Pengertian Herbivora : Hewan Herbivora, Ciri Ciri Dan Contoh Gambar

Pengertian Ciri Ciri dan Contoh Hewan Herbivora – Jika kita berbicara mengenai hewan dilihat dari jenis makanannya, akan ada 4 jenis hewan di bumi ini berdasarkan makanannya yaitu Herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora. Ke empat hewan tersebut mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tapi kebanyakan orang lupa tentang hal ini dan saya kali ini akan mencoba membahas kembali mengenai apa itu hewan herbivora, ciri ciri dan contohnya.

Baiklah langsung saja saya memulai materi nya semoga kita bisa mengingat kembali pelajaran SD ini kembali dan bisa lebih paham lagi mengenai hewan herbivora.

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora merupakan salah satu penggolongan hewan menurut jenis makanannya. Nah, sekarang pengertian hewan herbivora adalah semua hewan yang makanan utamanya adalah tumbuh tumbuhan dan tidak makan daging. Maka selain hewan yang memakan tumbuh tumbuhan tidak dapat dikatakan sebagai hewan herbivora.

Pada umumnya, hewan hewan yang termasuk kedalam golongan herbivora banyak hidup di tempat tempat seperti padang rumput, hutan dan juga persawahan. Selain itu, hewan herbivora juga hidup dengan cara berkelompok dengan sesama jenisnya, sebagian juga berkeluarga seperti gajah dengan anak anaknya.

Karena hewan herbivora merupakan hewan yang sebagian besar jinak, maka hewan herbivora ini kebanyakan menjadi mangsa oleh hewan karnivora. Selain itu, hewan herbivora juga biasa dijadikan hewan buruan oleh manusia karena dagingnya yang enak dan dan baik dikonsumsi oleh manusia.

Kebanyakan hewan herbivora dijadikan hewan ternak oleh manusia karena memang mudah dalam memberikan makan, hanya rumput atau daun daun muda. Selain tidak berbahaya pada manusia, hewan herbivora ini memiliki manfaat sangat banyak bagi perekonomian manusia.

Ciri Ciri Hewan Herbivora dan Penjelasannya

Kita memang sudah tahu apa itu hewan herbivora, tapi masih banyak juga dari teman teman kita yang masih belum paham mengenai ciri cirinya. Meski sudah tahu hewan herbivora itu apa saja, tapi tidak semua jenis hewan herbivora kamu akan tahu karena di Indonesia sendiri ada banyak jenis hewan dan kamu harus tahu ciri ciri dari hewan herbivora.

Berikut adalah ciri ciri hewan herbivora :

  1. Makanan utama hewan ini adalah rumput ataupun tumbuh tumbuhan seperti sayuran pun mereka mau memakannya.
  2. Berkembang biak secara vivipar atau beranak.
  3. Termasuk kedalam mamalia atau hewan menyusui
  4. Sebagian besar hewan herbivora hidup di darat
  5. Termasuk kedalam golongan hewan yang berdarah panas.
  6. Memiliki gigi geraham yang lebar
  7. Sebagian besar hewan herbivora memiliki 4 kaki.
  8. Termasuk hewan yang memiliki tulang belakang.
  9. Memiliki banyak manfaat bagi manusi.
  10. Kebanyakan adalah mangsa bagi hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora beserta gambar

Setelah mengetahui pengertian dan ciri ciri hewan herbivora saatnya saya akan memberitahukan beberapa contoh hewan yang termasuk kedalam hewan herbivora.

1. Sapi

Gambar SapiPada mulanya, sapi adalah hewan ternak yang berasal dari suku bovidae dan anak suku bovinae. Setelah itu, menyebar luas kedaerah daerah seluruh dunia hingga sampai ke Indonesia. Hewan ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah daging yang banyak, susu, kulit dan bahkan kotorannya bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang.

2. Kuda

Gambar KudaKuda merupakan salah satu dari sepuluh mamalia modern yang berasal dari genus equua. Hewan ini adalah hewan yang berperan penting dalam pengangkutan barang barang. Bahkan hewan juga menjadi salah satu hewan yang digunakan untuk perang dari jaman Nabi.

Karena hewan ini memiliki banyak manfaat bagi manusia, akhirnya kuda di jadikan hewan untuk diternak. Susu kuda pun juga bisa di jadikan minuman yang berkhasiat dan menyehatkan.

3. Kambing

Gambar KambingKambing merupakan hewan herbivora yang memiliki ukuran tubuh sedang. Binatang yang satu ini memiliki manfaat bagi manusia seperti sapi. Tapi, daging kambing masih tergolong sedikit. Susu kambing pun juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman yang berkhasiat.

4. Gajah

Gambar GajahDiantara ketiga hewan diatas, mungkin gajah menjadi hewan herbivora yang sedikit berbahaya ketika dirinya merasa terancam. Jadi, hewan ini biasanya ditemui di kebun binatang saja dan jarang di ternak oleh perseorangan. Gajah memiliki ukuran badan yang rata rata besar semua dan bisa mencapai tinggi sekitar 4 meter dengan berat sekitar 7 ton.

Makanan utama gajah adalah rumput dan juga daun daun muda di pepohonan. Disamping itu, gajah liar banyak di buru untuk di ambil gadingnya dan menjadi mangsa oleh hewan hewan karnivora.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.