Negara Maju

Dalam pengertian negara maju, kita akan bisa melihatnya secara nyata dari segi ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya. Karena kedua faktor ini sangat menunjang untuk memajukan suatu negara. Kesimpulan dari beberapa ahli bahwa pengertian negara maju adalah negara yang memiliki rakyat dengan kesejahteraan yang tercukupi, dalam artian bahwa kualitas hidup rakyat di negara maju lebih sejahterah dibandingkan dengan rakyat yang ada di negara berkembang.

Ciri-Ciri Negara Maju

Negara yang tergolong ke dalam negara maju rata-rata berada di wilayah Eropa, khususnya Eropa Barat, seperti Belanda, Perancis, Inggris dan beberapa negara yang berada di benua Amerika. Kenapa negara-negara tersebut dikatakan sebagai negara maju? Kita bisa mengetahuinya bahwa negara-negara tersebut memenuhi ciri-ciri negara maju. Dan ciri-ciri negara maju itu di antaranya sebagai berikut.

  1. Segi pertanian, peternakan, hingga industrial lebih sering diekspor. Dalam arti lain bahwa negara tersebut lebih sering mengekspor hasil olahannya dibandingkan mengimpor pdoruk atau barang.
  2. Kegiatan ekonomi yang modern dengan didukung dari sarana dan prasarana yang berkualitas.
  3. Ilmu pengetahuan, transportasi dan teknologi yang berkembang pesat. Hal ini mampu mendukung perkembangan industrialisasi juga agar dapat berkembang pesat.
  4. Masyarakat atau warga negara memiliki sifat mandiri dan inovatif.
  5. Pendapatan rata-rata tiap penduduk yang tinggi.
  6. Intensitas mobilitas yang besar.
  7. Harapan hidup yang besar.
  8. Ketrampilan dan pendidikan yang memadai.
  9. Masyarakat yang tidak tergantung dengan sumber daya alam, sehingga alam di wilayah sekitar mereka tetap terjaga dan terlestari.

Karakteristik Indikator Negara Maju

Negara dapat dinilai maju atau berkembang dari beberapa tolak ukur atau indikator sebagai acuan penialaian suatu negara. Indikator karakteristik negara maju tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Pendapatan Perkapita. Pendapatan perkapita merupakan tolak ukur dalam menilai kesejahteraan masyarakat pada suatu negara. Masyarakat akan dikatakan makmur jika memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Sehingga dapat dinilai sebagai negara maju jika memiliki masyarakat yang sejahterah dari segi pendapatan per kapita.
  • Jumlah Penduduk Miskin. Kembali lagi pada nilai kesejahteraan masyarakat. Memang bisa dikatakan bahwa negara yang maju acuan utamanya terletak pada kesejahteraan masyarakat. Kita bisa melihat tolak ukur kesejahteraan masyarakat ini dari berapa banyak jumlah penduduk miskin pada suatu negara. Sehingga negara yang dikatakan sebagai negara maju adalah negara yang memiliki jumlah penduduk miskin yang minim. Dengan kata lain bahwa negara maju didominasi oleh masyarakat yang kaya alias makmur dari segi ekonomi.
  • Tingkat Pengangguran. Tingkat pengangguran pada suatu negara pun menjadi acuan utama pada tolak ukur suatu negara. Dan faktor ini biasanya yang paling digunakan dalam menilai suatu negara. Kita bisa melihat perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang melalui tingkat pengangguran pada suatu negara. Tentunya, negara maju memiliki tingkat pengangguran yang lebih minim dibandingkan dengan negara berkembang karena memiliki banyak sektor industri.
  • Angka kematian dan Kelahiran Bayi. Ternyata, antara kematian dan kelahiran pun bisa menjadi penentu tolak ukur suatu negara maju atau berkembang. Umumnya, negara maju memiliki angka kematian bayi yang rendah karena bagusnya kualitas dan penanganan kesehatan di Negara maju.
  • Angka Pendidikan. Angka pendidikan ini bisa kita lihat dari masyarakat yang buta huruf atau angka. Jika terdapat masyakat yang masih banyak buta huruf atau angka, bisa dikatakan bahwa negara tersebut bukan tergolong sebagai negara maju.

Contoh Negara Maju

Nah, setelah mengetahui dari ciri-ciri dan indikator suatu negara maju, apakah kita bisa menilai, negara kita Indonesia tergolong negara maju atau negara berkembang. Berikut ini merupakan beberapa contoh daftar negara maju di dunia.

Negara ModernBenua Asia

  1. Jepang
  2. Korea Selatan
  3. Singapura

Benua Amerika

  1. Amerika Serikat
  2. Kanada

Benua Eropa

  1. Inggris
  2. Belanda
  3. Jerman
  4. Swiss
  5. Prancis
  6. Spanyol

Negara Lain :

  1. Rusia (Benua Eropa Timur dan Asia Utara)
  2. Australia (Benua Australia)



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.