Pengertian Lingkungan Dan Macam Macam Jenisnya

Lingkungan adalah suatu kombinasi Komponen dari keadaan fisik yang meliputi sumber daya alam misalnya air, mineral, tanah, flora, fauna dan sebagainya dengan suatu struktur lembaga berupa hasil ciptaan dari manusia, contoh sederhananya adalah keputusan yang dibuat tentang bagaimana akan memanfaatkan keadaan fisik. Selain itu, lingkungan juga dapat dipahami sebagai segala hal yang eksis di sekitar manusia serta memiliki kemampuan untuk mempengaruhi proses perkembangan hidup manusia.

Seyogyanya lingkungan memiliki dua komponen utama, yaitu biotik dan abiotik. Komponen Lingkungan biotik mencakup semua yang hidup (bernyawa) seperti manusia, hewan, tumbuhan serta mikro organisme. Sedangkan Komponen Lingkungan abiotik mencakup segala yang tidak bernyawa misalnya cahaya, udara, iklim, tanah, bunyi, kelembaban dan lain-lain.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Para ahli di Indonesia memiliki pandangan yang beragam dalam mendefinisikan lingkungan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sambas Wirakusumah

Menurut Sambas, lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang meliputi struktur eksternal biologis, dimana makhluk hidup serta ilmu mengenai lingkungan bisa menjadi wadah atau sarana mempelajari organisme yang ada.

Emil Salim

Emil menyatakan, bahwa lingkungan hidup meliputi semua kondisi dan benda. Selain itu, dampak yang ditimbulkan oleh sebuah ruang yang sedang Anda tempati, yang kemudian mempengaruhi lingkaran hidup di sekitarnya baik manusia, hewan maupun tumbuhan.

Darsono (1995)

Darsono pernah menyampaikan, bahwa lingkungan meliputi semua kondisi dan benda, misalnya manusia dan aktivitasnya, yang termasuk dalam aspek bagaimana manusia berperan dalam mempengaruhi sebuah proses kelangsungan hidup, baik kepada sesama manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Otto Soemarwoto

Menurut Otto, lingkungan hidup terdiri atas semua benda dan juga keadaan yang ada di dalam sebuah ruang yang saat ini kita tempati dan memberikan dampak terhadap kehidupan.

Bintarto

Bintarto menyebutkan, bahwa lingkungan hidup mencakup segala sesuatu yang ada di sekitar. Baik berupa benda atau organisme yang bisa terpengaruh karena kegiatan yang dilakukan.

St Munajat Danusaputra

Menurut St Munajat, lingkungan merupakan semua kondisi beserta benda yang berada di dalamnya, termasuk manusia dan kegiatan yang dilakukannya. Dimana manusia eksis dalam sebuah ruang dan bisa memberikan pengaruh terhadap kelangsungan, kesejahteraan hidup serta jasad renik yang lain.

Macam-Macam Jenis Lingkungan

Lingkungan hidup terbagi atas dua jenis, yaitu lingkungan hidup alami dan buatan. Berikut di bawah ini adalah penjelasan secara lebih lengkapnya :

1. Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah sebuah sistem yang bergerak secara dinamis dan mencakup suatu kesatuan ruang dengan segala kondisi, organisme, benda serta unsur abiotik yang lainnya tanpa adanya perbuatan campur tangan dari manusia. Interaksi yang berlangsung antara lingkungan alamiah dengan sekitarnya ini kemudian membentuk sebuah kesatuan yang bernama ekosistem.

Contoh sederhana dari lingkungan alami adalah hutan primer. Proses yang terjadi dalam lingkungan alami ini berupa pertukaran energi, Interaksi antar komponen, perubahan atau pergantian flora dan fauna akibat perubahan yang terjadi karena perisitiwa alam seperti banjir, gempa dan sebagainya. Proses ini bisa terjadi berulangkali namun akan selalu kembali stabil seperti sedia kala lagi.

Namun, perubahan yang disebabkan oleh perbuatan manusia seperti melakukan penebangan hutan untuk membuka lahan, melakukan aktivitas pertambangan dan sejenisnya dapat merubah fungsi dan struktur ekosistem secara permanen. Oleh karena itu, pemerintah kemudian menyemarakkan untuk membuat taman nasional dan cagar alam guna melestarikan dan melindungi eksositem tersebut dari kerusakan.

2. Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan adalah hasil dominasi manusia atas lingkungan hidup alami. Pembentukan lingkungan hidup buatan ini umumnya didasari oleh kebutuhan manusia. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya jumlah penduduk yang membuat manusia terpaksa mengubah lingkungan alamiah. Namun, dalam proses pembentukan ini biasanya akan menghasilkan produk negatif berupa limbah. Yang jika tidak ditangani secara tepat dan cepat maka akan berimbas pada manusia itu sendiri.

Fungsi Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan

Kehidupan adalah sebuah struktur yang saling berkaitan satu sama lain dan sangat ketergantungan dengan unsur lingkungan hidup. Kehidupan bermasyarakat yang ideal bukan hanya menjadikan manusia sebagai satu-satunya tolak ukur, namun juga berdasarkan unsur lain seperti unsur hayati dan juga fisik guna mendukung sebuah proses kelangsungan hidup yang harmonis.

Berikut di bawah ini adalah fungsi lingkungan hidup bagi kehidupan yang perlu diketahui:

1. Tempat Mencari Makan

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup, lingkungan hidup juga merupakan tempat makan demi memenuhi kebutuhan dan kelangsungan kehidupan.

2. Tempat Berlangsungnya Berbagai Aktivitas

Kehidupan manusia tidak terlepas dari interaksi sosial di dalamnya. Hal ini dikarenakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung sama lain. Baik dengan tujuan tertentu ataupun hanya sekedar membina hubungan baik.

3. Tempat Tinggal

Lingkungan hidup adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup, tanpa peduli apapun tingkatannya. Oleh karena itu, lingkungan hidup memainkan peran yang sangat penting supaya semua spesies di dalamnya tidak punah.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.