Contoh Ekosistem Buatan Dan Alami

Bumi yang anda tempati ini tidak berbentuk rata sempurna, melainkan terdiri dari berbagai macam cekungan dan gundukan. Cekungan terbentuk akibat dari aktifitas di dalam dan diluar bumi. Akibat berbagai aktifitas tersebut terbentuklah cekungan yang membuat ekosistem di bumi menjadi beraneka ragam.

Ekosistem di bumi ada dua macam yaitu ekosistem alami dan buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang sudah terbentuk dari proses secara alami di alam. Sedangakan ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan didalamnya.

Baca Juga :
Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik

Penjelasan Contoh Ekosistem Alami Dan Buatan Beserta Gambarnya

Ekosistem alami

Ekosistem alami adalah ekosistem yang sudah terbentuk dari proses secara alami di alam.

1. Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropisHutan hujan tropis adalah hutan yang mempunyai iklim tropis dengan curah hujan mencapai 200 sampai 225 cm per tahun. Ciri flora di tempat ini adalah mempunyai pohon yang tinggi dan besar serta semak-semak yang rimbun. Fauna yang hidup di hutan ini juga beraneka ragam seperti harimau, jenis burung tertentu, babi, kera, dan badak.

2. Hutan gugur

Hutan gugurHutan gugur adalah jenis hutan yang mempunyai iklim sub tropis. Curah hujan di hutan ini mencapai 75 sampai 100 cm setiap tahun. Ciri tumbuhan yang hidup di hutan ini adalah daunnya berguguran dan tidak lebat seperti hutan tropis. Pohonnya juga berjauhan satu sama lain. Hewan yang hidup pada ekosistem gugur seperti hamster, beruang, dan macam hewan yang berhibernasi ketika musim dingin.

3. Padang rumput

Pengertian Udara Definisi, Jenis Jenis dan Unsur UnsurnyaPadang rumput adalah ekosistem yang mempunyai iklim tropis dan subtropis. Curah hujannya per tahun mencapai 25 sampai 50 cm. Tumbuhan yang hidup pada ekosistem ini adalah hamparan rumput luas dengan beberapa pohon yang tidak terlalu tinggi.

Hewan yang hidup di lingkungan ini pada umumnya termasuk hewan herbivora dan pemakan rumput seperti rusa, zebra, gajah, kangguru. Selain itu ada juga hewan karnivora seperti harimau dan singa.

4. Ekosistem air laut

Ekosistem air lautEkosistem air laut adalah tempat dimana terkumpulnya seluruh aliran air. Pada umumnya air laut terasa asin. Laut mempunyai bagian terluas dari permukaan bumi. Bagian lautan yang sangat luas biasa disebut samudra.

Didalam laut terdapat terumbu karang yang dapat hidup di bagian laut dangkal yaitu ketika matahari masih dapat masuk. Sedangkan laut dalam dihuni oleh hewan pemakan bangkai atau bebrapa jenis ikan. Hewan yang hidup dilaut beraneka ragam seperti paus, hiu, lumba-lumba, cumi-cumi, ubur-ubur, gurita, dan kerang.

5. Ekosistem padang pasir

Gambar Unta Punuk Padang PasirEkosistem ini adalah ekosistem dengan temperatur atau suhu tertinggi di bumi. Tidak ada curah hujan di tempat ini. Ciri tempat ini adalah kering dan berpasir sehingga timbuhan dan hewan yang dapat hidup di tempat ini adalah jenis yang dapat menyimpan cadangan air seperti kaktus dan unta.

6. Ekosistem kutub/tundra

Ekosistem kutub tundraEkosistem tundra adalah ekosistem yang ada di bumi dengan suhu terdingin. Suhu bumi yang paling rendah ada di kutub utara dan selatan yaitu Artik dan Antartika. Ciri wilayah ini diselimuti oleh salju atau es yang beku karena saking dinginnya. Jenis tumbuhan yang hidup ditempat ini adalah lumut sedangkan hewan yang hidup diantaranya beruang, pinguin, dan rusa kutub.

7. Ekosistem danau

Ekosistem danauDanau adalah cekungan besar yang ada di kerak bumi yang diisi dengan air yang banyak. Danau terbentuk akibat beberapa hal seperti aktifitas gunung berapi dan sedimentasi. Danau termasuk salah satu ekosistem air tawar. Hewan yang hudup di tempat ini adalah beberapa denis ikan seperti ikan mas, ikan lele, ikan gurame, udang, dan kepiting.

8. Ekosistem sungai

Ekosistem sungaiSungai adalah tempat mengalirnya air menuju ke laut. Aliran sungai berasal dari dataran tinggi ke dataran rendah. Sungai termasuk salah satu ekosistem air tawar sehingga banyak jenis tumbuhan dan hewan yang dapat hidup di sungai dan pinggiran sungai. Jenis fauna yang hidup di sungai adalah beberapa jenis ikan seperti nila, gurame, lele, kepiting, udang, dan keong.

Baca Juga :
Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik

Ekosistem buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan didalamnya.

1. Kebun binatang

Kebun binatangKebun binatang adalah tempat untuk melestarikan beberapa jenis hewan agar tidak punah. Hewan yang berada ditempat ini ditempatkan dalam sebuah kandang sesuai dengan jenisnya. Seperti jenis burung akan dibuatkan tempat atau kandang dengan bermacam-macam jenis secara terpisah. Hal tersebut membuat pengunjung lebih leluasa untuk melihat.

2. Suaka marga satwa

Suaka marga satwaSuaka marga satwa adalah jenis ekosistem buatan yang dibuat untuk melindungi jenis flora dan fauna. Tempat ini dibuat untuk menjaga interaksi antara keduannya agar tetap sinergis. Tempat ini lebih kompleks karena ada penyatuan antara beberapa jenis hewan dan tumbuhan.

3. Taman hutan raya

Taman hutan rayaTaman hutan raya merupakan ekosistem buatan manusia yang terdiri dari tumbuhan yang masih asli dan buatan manusia. Taman ini bertujuan untuk menjaga kelestarian jenis tumbuhan yang terbilang langka.

4. Taman safari

Taman safariPada dasarnya taman safari hampir sama dengan kebun binatang, hanya saja hewan di tempat ini dibebaskan sehingga tidak terkekang dan dipisahkan sesuai jenisnya dengan tembok yang tinggi. Sehingga setiap pengunjung yang datang harus memakai mobil atau kendaraan yang telah disiapkan.

5. Waduk

WadukWaduk adalah sejenis danau tetapi dibuat oleh manusia. Pembuatan waduk dapat difungsikan untuk penyediaan air penduduk setempat, irigasi di sawah, dan sebagian waduk digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.