Pengertian Daratan

Permukaan bumi adalah hal yang sangat menarik untuk dipelajari atau dikaji dengan lebih dalam lagi. Ada banyak bentuk permukaan bumi, yang juga menjadi tempat kita tinggal sekarang. Di permukaan bumi inilah seluruh makhluk hidup dari mulai manusia, tumbuh-tumbuhan dan juga hewan hidup dan bernaung di sini.

Seluruh makhluk hidup ini tinggal di permukaan bumi, atau sering juga disebut dengan kerak bumi. Di permukaan bumi ini juga, setiap orang dapat hidup dengan lebih leluasa. Ada yang hidup di daratan, pulau, dan masih banyak lagi. Seperti misalnya kita sebagai manusia, tinggal dan hidup di daratan tepatnya di atas tanah.

Pengertian Daratan

Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan daratan? Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang secara tetap atau secara permanen, tidak ditutupi dengan air laut. Daratan juga bisa disebut dengan tempat hidup atau habitat, yang digunakan atau ditempati oleh sebagian besar makhluk hidup salah satunya yaitu manusia.

Daratan juga digunakan sebagai batas geografis dari suatu wilayah tertentu. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa, bumi itu bulat dan bentuknya menyerupai lingkaran. Tetapi bumi memiliki permukaan yang tidak rata. Perbedaan ketinggian dari permukaan bumi, terjadi karena adanya pengaruh dari suatu tenaga endogen.

Yang dimaksud dengan tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sedangkan eksogen adalah suatu tenaga yang asalnya dari luar bumi. Pengaruh dari kedua hal tersebut adalah, terciptanya beberapa jenis daratan. Di dalam wilayah daratan terdapat fungsi dan kegunaan dari daratan itu sendiri.

Yaitu suatu penghubung antar daerah dari setiap daratan yang berhubungan. Daratan diklasifikasikan menjadi beberapa hal berikut, di antaranya yaitu :

1. Dataran Tinggi (Plato)

Yang dimaksud dengan dataran tinggi ialah salah satu jenis daratan yang terdapat pada permukaan bumi, yang jumlah ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 500 m dari permukaan laut. Pada awalnya dataran tinggi ini terjadi karena adanya proses erosi dan juga sedimentasi.

Pengertian dari erosi itu sendiri adalah, peristiwa pengikisan padatan yang diakibatkan melalui media transportasi angin, air, es, hujan, dan pengaruh gravitasi atau akibat dari adanya makhluk hidup. Sedangkan yang dimaksud dengan sedimentasi adalah, proses pengendapan dari suatu material yang ditransportasikan oleh media angin, air, es, atau gletser di suatu cekungan. Tak heran jika dataran tinggi ini memiliki hawa dan suhu yang sejuk, dan juga memiliki jenis tanah yang subur.

2. Dataran Rendah

Dataran rendah adalah jenis permukaan bumi lainnya, yang berupa hamparan luas tanah dengan jumlah ketinggian hanya 20 m dari atas permukaan laut. Istilah ini dapat diterapkan di kawasan manapun, yang tidak termasuk ke dalam wilayah dataran tinggi. Suhu udara yang terdapat pada kawasan dataran rendah biasanya, 23 derajat celsius sampai 28 derajat celsius.

Suhu pada kawasan dataran rendah memang tidak terlalu dingin, bahkan di waktu-waktu tertentu cenderung panas. Jika dilihat dari segi ekonomi, biasanya kondisi ekonomi masyarakat di dataran tinggi pada umumnya lebih makmur. Jika dibandingkan dengan kondisi ekonomi masyarakat di dataran tinggi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.