Pengertian Perairan

Perairan adalah suatu kumpulan masa air, yang terdapat pada suatu wilayah tertentu. Baik yang sifatnya dinamis atau bergerak dan mengalir, atau pun yang sifatnya seperti laut dan sungai atau pun statis. Atau dalam kata lainnya adalah tergenang seperti danau. Ada banyak jenis perairan yang terdapat di Indonesia, di antaranya yaitu perairan payau, tawar, dan juga asin atau air laut.

Negara Indonesia ternyata tidak hanya berupa negara kepulauan saja, tetapi Indonesia juga termasuk ke dalam wilayah negara perairan. Yang sebagaimana tertera di dalam undang-undang, bahwa negara Indonesia ditetapkan sebagai wilayah perairan Negara Indonesia.

Air sangat berperan penting dalam kelangsungan mahluk hidup. Manusia, Hewan dan Tumbuhan memerlukan air yang bersih dalam kata lain tidak tercemari untuk bisa bertahan hidup dengan baik. Banyak jenis permukaan air yang terdapat di planet bumi ini. Air selalu terbarui melalui siklus hidrologi sehingga akan terus berputar siklusnya. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis perairan di muka bumi :

1. Sungai

Sungai merupakan salah satu jenis perairan yang airnya akan mengalir secara terus menerus, ke suatu arah yang lebih rendah. Sumber Air sungai ini berasal dari tanah, air hujan, dan air permukaan yang pada akhirnya bermuara ke laut atau suatu perairan yang terbuka luas. Sungai mati, kanal, perairan lebak dan saluran irigasi termasuk ke dalam kategori sungai.

2. Danau

Danau termasuk ke dalam jenis perairan, yang dimaksud dengan danau adalah suatu genangan air yang luas, dengan tinggi dan luas permukaan air yang berfluktuasi kecil. Namun kedalaman dangkalnya sangat dalam, punya atau tidak punya aliran sungai yang mengalir. Danau juga terbentuk dengan cara alami, dan terisoiasi dari laut. Situ dan telaga termasuk jenis danau. Dalam siklus air, air yang turun dari hujan kemudian akan tergenang dan mengalir ke sungai sungai kecil dan kemudian melalui danau, tidak jarang juga danau terbantuk melalui mata air alami.

3. Rawa

Rawa ialah suatu jenis perairan yang cukup luas, yang terdapat di suatu dataran rendah. Yang memiliki sumber air yang berasal dari air hujan, air laut, dengan atau tidak berhubungan dengan sungai secara langsung, kedalamannya relatif tidak dalam, di dasarnya terdapat lumpur dan tumbuhan yang membusuk. Rawa yang memiliki air dengan kandungan oksigen rendah maka hanya beberapa ikan tertentu yang dapat hidup diperairan ini.

Perairan yang cukup penting bagi semua mahluk hidup namun ironisnya di zaman modren saat ini mulai tercemari oleh limbah yang sumber utamanya disebabkan oleh manusia. Polusi air yang tidak segera diatasi dan dicegah akan berdampak buruk bagi kehidupan di masa mendatang. Walaupun air selalu terbarui secara alami tetapi masih banyak wilayah wilayah yang kekurangan air bersih hingga saat ini, bahakan hewan dan tumbuhan juga dapat terkena imbasnya karena pencemaran air yang dilakukan secara terus menerus.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.