Home Pengetahuan Alam Pelestarian Lingkungan Hidup : Pengertian, Fungsi, Pencemaran dan Cara Melestarikan

Pelestarian Lingkungan Hidup : Pengertian, Fungsi, Pencemaran dan Cara Melestarikan

Pelestarian Lingkungan Hidup Pengertian, Fungsi, Pencemaran dan Cara Melestarikan

Selain manusia, makhluk hidup ciptaan Tuhan yaitu hewan dan juga tumbuh-tumbuhan. Dan makhluk hidup tersebut tinggal di tempat dan planet yang sama yaitu bumi. Juga ketiga makhluk hidup ini hidup saling berdampingan. Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, makhluk hidup bukan hanya membutuhkan sesama makhluk hidup, tetapi juga benda-benda yang tidak bergerak (benda mati). Manusia dan tumbuhan membutuhkan binatang, manusia dan binatang membutuhkan tumbuhan dan begitu juga dengan binatang dan hewan yang membutuhkan manusia. Maka dari itu ketiganya saling membutuhkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia, tumbuhan dan juga hewan memang hidup berdampingan, nah ketiganya berada di dalam satu tempat yang dapat disebut dengan lingkungan. Di lingkungan ada juga berbagai ciptaan Tuhan lainnya seperti benda mati yang dibutuhkan oleh makhluk hidup demi keberlangsungan hidupnya. Contohnya yaitu sinar matahari, udara, air, angin, tanah dan lain sebagainya. Dan kesemuanya itu saling melengkapi dan Saling berdampingan.

A. Pengertian Lingkungan

Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan lingkungan karena dalam kehidupan sehari-hari kita berada di suatu lingkungan. Dan untuk yang belum mengetahui apa itu lingkungan, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Secara teori, lingkungan merupakan suatu kombinasi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti air, tanah, mineral, sinar matahari, flora dan fauna yang berada di darat ataupun di laut yang meliputi juga ciptaan dari manusia itu sendiri.

Dari uraian diatas tadi, kita sudah dapat mengetahui bahwa ada berbagai macam lingkungan di atas bumi ini seperti lingkungan perairan (lautan, sungai dan danau), lingkungan dratan, dan juga lingkungan udara.

B. Fungsi Lingkungan

Makhluk hidup memang tidak bisa dipisahkan dengan lingkungannya. Lingkungan memiliki fungsi yang sangat penting untuk makhluk hidup. Untuk mengetahui apa saja fungsinya, mari kita simak di bawah ini.

1. Sebagai Tempat Bertahan Hidup

Fungsi yang pertama ini memanglah yang paling terlihat. Selain membutuhkan makhluk hidup lainnya untuk bertahan hidup, makhluk hidup juga membutuhkan benda mati untuk tetap bertahan hidup. Antara lain sebagai berikut:

a). Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Sinar matahari juga merupakan sumber energi yang dapat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan.

b). Udara

Kita semua tahu bahwa makhluk hidup sangat membutuhkan udara agar bisa bernapas. Jika tidak ada udara, maka sudah bisa dipastikan bahwa makhluk hidup akan mati.

c). Air

Untuk memenuhi cairan di dalam tubuh maka makhluk hidup membutuhkan air. Selain untuk minum, ada berbagai fungsi air lainnya seperti untuk mencuci dan pelestarian lingkungan.

d). Tanah

Makhluk hidup tinggal diatas tanah. Berbagai macam tumbuhan juga ada di tanah yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk manusia.

2. Sebagai Tempat Bersosialisasi

Sesama makhluk hidup bersosialisasi di lingkungannya. Jadi dapat dikatakan bahwa lingkungan juga berfungsi sebagai tempat untuk bersosialisasi makhluk hidup.

3. Sebagai Tempat Mencari Kekayaan

Ada banyak sekali kekayaan alam yang ada di bumi seperti emas, berlian, minyak bumi, batu bara, timah, nikel dan kekayaan alam lainnya. Semua kekayaan tersebut bisa ditemukan pada permukaan dan juga bagian dalam bumi.

4. Tempat Mendapatkan Hiburan

Lingkungan bisa menjadi hiburan untuk manusia. Baik itu hiburan yang memang sudah disediakan alam secara alami atau hiburan yang diciptakan oleh manusia.

5. Sarana Edukasi

Manusia sangat memerlukan pendidikan dan juga berbagai pelajaran untuk menambah pengetahuannya. Edukasi tersebut didapat dari adanya lingkungan.

6. Sumber Kebudayaan

Berbagai hal yang dibiasakan secara terus-menerus akan menjadi suatu kebudayaan yang akan diikuti oleh orang-orang disekitarnya. Maka dari itu adanya budaya, tidak bisa dipisahkan dari suatu lingkungan.

C. Pencemaran Lingkungan

Yang disebut dengan pencemaran lingkungan yaitu suatu perbuatan yang mengakibatkan lingkungan tidak dalam kondisi yang normal. Pencemaran lingkungan ini memiliki dampak yang sangat buruk untuk lingkungan. Tidak hanya manusia, alam juga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia seperti transportasi, industri, membuang sampah sembarangan dan lainnya. Sedangkan untuk pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh alam seperti banjir, gunung meletus, tsunami, gempa bumi, longsor dan lain sebagainya.

D. Pelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup tentunya perlu kita lestarikan demi kebaikan dan kenyamanan kita bersama. Untuk melestarikan lingkungan hidup, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan, antara lain:

  1. Menanam pohon disekitar rumah
  2. Membuat sengkedan atau terasering di lahan persawahan
  3. Menggunakan produk daur ulang agar volume sampah dapat berkurang
  4. Melarang keras menebang pohon di hutan / pembabatan hutan
  5. Jika ingin menebang pohon, maka menerapkan sistem tebang pilih
  6. Membuat hukum yang tegas untuk pelaku kejahatan lingkungan
  7. Reklamasi pantai
  8. Pemeliharaan taman kota
  9. Membuat daerah resapan air agar tidak kekurangan sumber air
  10. Rehabilitasi lahan
  11. Membuat cagar alam

Begitu penting lingkungan untuk makhluk hidup. Dan sebagai makhluk hidup sudah semestinya kita ikut menjaga dan melestarikan lingkungan demi kebaikan dan kenyamanan bersama.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.