Zigot Adalah - Pengertian dan Jenis

Kembali lagi dengan kita di Jagad.id. Sebelumnya kita telah menyampaikan penjelasan seputar pengertian daur hidup baik itu dalam tinjauan bahasa maupun definisi secara ilmiah. Pada kesempatan kali ini, kita masih membahas seputar pengetahuan terkait dengan ilmu biologi. Judul kita kali ini adalah mengenal lebih jauh apa itu zigot dan embrio. Tapi sebelum itu, kami ingin mengingatkan kembali, jangan lupa update terus informasi dan wawasan anda hanya di Jagad.id, karena kami akan menghadirkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya, dan tentunya special buat para pembaca sekalian.

Baiklah, untuk menghembat waktu kita, mari langsung saja di simak uraian kita mengenai apa itu zigot dan embrio.  

Definisi Zigot

Zigot adalah sel telur yang dibuahi; yang dihasilkan dari penyatuan gamet betina (ovum) dengan gamet jantan (sperma). Zigot mewakili tahap pertama dalam pengembangan organisme unik secara genetis. Zigot diberkahi dengan gen dari kedua orang tua, serta membawa dua set kromosom. Zigot mengandung semua unsur penting untuk perkembangan janin, namun keberadaan mereka hanyalah sebagai perangkat instruksi yang dikodekan dan terlokalisasi dalam gen kromosom.

Perlu diketahui juga, Genom zigot adalah kombinasi DNA dalam setiap gamet, dan berisi semua informasi genetik yang diperlukan untuk membentuk sebuah individu baru. Pada organisme multiseluler, zigot adalah tahap perkembangan paling awal. Pada organisme bersel tunggal, zigot dapat membelah secara aseksual dengan mitosis, untuk menghasilkan keturunan yang identik.

Keberadaan Zigot Pada Jamur

Pada organisme jamur, fusi seksual sel haploid disebut karyogami. Hasil karyogami ini merupakan pembentukan sel diploid yang disebut dengan zigot  atau zigospor. Sel inilah yang kemudian dapat memasuki meiosis atau mitosis tergantung pada siklus hidup spesiesnya.

Keberadaan  Zigot Pada Tanaman

Pada organisme tanaman, zigot dapat berupa poliploid jika pembuahan terjadi di antara gamet yang tidak tereduksi secara meiotik. Namun, pada tanaman darat, zigot terbentuk di dalam ruang yang disebut archegonium. Pada tanaman tanpa biji, archegonium biasanya berbentuk seperti labu, dengan leher berlubang panjang tempat sel sperma masuk. Saat zigot membelah dan tumbuh, zigot akan tumbuh di dalam archegonium.

Keberadaan Zigot Pada Manusia

Pada manusia, sel telur yang dilepaskan dan sel sperma haploid (gamet jantan) merupakan sebuah kombinasi untuk membentuk sel diploid 2n tunggal yang disebut dengan zigot. Saat sel sperma tunggal memasuki oosit (oogenesis di ovarium), ia menyelesaikan pembagian meiosis kedua membentuk sel telur wanita haploid dengan hanya 23 kromosom, hampir semua sitoplasma, dan sperma dalam pronukleusnya sendiri. Produksi lain dari meiosis adalah tubuh kutub kedua hanya dengan kromosom, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mereplikasi atau bertahan hidup.

Pada sel telur wanita yang dibuahi, DNA akan direplikasi dalam dua pronukleus terpisah yang berasal dari sperma dan sel telur, dimana hal inilah yang membuat nomor kromosom zigot sementara diploid 4n. Setelah sekitar 30 jam dari waktu pembuahan, fusi pronuklei dan pembelahan mitosis akan langsung menghasilkan dua sel anak diploid 2n yang disebut blastomer. Zigot manusia telah dikoreksi secara genetik dalam percobaan, yang dirancang untuk menyembuhkan penyakit yang diturunkan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.