Pengertian Lautan

Lautan adalah laut yang ukurannya sangat luas, yang merupakan himpunan dari air asin yang sifatnya sambung menyambung meliputi suatu permukaan bumi. Laut merupakan tempat hidup banyak mahluk yang berada di bumi. Eksositem yang terdapat dilaut disebut juga Eksositem bahari yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Diketahui Oksigen yang berada di bumi ini sekitar 70% berasal dari fitoplankton yang terdapat dilautan. Fitoplankton sendiri juga menjadi produsen dalam rantai makanan di laut. Lautan juga berperan dalam siklus karbon. Laut dibatasi oleh benua atau suatu kepulauan yang sangat besar. Ada 5 jenis lautan yang terdapat di bumi ini, di antaranya yaitu :

  1. Lautan artik
  2. Lautan atlantik
  3. Lautan hindi
  4. Lautan pasifik
  5. Lautan selatan

Lautan selatan terdiri dari beberapa jenis lautan di mana terdapat negara dan kebudayaan yang berasal dari sana. Lautan selatan ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu lautan atlantik, lautan hindi, dan lautan pasifik. Di mana batas paling selatanya adalah benua antartika. Pada awalnya lautan selatan adalah, pantai benua antartika yang memiliki batas lintang sampai 60 derajat.

Di Zaman modern ini, Dengan menggunakan berbagai peralatan khusus ombak di lautan dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik. Selain itu banyak peranan ombak yang sangat penting bagi planet bumi. Berikut ini adalah fungsi ombak yang jarang diketahui oleh banyak orang :

  1. Menstabilkan suhu iklim
  2. Meningkatkan keanekaragaman hayati
  3. Meningkatkan kekuatan dan kemampuan beradaptasi makhluk hidup di laut
  4. Membentuk pantai

Lautan meliputi 71% dari luas permukaan bumi, sehingga bumi kita ini sebenarnya didominasi oleh lautan. Lautan memiliki luas sekitar 361 juta kilometer persegi, dengan isi lautan sekitar 1370 juta kilometer padu, dan memiliki kedalaman rata-rata sekitar 3790 m. namun perhitungan tersebut tidak termasuk pada hitungan laut yang tidak termasuk ke dalam lautan, yaitu laut kaspia.

Pengertian lainnya dari lautan adalah, kumpulan air asin yang memiliki jumlah yang sangat banyak dan juga luas. Lautan akan menggenangi dan membagi beberapa daratan, yang kemudian terbagi menjadi benua dan pulau. Di dasar laut juga terdapat bukit laut, dan juga gunung laut. Sedangkan jurang yang sangat dalam disebut dengan palung laut.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.