Planet Saturnus Pengertiannya, Satelit dan Penjelasan Lengkap

Planet Saturnus Pengertiannya, Satelit dan Penjelasan Lengkap, Sebuah planet yang mungkin menjadi favorit saya dan teman teman SD adalah Planet Saturnus. Di bilang favorit karena Planet ini memiliki cincin yang jika dilihat sepintas sangat cantik dan unik. Menurut saya Planet ini adalah planet paling unik diantara planet lain di Tata Surya.

Sejarah Planet Saturnus

Planet Saturnus dalam Tata Surya juga dikenal sebagai Planet bercincin. Selain itu, Planet Saturnus merupakan Planet terbesar kedua setelah Planet Yupiter. Ketika kita mengamatinya dari Bumi, Saturnus tidak terlalu tampak dikarenakan letaknya dari Matahari sangat jauh, sehingga cahaya pantulan Saturnus kurang jelas.

Ciri Karakterisitik Saturnus

Dalam sekali orbit atau revolusi atau mengelilingi matahari, Planet Saturnus memelukan waktu 29,46 tahun. Dan setiap 378 hari, Planet Bumi dan Planet Saturnus serta Matahari berada dalam satu garis lurus. Selain berevolusi, Planet Saturnus juga melakukan rotasi atau berputar pada porosnya. Dan sekali berotasi Saturnus membutuhkan waktu 10 jam 40 menit 24 detik, sangat singkat dibandingkan dengan Bumi.

Inti Saturnus

Planet Saturnus sendiri memiliki kerapatan yang rendah dikarenakan sebagian zat penyusun Planet Saturnus adalah gas dan cairan. Menurut para ilmuwan, inti Planet Saturnus terdiri dari batuan padat. Untuk atmosfer nya terdiri dari gas amonia dan metana, sehingga tidak mungkin ada makhluk hidup yang menempati Planet Saturnus.

Cincin Saturnus

Cincin Planet Saturnus memiliki keunikan yang tidak ditemukan di planet lain. Cinci Saturnus menurut para ilmuwan terdiri dari ribuan cincin yang mengelilingi Planet Saturnus. Bahan pembentuk cincin Planet Saturnus belum ditemukan oleh para ilmuwan, mereka masih berusaha mencari tahu apa yang membentuk cincin Planet Saturnus.

Meski belum bisa dipastikan, para ilmuwan berpendapat bahwa cincin Planet Saturnus terbuat  dari lempengan padat karena hancur oleh gaya sentifugral. Gaya sentifugral  adalah lawan dari gaya sentripetal, gaya ini merupakan efek semu yang terjadi ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar. Kata sentifugral berarti menjauhi pusat putaran.

Struktur Saturnus

Jika asumsi dikarenakan gaya sentifugral, berarti cincin Planet Saturnus tidak mungkin dari cairan. Karena jika dari cairan, gaya sentifugral akan menyebabkan gelombang. Jadi, asumsi kali ini yang paling mendekati adalah bahan yang membentuk cincin Planet Saturnus adalah bongkahan – bongkahan es meteorit.

Letak dari cinci Planet Saturnus ini terentang dari 6.630 km hingga 120.700 km diatas atmosfer Planet Saturnus. Menurut pengamatan yang dilakukan pada tahun 2006, Planet Saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami. Tujuh di antaranya cukup masif dan dapat runtuh disebabkan gaya gravitasinya sendiri.

Satelit Alam Planet Saturnus

Berikut ini adalah beberapa satelit alami Saturnus yang berhasil saya kutip dari situs raksasa wikipedia. Satelit tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mimas adalah satelit alami Planet Saturnus yang ditemukan pada tanggal 17 September 1789 oleh Willian Herschel
  2. Enceladus adalah Satelit alam Saturnus terbesar ke 6, ditemukan pada tahun 1789 oleh willian Herschel juga.
  3. Tethys adalah satelit alami Saturnus yang ditemukan oleh Giovanni Domenico Cassini tahun 1684. Nama Tethys diambil dari mitologi Yunani.
  4. Dione, ini adalah satelit alam Planet Saturnus yang ditemukan pada 1684 oleh Giovani Domenico Cassini juga.
  5. Rhea ini adalah nama satelit alami Saturnus yang diambil dari mitoogi Yunani juga.
  6. Titan adalah satelit alami Planet Saturnus yang terbesar, memiliki ukuran lebih besar dari planet Merkurius.
  7. Lapetus adalah satelit alami Planet Saturnus yang terbesar ketiga di Saturnus, ditemukan oleh Giovani Domenico Cassini pada tahun 1671.

Nah, itu adalah penjelasan lengkap mengenai Planet Saturnus, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa kunjungi terus SekutuKeadilan agar bertambah ilmu nya J





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.