Pengertian Biologi Sejarah, Konsep dan Manfaat Ilmu biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup beserta dengan struktur dan fungsinya. Selain itu biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel, genetika, alam, patologi penyakit, siklus pertumbuhan makhluk hidup, ketergantungan antar makhluk hidup, dan masih banyak lagi. Ibarat pohon, biologi mempunyai banyak sekali cabang, dari satu cabang masih menghasilkan cabang-cabang kecil begitu seterusnya. Setiap cabang ilmu mempunyai penjelasan tersendiri secara terperinci dan mendalam.

Penjelasan Lengkap Biologi :

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

1. Deswaty Furqonita menyatakan biologi yaitu ilmu yang mempelajari serta mengkaji mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupannya.

2. Fiktor Ferdinand P menyatakan biologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

3. Orman Karmana menyatakan Biologi yaitu ilmu yang menunjang ilmu lainnya dalam memecahkan permasalahan.

4. Maniam menyatakan Biologi yaitu ilmu yang mempunyai banyak cakupan sehingga untuk memudahkan memahaminnya dibagi ke dalam cabang ilmu.

5. Biomed menyatakan Biologi yaitu ilmu yang mempelajari serta mengkaji atau meneliti segala sesuatu mengenai makhluk hidup.

6. Campbell, Reece, Mitchell Biologi yaitu ilmu yang paling sulit dari semua bidang sains, sebagian karena sistem mahluk hidup sangat komplek dan sebagian karena biologi adalah ilmu multidisiplin yang membutuhkan pengetahuan Kimia, Fisika, dan Matematika

7. Karl Pearson menyatakan biologi yaitu keterangan yang stabil & komprehensif mengenai suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

8. Ashely Montagu menyatakan biologi yaitu ilmu yang mempelajari suatu sistem yang dimulai dari pengamatan dan perlakuan untuk menetapkan prinsip suatu pengkajian.

9. John G. Kemeny. Biologi yaitu semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut

Sejarah Biologi Secara Singkat

Biologi secara istilah berasal dari Kata bahasa yunani yaitu β€˜β€™bios’’ yang berarti kehidupan dan β€˜β€™logia’’ yang mempunyai arti ilmu. Kata biologi digunakan pertama kali oleh Linnaeus dalam karyanya yang berjudul Bibliotheca botanica. Ilmu biologi sudah dikenal sejak zaman dahulu seperti filsafat alam yang ditemui di zaman peradaban india, mesir, tiongkok dan mesopotamia.

Salah satu tokoh yang berjasa dalam pengembangan ilmu biologi adalah Aristoteles. Salah satu karyannya adalah Historia Animalum yang menunjukkan tentang penelitian alam, keanekaragaman hayati, dan sebab akibat secara biologis. Kemudian pada abad pertengahan diteruskan oleh Theophrastus yang menulis buku-buku botani yang berpengaruh.

Selain itu, ada beberapa tokoh islam yang juga mengembangkan ilmu biologi seperti al-Jahiz, ad-Dinawari yang menulis ilmu botani, dan ar-Razi yang menulis ilmu anatomi juga fisiologi. Β Perkembangan biologi lebih detail dimulai setelah Antony van Leeuwenhoek menemukan spermatozoa, infusoria, bakteri, dan berbagai macam kehidupan mikroskopik melalui mikroskopnya. Kemajuan bidang mikroskopik juga mempengaruhi perkembangan biologi. Para ahli biologi mulai mempelajari tentang konsep sel yakni satuan dasar organisme adalah sel yang memiliki karakteristik kehidupan.

Mengenal Konsep Biologi

Konsep dasar biologi berkaitan dengan struktur dan fungsi pada makhluk hidup. Struktur ini dimulai dari sel sebagai struktur fungsional terkecil makhluk hidup, kemudian dari kumpulan sel-sel akan membentuk jaringan. Kumpulan dari beberapa jaringan membentuk organ dan kumpulan dari organ membentuk sistem organ seperti sistem pernafasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan, laring, paru paru, sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus, sistem kardiovaskuler yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah.

Dari sistem organ tersebut membentuk individu, kemudian kumpulan beberapa individu disebut komunitas seperti komunitas air tawar terdiri dari komunitas ikan, komunitas ganggang, teratai dan katak. Kumpulan berbagai komunitas yang menempati wilayah tertentu dan saling berinteraksi dengan yang lainnya disebut sebagai ekosistem seperti ekosisten ari tawar dipengaruhi udara, suhu, kelembaban dan cahaya matahari. Sedangkan kumpulan ekosistem yang sangat besar membentuk ekosistem yang lebih besar yang disebut biosfer.

Contoh Manfaat Ilmu Biologi

1. Dalam bidang kedokteran, biologi berfungsi sebagai teknologi untuk transplantasi organ, program bayi tabung, penanganan penyakit seperti AIDS, kanker, dan

2. Dalam bidang kesehatan, biologi berperan dalam bidang histologi, anatomi, fisiologis, patologi. Ditemukannya antibiotik penicillin merupakan hasil dari ilmu biologi.

3. Dalam bidang farmasi, biologi mendukung ditemukannya obat-obatan yang digunakan manusia. Ahli biologi juga akan memahami reaksi tubuh terhadap bahan kimiawi yang terkandung dalam obat.

4. Berperan dalam bidang industri, contoh biologi berguna untuk fermentasi industri seperti roti, tempe, kecap, nata de coco dan yogurt.

5. Berperan dalam pengembangan bioteknologi seperti kloning, kultur jaringan, rekayasa genetik.

6. Berperan dalam pengembangan energi seperti biogas yang terbuat dari kotoran sapi yang bisa dijadikan gas untuk memasak. Minyak jarak sebagai bahan bakar untuk otomotif.

7. Berperan di bidang kemajuan nuklir seperti membantu diagnosa dengan bentuk radiasi sebagai penyinaran pada kemoterapi, radioterapi, serta sterilisasi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.