Pengertian Air : Manfaat, Unsur dan Jenis

Air merupakan salah satu unsur penting di bumi, karena air adalah unsur yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk kehidupan mereka. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa air adalah sumber kehidupan sebagai tanda kehidupan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang air. Karena sebagian dari kita masih belum paham bagaimana pengertian air sebenarnya. Hal ini tidak bisa kita pungkiri. Untuk itu, mari kita simak terus artikel ini.

Tak hanya sebagai sumber kehidupan, bahwa air juga memiliki fungsi sebagai penyembuh penyakit. Salah satu contohnya adalah air alkali super stabil dengan pH > 9,8, yaitu air milagros. Anda bisa menemukan jenis air ini pada air zam-zam. Itu sebabnya kenapa air zam-zam sangat diminati oleh banyak orang, khususnya umat muslim. Di samping menyehatkan, juga merupakan air suci.

Manfaat Air

Bisa dikatakan bahwa air merupakan senyawa netral yang keberadaannya sangat diperhatikan oleh semua jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Dan semua makhluk hidup di muka bumi ini sangat tergantung terhadap air yang mana bisa dijadikan sebagai zat pelarut yang mana berperan penting dalam metabolisme tubuh. Tak hanya itu, untuk tumbuhan, air sangat berperan penting untuk pertumbuhan tanaman dan fotosintesis yang membutuhkan bantuan cahaya sebagai zat vitaminnya.

Menurut ahli, seperti Suharti Wandrivel dan Lestari (2012), bahwa air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Air juga memiliki sifat yang penting sebagai sumber kehidupan. Di mana air juga dapat memunculkan reaksi yang dapat memunculkan senyawa organik yang dapat melakukan replikasi. Bahkan ada kepercayaan bahwa manusia membutuhkan 8 sampai 10 gelas air mineral per harinya. Hal ini pernah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pennsylvania pada tahun 2008. Walaupun dalam penelitian tersebut, ada pernyataan bahwa 8 gelas air mineral tidak terbukti untuk membantu dalam menyehatkan tubuh.

WHO pernah melakukan penelitian bahwa setiap manusia memerlukan 60 sampai 120 liter per harinya sebagai sumber energi mereka.

Pengertian Air Menurut Ahli

Adapun beberapa ahli yang memberikan pengertian air, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sitanala Arsyad. Air merupakan senyawa gabungan antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi unsur senyawa H2O.
  • Hefni Effendi. Air merupakan salah satu sumber energi gerak.

Untuk itu, air sangatlah penting karena berperan dalam kelestarian alam beserta isinya. Apa yang terjadi jika tidak ada air atau kekurangan air di muka bumi ini. Maka, akan muncul ketidakselarasan di bumi ini. Karena keberadaan air dianggap sangat penting untuk keseimbangan alam. Terlebih lagi, diketahui bahwa hampir 75 % permukaan bumi ditutupi oleh air. Jika dihitung volume, air bisa mencapai sekitar 1,4 triliun kilometer kubik di bumi ini. Di mana sebagian besar air terdapat di Kutub Utara dan Kutub Selatan Planet Mars.

Kenapa air di bumi tidak pernah habis? Hal ini dikarenakan adanya siklus kehdiupan, yaitu perputaran air di mana terjadinya penguapan dan hujan.

Unsur Air

Air merupakan gabungan unsur kimia dengan rumus kimia senyawa H2O, di mana satu molekul air terdapat dua atom hidrogen yang diikat oleh satu atom oksigen. Sifat air tidak berawarna, tidak berasa, dan tidak berbau pada kondisi normal. Kondisi normal ini merupakan air yang memiliki tekanan 100 kPa (1bar) dengan suhu 273,15 Kelvin. Di mana air normal dapat melarutkan beberapa unsur senyawa lainnya seperti asam, garam, dan beberapa jenis gas lainnya.

Jenis Air

Ada berbagai macam jenis air. Tergantung dari unsur senyawa apa saja yang dicampurkan dengan air. Ada air laut yang rasanya asin, ada juga air tawar yang tidak berasa. Dalam mendapatkan air tawar dari air laut pun bisa dilakukan dengan melakukan osmosis terbalik. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan penyaringan air laut dengan menggunakan tekanan yang dialirkan melalui suatu membran saring. Proses ini disebut sebagai SWRO (Sweater Reverse Osmosis). Hal ini bisa kita jumpai pada kapal-kapal laut atau instalasi air bersih di pantai dengan bahan pokoknya adalah air laut.

Ada juga jenis air adalah air hujan, di mana air tersebut jatuh dari langit bukan karena tanpa sebab, melainkan air ini muncul karena adanya kondensasi uapan air yang dapat ditampung dan menjadi air minum dengan melalui proses filterisasi.

Jadi, sudah tahu kan, kalau air merupakan zat yang berperan besar alias peran yang sangat vital dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Apa jadinya kalau tidak ada air di bumi? Seperti halnya dengan udara, bahwa air juga memiliki fungsi kehidupan yang sangat besar. Seperti yang diucapkan oleh pepatah, bahwa di mana ada air, di situlah ada kehidupan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.