Peluang Usaha Ternak

Peluang usaha ternak merupakan salah satu jenis usaha yang saat ini menjanjikan serta tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan makanan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia. Seperti daging serta susu adalah salah satu bahan makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan selalu dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja, karena ditunjukkan sebagai hiburan misalnya ternak burung saat ini juga semakin ramai. Terdapat beragam jenis peluang usaha peternakan yang dapat Anda lakukan dengan modal dan minat yang Anda miliki.

Jenis Peluang Usaha Ternak

1. Usaha Ternak Bebek Petelur

Jenis usaha ternak satu ini bukan hanya memanfaatkan dagingnya saja. Ternyata telur bebek juga merupakan hasil ternak yang cukup laris dan banyak dicari dibandingkan telur ayam. Hal ini tentu menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Manakala Anda tertarik dengan usaha ini terdapat beberapa jenis bebek yang bisa Anda ternakkan menjadi bebek petelur. Akan tetapi, sebelum memulai usaha ternak bebek petelur ini sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu segala usaha yang akan Anda bangun. Hal ini akan mempengaruhi kebutuhan modal Anda nantinya.

2. Usaha Ternak Bebek Pedaging

Selain bebek petelur, ternyata daging bebek juga berpotensi dijadikan sebagai peluang usaha ternak. Saat ini banyak rumah makan membutuhkan daging bebek ,semakin baik dikonsumsi sehingga tidak heran banyak ditemukan beragam tempat makan yang menjual daging bebek goreng sebagai menu utamanya.

Sesuai dengan hasil riset, ternyata produksi bebek pedaging masih jauh dibandingkan tingkat konsumsi bebek. Sehingga, membuat usaha bebek merupakan salah satu jenis usaha ternak yang paling menjanjikan. Terdapat beberapa jenis bebek yang bisa Anda gunakan sebagai usaha ternak.

3. Usaha Ternak Sapi

Salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba di bidang peternakan serta mengeruk keuntungan besar dengan membuka peluang usaha ternak sapi. Dari hari ke hari, permintaan daging sapi di Indonesia semakin meningkat sehingga belum mampu mencukupi kebutuhan daging secara nasional.

Kenyataan ini menimbulkan harga daging sapi yang ada di Indonesia terbilang cukup mahal, jika dibandingkan dengan harga daging sapi di negara tetangga di Asia Tenggara. Menyikapi hal tersebut, maka untuk memenuhi kebutuhan terkait dengan daging sapi, pemerintah beserta menteri pangan melakukan beragam upaya dan cara.

Pemerintah menggalakkan beragam usaha ternak sapi baik di tingkat desa hingga perkotaan. Melihat hal ini, tentu peluang sangat besar untuk Anda semua yang ingin mencoba usaha ternak sapi. Anda juga bisa melakukan beragam kegiatan serta pelatihan bahkan pemberian modal usaha gratis dari pemerintah. Hal ini tentu bisa meningkatkan usaha Anda kedepannya nanti.

4. Ternak Kambing

Usaha ternak lainnya yang bisa Anda coba dan menguntungkan dalam waktu singkat yaitu beternak kambing. Melakukan usaha ternak kambing, ternyata mudah dilakukan di beragam desa yang ada di Indonesia. Banyak penduduk Indonesia yang berada di pedesaan menjalankan usaha ternak kambing sebagai salah satu bisnis utama ataupun bisnis sampingan.

Meskipun hanya sebagai usaha sampingan, akan tetapi ternyata keuntungannya didapatkan cukup besar. Hal ini dikarenakan faktor harga jual kambing yang semakin hari semakin meningkat. Ditambah ketika menjelang hari raya Lebaran Idul Adha maka harga kambing dapat mencapai 2 kali lipat. Hal ini tentu akan menghasilkan keuntungan besar bagi para peternak kambing.

Kambing termasuk dalam jenis hewan golongan herbivora atau pemakan tumbuhan. Dengan demikian, maka cara Anda bisa mencoba sistem kandang ataupun menggembala langsung di alam bebas. Banyak yang membuka usaha ternak kambing serta dikombinasikan dengan usaha ternak sapi. Maka hasilnya sangat menguntungkan.

