah fenomena alam yang mana kondisi alam dalam keadaan ekstrim ditandai dengan munculnya hujan es, badai salju yang disertai pasir dan debu.

Pergerakan badai ini sangat unik yaitu dari atas laut dan mengikuti arah mata angin berkecepatan 20 km/jam, mengerikan bukan? Tentu saja sangat mengerikan karena badai disebabkan oleh suhu permukaan air laut yang tinggi dan atmosfer bumi yang berubah. Tahukah Anda? Ada fakta badai yang unik dan belum Anda ketahui. Nah, apa sajakah itu? Berikut adalah fakta badai yang unik dan belum Anda ketahui.

Fakta Badai di Luar Nalar :

1. Ada Nama Aneh dibalik Badai Pertama di Amerika Serikat

Pada awalnya, di Amerika Serikat memberi nama badai menggunakan sebutan dari alphabet Angkatan Laut atau yang biasa disebut Alphabet Fonetik Angkatan Darat. Nah, berdasarkan hal tersebut maka nama badai menjadi aneh yaitu Hurricane Love, Hurricane Easy atau Tropical Storm How. Namun, nama-nama tersebut dinilai tak sesuai.

Kemudian timbul permasalahan yang mana mereka hanya memiliki pilihan dalam 26 pilihan nama untuk dipilih. Oleh karenanya, mereka kehabisan nama sehingga pemerintah Amerika Serika mulai memberi nama badai dengan menggunakan nama orang, seperti badai yang terjadi pada tahun 1950, mereka memberi nama dengan nama Topan. Alasan mereka memberi nama topan karena, badai ini sifatnya seperti perempuan yang tidak dapat diprediksi sifatnya dan agak temperamental.

2. Perubahan Jumlah Ahli Voodo di New Orleans setelah Badai Katrina

Wilayah New Orleans terkenal dengan komunitas Voodoo yang besar. Namun, sejak wilayah tersebut diserang badai Katrina, komunitas praktisi Voodoo menjadi berkurang drastis. Komunitas Voodoo yang pada awalnya berjumlah 3.000 praktisi turun hingga 300.

Komunitas Voodoo di wilayah New Orleans tersebut sebagian besar turunan Afrika yang memiliki pendapatan rendah sehingga saat terjadinya badai Katrina, mereka tidak dapat mencari perlindungan bahkan ada yang meninggal karena serangan badai. Sejak terjadinya badai tersebut, wilayah tersebut melakukan gerakan New Orleans untuk mengumpulkan komunitas Voodoo kembali namun badai telah membuat sebagian masyarakat meninggal dunia dan banyak praktisi Voodoo yang gulung tikar.

3. Badai juga Mengalami Masa Transisi

Pada tahun 1991, terjadi badai sempurna yang disebut dengan Topan. Badai tersebut menghancurkan wilayah New England dan menenggelamkan Andrea Gail kemudian muncul angin topan yang berubah menjadi topan ekstratropis. Nah, perubahan angin topan menjadi topan ekstratropis tersebut di sebut masa transisi. Pada masa transisi tersebut, badai mengetuk reservoir panas secara intensif sehingga terjadi perbedaan suhu yang sangat berarti.

4. Seorang Profesor Berpikir Dapat Menghentikan Badai dengan Jets

Seorang profesor yang bernama Profesor Arkadii Leonov berpikir bahwa ia dapat menghentikan badai dengan menggunakan jets terbang. Ia memiliki firasat bahwa badai Topan akan dapat dihentikan dengan cara melepaskan dua jet supersonik ke mata badai. Firasat tersebut ia kemukakan kepada National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Namun, tim NOAA tidak yakin dengan firasat Profesor Arkadii Leonov tersebut.

5. Nama Badai Berasal dari Nama Manusia

Perlu Anda ketahui, badai yang terjadi dan telah menimpa suatu wilayah memiliki nama seperti nama manusia. Konon kabarnya, nama-nama tersebut atas pemberian seorang ahli meteorologi dari Australia yang bernama Clement Wragge. Pada awalnya, Wragge menamai badai dengan nama dewa-dewi Yunani dan nama wanita cantik.

Nah, 5 fakta di atas merupakan fakta badai di luar nalar yang mungkin belum Anda ketahui. Mungkin salah satu dari fakta tersebut membuat Anda terkejut, namun begitulah fenomena alam yang terjadi di jagad raya ini. Selalu bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala ciptaan-Nya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.