Pengertian Ekosistem Adalah Arti, Komponen, Jenis, Contoh Dan Ketergantungan

Secara umum definisi atau pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Dengan kata lain ekosistem ini merupakan suau kesatuan yang utuh dari lingkungan dan makhluk hidup yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Pada suatu ekosistem, setiap makhluk hidup dalam komunitas akan berkembang bersama dengan lingkungannya. Maksudnya yaitu makhluk hidup akan beradaptasi dengan lingkungannya, dan sebaliknya makhluk hidup akan mempengaruhi lingkungannya untuk kebutuhan hidup.

A. Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

1. A.G. Tansley

Ekosistem merupakan suatu unit ekologi yang dalam sistemnya terdapat sebuah struktur-struktur dan fungsinya masing-masing dan dapat mempengaruhi suatu hubungan timbal balik di antaranya.

2. Odum

Ekosistem merupakan suatu unit fungsional dasar ekologi, yang didalamnya terdapat sebuah makhluk hidup (Hewan, tumbuhan dan manusia) dan lingkungannya (lingkungan biotik dan abiotik) dimana diantara keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.

3. Soemarwoto

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

4. Undang-undang Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup yaitu suatu tatanan hidup yang menjadi satu yang utuh dan menyeluruh antara semua unsur lingkungan hidup dan saling mempengaruhi.

B. Komponen Ekosistem

1. Komponen biotik

a. Produsen

Produsen merupakan makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Seperti tumbuhan hijau dan tumbuhan lain yang mengandung klorofil.

b. Konsumen (heterotrof)

Konsumen ialah makhluk hidup yang memakan berbagai bahan organik yang dihasilkan oleh organisme lainnya. Konsumen ini disebut juga dengan konsumen makro karena mengkonsumsi makanan yang berukuran kecil. Misalnya hewan, jamur dan mikroba.

c. Pengurai (dekomposer)

Pengurai merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai bahan organik yang berasal dari organisme lain atau makhluk hidup yang bisa menghancurkan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa-sisa organisme yang sudah mati.

2. Komponen abiotik

a. Air

Air merupakan komponen kimia yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bertahan hidup.

b. Garam

Kadar garam (salinitas) dalam air juga merupakan komponen kimia yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar organisme khusunya yang hidup di kawasan estuari dan laut, untuk proses osmoregulasi sehingga bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

c. Tanah dan batu

Salah satu komponen fisik yang digunakan oleh organisme sebagai tempat tinggal dan berkembang biak.

d. Iklim

Kondisis cuaca pada suatu daerah dalam kurun waktu yang cuku lama.

e. Suhu

Perubahan suhu dapat mempengaruhi proses biologi dalam tubuh. Misalnya mamalia dan unggas membutuhkan energi untuk dapat meregulasi temperatur tubuhnya.

f. Cahaya matahari

Kualitas dari cahaya matahari dapat mempengaruhi proses fotosintesis dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi dapat meningkatkan suhu.

C. Macam Jenis Ekosistem

1. Ekosistem Alami

Ekosistem alami merupakan hubungan timbal balik yang terjadi pada suatu kawasan dan suatu kejadian tertentu tanpa adanya campur tangan manusia.

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan merupakan sebuah hubungan timbal balik yang juga terjadi pada suatu wilayah dan kejadian tertentu yang mana didalamnya terdapat campur tangan manusia untuk memenuhi hasrat dan kebutuhannya.

D. Contoh-contoh Ekosistem

1. Ekosistem darat (teresrial)

  • Gurun
  • Hutan gugur
  • Taiga
  • Hutan hujan tropis
  • Padang rumput
  • Kars (gua/batu gamping)
  • Sabana

2.Ekosistem air (akuatik)

  • Ekosistem air laut
  • Ekosistem air tawar
  • Ekosistem lamun
  • Ekosistem estuary (muara)
  • Ekosistem terumbu karang

3. Ekosistem buatan

  • Perkebunan kelapa, cengkeh dan lain-lain
  • Hutan tanaman produksi seperti jati dan pinus
  • Sawah irigasi
  • Sawah tadah hujan
  • Bendungan
  • Taman hutan raya
  • Suaka marga satwa
  • waduk

E. Ketergantungan yang Terjadi dalam Ekosistem

Ketergantungan dalam ekosistem dapat terjadi antar komponen biotik atau antara komponen biotik dan abiotik. Berikut uraiannya:

1. Ketergantungan antar komponen biotik

Ketergantungan antar komponen biotik ini dapat terjadi melalui:

a. Rantai makanan

Rantai makanan merupakan perpindahan materi dan energi melalui proses memakan dan dimakan oleh urutan tertentu, tingkat dari rantai makanan ini disebut dengan tingkat trofi, karena organisme pertama mampu menghasilkan zat makanan nabati dan tingkat ini selalu diduduki oleh tanaman hijau sebagai produsen.

b. Jaring makanan

Merupakan rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain hingga membentuk suatu jaringan. Jaring makanan ini terjadi karena setiap spesies hidup tak hanya makanan satu jenis makhluk hidup lainnya.

2. Ketergantungan antar komponen biotik dan abiotic

Ketergantungan ini dapat terjadi melalui siklus materi, seperti:





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.