Susunan Planet Tata Surya dan Keterangan Gambarnya

Susunan Planet Tata Surya dan Keterangannya, Hallo sobat kembali dengan saya di Sekutu Keadilan. Setelah saya membahas tuntas dan lengkap mengenai ke delapan planet yang ada di Tata Surya, rasanya tidak lengkap jika saya tidak membuat ringkasannya. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai Susunan Planet di dalam sistem Tata Surya.

Dalam sistem Tata Surya, kita mengenal adanya Matahari dan Planet – planet yang tersusun rapih. Semua itu tak lepas dari kekuasaan Allah. Maka dari itu kita sebagai makhluk Bumi wajib untuk bersyukur. Nah, kita mulai saja pembahasan mengenai Tata Surya nya.

Sebelum masuk ke susunan planet di dalam Tata Surya ada baiknya saya menjelaskan inti atau pusat Tata Surya. Inti dari Tata Surya adalah Matahari. Matahari merupakan salah satu bintang di seluruh jagad raya. Matahari menjadi induk tata surya dan memiliki massa serta ukuran paling besar diantara planet – planet nya. Baiklah berikut ini adalah susunan planet di tata surya runtut mulai dari yang terdekat dengan Matahari sampai ke yang terjauh.

  1. Planet Merkurius

Ciri Ciri Planet Merkurius dan PenjelasannyaSebenarnya saya sudah membuat artikel mengenai semua planet di dalam tata surya, tetapi saya tulis ringkasannya saja di dalam artikel ini. Planet Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari. Jika kamu ingin menlihat planet Merkurius, maka waktu yang tepat adalah pagi dan petang hari.

Orbit atau revolusi Merkurius terhadap Matahari membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Bumi, yaitu hanya 88 hari. Tetapi rotasi Planet Merkurius sangat lambat , sehingga membutuhkan waktu 59 hari untuk sekali rotasi penuh.

  1. Planet Venus

Ciri ciri Planet Venus dan Penjelasan LengkapPlanet Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari. Meskipun menjadi nomor ke dua dalam letaknya, tetapi planet ini memiliki suhu permukaan yang paling panas diantara planet yang lain.

Sebutan Planet Venus diambil dari mitologi Romawi, yaitu diambil dari nama dewi cinta dan dewi kecantikan. Sebutan untuk namanya sangat cocok dengan kondisi visual planet Venus, dimana Planet Venus terlihat sangat mencolok dan cerah.

  1. Planet Bumi

Planet Bumi dan PenjelasannyaPlanet Bumi adalah planet untuk kehidupan semua makhluk. Entah saya kurang tahu apakah ada planet di galaksi lain yang sama dengan Bumi atau tidak. Tetapi Bumi adalah satu – satunya planet yang berpenghuni. Salah satunya adalah manusia.

Dalam sejarahnya, Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di Bumi setelah 1 miliar tahun Bumi terbentuk. Planet Bumi jika dilihat dari luar angkasa nampak biru laut dan coklat untuk daratan. Bumi juga memiliki satelit alam yaitu Bulan.

  1. Planet Mars

Pengertian Planet Mars, Ciri Ciri Karakteristik Dan Penjelasan LengkapPlanet Mars adalah planet terdekat ke empat dari Matahari. Nama Mars diambil dari nama salah satu dewa Perang yaitu Mars. Jika kita mengamati dari Bumi, Planet Mars ini memiliki visual tampak kemerah – merahan, sehingga Planet ini sering dijuluki sebagai Planet Merah.

Beberapa Misi NASA untuk mengeksplor Mars sudah dilakukan untuk meneliti kehidupan disana. Tetapi tidak ada satupun tanda tanda kehidupan makhluk hidup di Mars. Meskipun ada salah satu fenomena alam yang unik di Mars, yaitu bukit yang berbentuk seperti wajah manusia.

  1. Planet Yupiter

Planet Jupiter Beserta Penjelasan LengkapPlanet Yupiter adalah planet terbesar di dalam system Tata Surya kita. Planet ini dapat kita amati dari Bumi dalam keadaan tertentu. Kecerahan Yupiter sampai ke Bumi adalah sebesar 2,94 magnitudo tampak. Sehingga cukup terang untuk diamati.

  1. Planet Saturnus

Planet Saturnus Pengertiannya, Satelit dan Penjelasan LengkapPlanet Saturnus adalah satu satunya planet tercantik di tata surya. Hal tersebut dikarenakan, Planet Saturnus memiliki cincin yang sangat cantik. Para ilmuwan berpendapat bahwa cincin Saturnus terbentuk dari bongkahan es dan pecahan meteorit.

  1. Planet Uranus

Planet Uranus, Sejarah, Gambar, Diameter dan Penjelasan LengkapPlanet Uranus adalah planet yang memiliki suhu sangat dingin, karena letaknya sangat jauh dari Matahari. Planet Uranus pernah dikunjungi oleh Voyager 2 dan berhasil mengabadikan visualnya. Warna Uranus tampak biru langit.

  1. Planet Neptunus

Planet Neptunus Pengertian, Ciri Ciri Karakteristik dan SatelitPlanet Neptunus adalah Planet terakhir dalam Tata Surya. Planet ini sering disebut sebut sebagai kembaran atau saudara dari Uranus. Karena memang, kedua planet ini memiliki ukuran hampir sama serta visualnya pun tidak jauh berbeda. Ilmuwan berpendapat bahwa Uranus dan Neptunus sebagai raksasa es.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. Terimakasih !




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.