Ulat - Larva Kupu Kupu
Ulat - Larva Kupu Kupu

Kembali lagi di Jagad.id. Kemarin kita telah menjelaskan mengenai definisi zigot dan embrio secara ringkas, serta beberapa jenis pembagian embrio secara ilmiah. Dan pada kesempatan kali ini, kita kembali membahas mengenai beberapa istilah penting didalam cabang ilmu pengetahuan, khususnya biologi.

Pembahasan kita kali ini akan dibagi menjadi 3 tema utama, yaitu: pengertian larva, Pengertian nimfa dan pengertian imago. Untuk meringkas waktu kita yang berharga, mari langsung saja kita nikmati ilmu pengetahuan dibawah ini.

Pengertian Larva

Ada banyak bentuk definisi yang mengartikan larva dalam cabang ilmu biologi, namun yang paling tepat larva adalah tahap pertama atau fase anak seekor hewan pada saat baru menetas sebelum menginjak / memasuki fase berikutnya yang terjadi pada proses metamorfosis sempurna. Penampilan larva pada umumnya sangat berbeda dari bentuk dewasa saat metamorfosis sempurna telah terjadi.

Hewan yang berada pada tahap larva akan mengkonsumsi sumber makanan untuk memicu transisi metamorfosis kedalam bentuk dewasa sempurna. Dalam beberapa spesies hewan seperti teritip, saat mencapai tahap dewasanya tidak bergerak aktif. Contoh lainnya seperti bayi kupu kupu, yaitu ulat yang nampak rakus memakan beberapa jenis tanaman dan menjadi hama bagi para petani. Biasanya hewan pada saat tahap larva mereka justru bergerak dengan sangat aktif untuk bisa banyak mengkonsumsi makanan sehingga cepat bertumbuh kembang.

Dalam beberapa spesies larva hidup secara akuatik (tinggal di air) sedangkan spesies dewasanya tinggal di daratan contohnya dapat dilihat seperti Nyamuk dan Capung. Dalam sebuah kondisi, seekor larva bergerak bertujuan untuk meningkatkan distribusi geografis spesies. Dimana aktifitas ini juga sangat baik untuk perkembangan struktur alat geraknya saat mencapai tahap dewasa. Periode waktu dalam siklus hidup yang dilalui seekor larva sangat bervariasi di antara banyaknya spesies. Beberapa diantaranya memiliki periode waktu yang cukup panjang, baik saat pertama menetas, bermetamorfosis hingga menjadi dewasa, atau keduanya. Beberapa organisme memiliki fase atau periode larva dengan rentan waktu yang sangat singkat.

Tahap / Bentuk larva pada umumnya terbagi dalam beberapa bentuk. Banyak invertebrata (seperti: Cnidaria) memiliki larva bersilia sederhana yang disebut planula. Flukes memiliki beberapa tahap larva, dan annelida, moluska, dan krustasea juga memiliki berbagai bentuk larva. Bentuk larva dari golongan serangga disebut dengan ulat, belatung, dan nimfa. Spesies / golongan hewan yang berasal dari echinodermata (seperti: Bintang laut) juga memiliki bentuk larva. Adapun, larva katak disebut dengan berudu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.