Pengertian Benua

Benua adalah daratan yang sangat luas yang ada di permukaan bumi. Benua terbentuk melalui suatu proses yang sangat panjang, serta melibatkan berbagai macam peristiwa alam seperti misalnya gunung meletus. Jika Anda melihat dengan menggunakan peta atau globe, maka benua dapat dilihat dengan jelas.

Berikut ini adalah 7 benua yang ada di planet bumi. Masing masing benua memiliki ukuran luas yang berbeda beda antara yang satu dengan yang lain.

  1. Asia mencakup 50 negara, Benua Asia adalah benua yang paling padat penduduknya, 60% dari total populasi Bumi terdapat di benua asia.
  2. Eropa terdiri dari 51 negara. Benua Eropa adalah benua dengan tingkat ekonomi paling maju dengan Uni Eropa sebagai serikat ekonomi dan politik terbesar di dunia.
  3. Australia mencakup 14 negara. Benua Australia adalah benua dengan populasi paling sedikit setelah Antartika, hanya 0,3% dari total populasi Bumi yang tinggal di sini.
  4. Afrika terdiri dari 54 negara. Benua Afrika adalah benua terpanas dengan padang gurun pasir terbesar di dunia yaitu Sahara, Gurun pasir di afrika menempati 25% dari total wilayah benua tersebut.
  5. Amerika Utara mencakup 23 negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat sebagai ekonomi terbesar di dunia.
  6. Amerika Selatan terdiri dari 12 negara. Di benua ini terdapat hutan hujan terbesar yaitu hutanΒ  Amazon, yang mencakup 30% dari total wilayah Amerika Selatan.
  7. Antartika adalah benua terdingin di dunia, sepenuhnya tertutup oleh es. Tidak ada penghuni yang menetap di sana, kecuali para ilmuwan yang memelihara stasiun penelitian di Antartika.

Sejauh ini benua dengan ukuran yang paling besar adalah benua asia, luas benua asia ini sekitar 29% dari luas permukaan bumi. Karena benua terbentuk dengan proses yang sangat panjang, maka tak heran jika ada banyak teori yang menyebutkan tentang sejarah terbentuknya benua. Dari berbagai macam teori tersebut, ada teori yang paling dikenal dan pada akhirnya disetujui.

Yaitu teori terbentuknya benua yang disebutkan oleh Alfred Lothar Wegener. Teori tersebut berisi tentang teori apungan dan adanya pergeseran benua, yang kemudian dikemukakan di forum geologi. Walaupun pada awalnya banyak pertentangan pada teori tersebut, namun pada akhirnya disetujui.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.