Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli – Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kata ‘ekonomi’ berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu ‘oikos’ dan ‘nomos’ yang bermakna pengelolaan rumah tangga. Ekonomi dibahas secara khusus dan mendalam dalam ilmu ekonomi yang mencakup beberapa bidang seperti sosiologi, sejarah, antropologi, dan geografi. Di dalam ilmu ekonomi juga terdapat ilmu terapan seperti perdagangan, distribusi, jual-beli, dan sebagainya.

Beberapa Definisi Menurut Para Ahli

Ekonomi memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda sesuai dengan ahli atau tokoh yang mengemukakan teorinya. Berikut ini beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli dari seluruh dunia.

1. Pengertian Ekonomi menurut Abraham Maslow

Seorang psikolog humanis, teoritikus, pemikir, dan inspirato dalam teori-teori kepribadian yang telah menyelesaikan studinya di Cornell University, Abraham Maslow, mengemukakan pengertian ekonomi secara umum. Menurutnya, ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah di kehidupan manusia dengan cara meningkatkan sumber-sumber ekonomi berdasarkan teori dan prinsip ekonomi secara efektif dan efisien.

2. Pengertian Ekonomi menurut Adam Smith

Seorang tokoh filsuf politik dan ekonomi juga berusaha menyusun definisi ekonomi. Tokoh filsuf ini bernama Adam Smith, seorang tokoh yang beraliran ekonomi klasik ini menyatakan gagasannya tentang ekonomi klasik dan pasar bebas di era modern sehingga membuka mata masyarakat tentang dunia perekonomian. Adam Smith yang terkenal dengan teori keunggulan mutlak mengemukakan bahwa ekonomi adalah suatu kegiatan berupa penyelidikan dan penelitian tentang kondisi, sebab, maupun asal muasal kekayaan suatu negara.

3. Pengertian Ekonomi menurut Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya, seorang pakar dibidang pemasaran juga mengemukakan pendapatnya tentang ekonomi. Beliau merupakan seorang dengan gelar Honoris Causa atas keilmuannya di bidang ekonomi dan pemasaran tingkat internasional. Hermawan juga seorang presiden MarkPlus & CO. Menurut Hermawan Kartajaya, ekonomi erat kaitannya dengan industri. Ekonomi inilah yang merupakan tempat melekatnya sektor industri sehingga industri berkembang dan tersebar di dunia.

4. Pengertian Ekonomi menurut Paul Anthony Samuelkon

Seorang ekonom bergelar doktor dari Universitas Harvard yang bernama Paul Anthony Samuelson, berhasil mendapatkan nobel karena jasanya dibidang ekonomi atas teori yang telah disusunnya yaitu teori ekonomi statis dan dinamis. Tokoh ekonomi yang berasal dari Gary, Indiana ini mengemukakan pengertian ekonomi yang dijadikan teori-teori di perguruan tinggi. Menurut Paul Anthony Samuelkon, ekonomi adalah suatu metode yang digunakan oleh seseorang maupun kelompok untuk memanfaatkan sumber agar memperoleh berbagai komoditi dan produk sehingga dapat dinikmati masyarakat.

5. Pengertian Ekonomi menurut Aristoteles

Aristoteles merupakan tokoh yang sangat terkenal berkat jasanya dalam berbagai macam bidang seperti filsafat, hukum, sains, maupun ekonomi. Pada zamannya, Aristoteles mengemukakan sebuah teori ekonomi yang terkenal. Menurut Aristoteles, ekonomi adalah sebuah cabang yang dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda yaitu dengan dipakai atau ditukar. Oleh karena itu, ekonomi mempunyai dua nilai utama yaitu nilai penggunaan dan nilai pertukaran.

6. Pengertian Ekonomi menurut Von Neumann dan Mogenstern

Von Neumann dan Mogenstern merupakan tokoh yang tekenal berkat jasanya dalam bidang ekonomi. Von Neumann dan Mogenstern mengemukakan teori besarnya tentang ekonomi. Menurut keduanya, ekonomi merupakan cabang ilmu yang wajib diperlakukan atau digunakan secara ilmiah. Ekonomi telah banyak dibahas dan diselidiki oleh para ahli terutama tentang solusi-solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi yang terjadi pada suatu masa yang berhubungan dengan ekonomi itu sendiri.

7. Pengertian Ekonomi menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad merupakan tokoh terkenal yang lahir pada tahun 1932. Beliau adalah seorang ekonom yang juga seorang penulis dan aktivis islam. Khursid Ahmad berjasa dalam pengembangan Yurisprudensi Ekonomi Islam sebagai sebuah disiplin di bidang akademis. Menurut Khursid Ahmad, ekonomi adalah sebuah usaha nyata yang memahami permasalahan di bidang perekonomian dan semua perilaku manusia dalam masalah tersebut berdasarkan pandangan islam. Dengan cara ini masalah-masalah tersebut menjadi lebih tersistematis.

8. Pengertian Ekonomi menurut Laurence A. Manullang

Laurence A. Manullang merupakan seorang ekonom yang berasal dari Porsea, Sumatera Utara. Beliau adalah doktor ekonomi di bidang manajemen akutansi dan seorang pakar brilian dalam keuangan dunia. Menurut Laurence A. Manullang, ekonomi adalah studi yang membahas segala aktivitas yang dilakukan masyarakat sebagai usaha untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran inilah yang merupakan tujuan dari kegiatan ekonomi dengan cara pemenuhan kebutuhan dalam bentu barang maupun jasa.

9. Pengertian Ekonomi menurut Alfred Marshall

Alfred Mashall adalah seorang ahli ekonomi berkebangsaan Inggris. Ia adalah seorang profesor di bidang ekonomi politik pada tahun 1868. Alfred Marshall telah menulis beberapa traktat mengenai perdagangan internasional dan masalah proteksionisme. Menurut Alfred Marshall, ekonomi adalah suatu cabang keilmuan yang berfungsi untuk mempelajari segala kehidupan manusia sehari-hari yang berhubungan dengan bidang tersebut.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.