Home Pengetahuan Alam Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Macam Macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya – Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia yang didapat dari alam baik yang sudah tersedia maupun yang harus disediakan. sumber daya alam dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Berikut ini akan dijelaskan macam-macam sumber daya alam berdasarkan jenisnya.

Macam-macam Sumber Daya Alam dan Manfaatnya untuk Manusia

Berdasarkan kemampuannya untuk dapat diperbarui atau tidak, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui atau diciptakan kembali. Masing-masing sumber daya alam memiliki manfaat yang berbeda. Pengertian beserta manfaat masing-masing sumber daya alam antara lain yaitu:

1. Sumber Daya Alam yang dapat Diperbarui

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang ternyata dapat diciptakan kembali baik secara alami maupun buatan. Sumber daya alam yang bisa diadakan kembali ini dibedakan menjadi sumber daya alam nabati dan non nabati. Sumber daya nabati berasal dari makhluk hidup di muka bumi, contohnya yaitu perkebunan, pertanian, hutan, perikanan, maupun peternakan. Sedangkan sumber daya non nabati contohnya adalah panas matahari, udara, uap, air, angin, dan sebagainya.

Manfaat-manfaat masing-masing sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sebagai berikut:

a) Sebagai bahan makanan

Contoh sumber daya yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan makanan misalnya singkong untuk membuat tepung tapioka, ikan untuk aneka masakan, padi untuk pembuatan tepung dan makanan pokok, ayam dan bebek untuk dimanfaatkan telur dan daging, sapi dan kambing untuk diambil daging dan susunya, kedelai untuk bahan pembuatan kecap, dan sebagainya.

b) Sebagai pembakit listrik

Contoh sumber daya yang dapat diperbarui yang bermanfaat untuk pembangkit listrik misalnya cahaya matahari dengan sistem sel surya, angin, uap, maupun air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik.

c) Sebagai bahan pembuatan alat-alat

Kayu merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa di perbarui. Kayu bermanfaat untuk membuat alat-alat memasak, alat untuk membangun rumah seperti tangga, pintu, dan jendela. Kayu juga berfungsi sebagai bahan pembuatan meja dan kursi.

d) Sebagai bahan obat dan kosmetik

Cangkang binatang laut adalah salah satu sumber daya alam jenis ini yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai kosmetik seperti lipstik. Sedangkan bahan-bahan herbal seperti jahe, daun sirih, dan sebagainya dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat tradisional.

e) Sebagai bahan pembuatan pakaian

Sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat berguna sebagai bahan pakaian misalnya kapas. Kapas yang dipintal menjadi benang akan bermanfaat dalam proses pembuatan kain. Kemudian kain di bentuk sedemikian rupa menjadi baju.

Baca Juga : Contoh Sumber Daya Alam Dan Manfaatnya

2. Sumber Daya Alam yang tidak dapat Diperbarui

Selain sumber daya alam yang dapat diadakan kembali, terdapat sumber daya alam yang tidak dapat dibentuk, diciptakan, atau diadakan kembali jika sumber daya tersebut habis. Namun sebagian sumber daya ini bisa saja dibuat kembali namun membutuhkan proses yang sangat panjang salah satunya minyak bumi yang terbuat dari sisa-sisa makhluk hidup masa lampau.

Berikut ini contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berserta manfaat yang dimilikinya.

a) Sebagai bahan bakar kendaraan maupun mesin pabrik

Salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi. Minyak bumi dikenal dengan sebutan bahan bakar fosil yang berasal dari jasad hewan renik laut dan hewan purba, terbentuk selama ratusan juta tahun. Minyak bumi yang berada di lapisan bawah bumi dipompa naik untuk diolah agar dapat digunakan.

Hasil pengolahan minyak bumi bermacam-macam seperti aftur untuk bahan bakar pesawat terbang, bensin sebagai bahan bakar motor dan mobil, solar untuk bahan bakar kendaraan berat seperti truk dan traktor, minyak tanah untuk kompor, gas alam untuk bahan bakar kompok dan penyulut api, dan aspal yang berupa padatan.

b) Sebagai bahan pembuatan alat-alat, kerangka kapal, kerangka bangunan, dan sebagainya

Besi, tembaga, nikel, dan logam-logam lainnya adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. logam-logam ini bermanfaat dalam pembuatan alat seperti alat dapur, alat pertukangan, mesin-mesin industri, hingga kerangka bangunan, pesawat terbang, dan kerangka kapala laut. Bahan lain seperti perunggu digunakan untuk membuat patung, tembaga untuk bahan pembuatan kawat.

c) Sebagai bahan pembuatan perhiasan

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dengan mudah dan dalam waktu yang singkat ini yaitu emas, berlian, perak, paladium, dan sebagainya. Logam dan kristal ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi sehingga banyak diburu masyarakat. Manfaatnya adalah untuk pembuatan perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan anting-anting. No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.