5. Usaha Ternak Burung

Terdapat beragam jenis burung yang bisa Anda jadikan usaha. Akhir-akhir ini burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer untuk diternakkan. Bisnis peternakan ini juga mudah dijalankan. Selain itu, permintaan masyarakat khususnya pencinta burung menyebabkan permintaan burung yang sangat tinggi.

Hal itu tentu diiringi dengan penjualan pakan burungnya. Akan tetapi, langkah awal ketika hendak memulai ternak burung. Kita harus laten atau teliti dalam merawatnya. Hal ini dikarenakan burung ini sangat rentan mati jika tidak diberi perawatan yang baik. Untuk itu, jika Anda sudah memutuskan untuk beternak burung maka pastikan untuk selalu memberi makan secara teratur dengan makanan yang bergizi serta disukai oleh burung.

6. Usaha Ternak Burung Walet

Usaha ternak burung ini merupakan salah satu jenis usaha ternak dengan peluang yang cukup besar serta menghasilkan keuntungan yang besar. Banyak cerita orang yang sukses dan menjadi jutawan karena memelihara sarang burung walet. Terlebi pasar ekspor juga masih terbuka lebar, terutama dari negeri China.

Saat ini harga jual sarang burung walet sangatlah tinggi. Anda juga bisa menjalankan bisnis ternak burung walet ini sebagai bisnis sampingan. Terkait dengan rincian modal usaha awal yaitu di antaranya ada membutuhkan gedung kosong sebagai tempat untuk menjalankan peternakan.

Selain itu, dibutuhkan juga peralatan suara pemanggil burung serta bahan lainnya. Usaha ternak burung walet ini memang memerlukan modal yang besar akan tetapi keuntungan yang akan Anda dapatkan juga sangat besar.

7. Usaha Ternak Belut

Usaha ternak ini nyata cukup menjanjikan. Di tempat tinggal saya, terdapat orang yang menggeluti usaha beternak belut, dan ternyata hasilnya sangat memuaskan. Peluang bisnis satu ini ternyata mudah dijalankan dan modalnya kecil. Cara beternak belut dapat dilakukan pada lahan yang sempit dan terbatas, hanya dengan manfaatkan drum.

8. Usaha Ternak Burung Puyuh

Ternak puyuh ini merupakan salah satu jenis usaha yang juga cukup menjanjikan. Cara ternak burung puyuh ini bisa dijalankan sebagai sampingan dan keuntungannya lumayan besar terutama dari penjualan telurnya.

Saat ini permintaan akan telur puyuh sangatlah tinggi. 1 kg telur puyuh dijual dengan harga Rp25.000. Anda bisa mencoba menjual telur puyuh langsung ke masyarakat atau menitipkan pada sejumlah warung dan toko.

9. Usaha Ternak Lele

Peternakan ikan merupakan salah satu bisnis yang juga terbilang cukup menjanjikan. Lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak sekali dikonsumsi. Permintaan akan ikan satu ini sangatlah tinggi. Maka dari itu tidak heran jika banyak restoran serta rumah makan yang memiliki permintaan hewan ini sebagai salah satu menu kulinernya. Untuk itu, bagi anda semua yang sedang memiliki modal yang terbatas maka peternak lele bisa menjadi pilihan.

10. Usaha Ternak Lebah Madu

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali khasiat untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Madu memiliki banyak sekali kandungan gizi. Kebutuhan akan madu semakin meningkat, sehingga menjadikan permintaan akan madu juga ikut meningkat. Untuk itu, maka mencoba peluang usaha ternak madu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat Anda lakukan.

11. Usaha Ternak Udang

Perlu Anda ketahui bersama jika bisnis peternakan udang ini juga menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat untuk Anda. Hal ini dikarenakan pangsa pasar dari bisnis udang ini cukup luas bahkan dari nasional hingga ekspor. Terdapat banyak sekali pengusaha ternak udang yang kaya serta sukses. Anda juga bisa mencoba peluang usaha menjanjikan satu ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.