Endogen atau tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi, serta mampu membuat perubahan bentuk pada kulit bumi akibat tenaga yang ditimbulkannya. Apabila tenaga eksogen dikenal sebagai energy atau tenaga yang bersifat merusak, maka berbeda dengan endogen yang cenderung memiliki sifat membangun. Sebelumnya sudah dibahas mengenai tenaga eksogen yang terbagi ke dalam empat contoh jenis tenaga, adapun tenaga endogen secara umum terbagi kedalam tiga jenis, yaitu :

  • Tektonisme
  • Vukanisme
  • Seisme

Berikut penjelasan singkat dari ketiga jenis tenaga endogen diatas.

1. Tektonisme

Tektonisme adalah peristiwa alam yang diakibatkan oleh pergerakan kulit bumi, baik itu pengangkatan, lipatan, maupun patahan pada struktur tanah dari sebuah daerah. Tektonisme terbagi menjadi dua jenis, yaitu: Epirogenesa dan Orogenesa.

  • Epirogenesa adalah salah satu dari jenis tektonisme yang bisa kita tandai dari gerakan tektonik yang ditimbulkan. Dimana gerakan dari Epirogenesa berpola vertikal, baik itu dari arah bawah keatas maupun dari arah atas kebawah.
  • Orogenesa adalah gerak tektonik yang sangat cepat, dan bisa biasanya dapat kita kenali dari sifat gerakannya yang mencakup wilayah lebih sempit dari gerakan tektonik yang ditimbulkan Epirogenesa.

2. Vulkanisme

Vulkanisme adalah salah satu peristiwa alam, yakni pergerakan cairan magma yang berada didalam perut bumi. Pergerakan magma yang tidak biasa ini dapat mengakibatkan cairan magma naik ke permukaan bumi melalui saluran pipa vulkanik yang disebut dengan diatrema. Saat terjadi peristiwa vulkanisme atau gunung meletus, gunung akan mengeluarkan sejumlah materi dari dalam perut bumi, baik itu berupa lava, bebatuan, kerikil, pasir, serta abu vulkanis.

3. Seisme

Seisme atau gempa bumi adalah salah satu peristiwa alam yaitu bergetarnya permukaan bumi yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti: bergesernya kulit bumi, pengaruh dari peristiwa vulkanisme, dan beberapa faktor lainnya.

Ditinjau berdasarkan sebab terjadinya, peristiwa seisme atau gempa terbagi menjadi 4 jenis. Yaitu:

  • Gempa Tektonik
  • Gempa Vulkanik
  • Gempa  Tumbukan
  • Gempa Runtuhan

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai tenaga endogen. Semoga dapat bermanfaat serta jangan lupa, bila Anda merasa artikel ini telah membantu, mari berkontribusi dengan membagikan artikel ini di sosial media Anda. Sebab, satu share yang anda lakukan tersebut sangat berarti bagi kami. Terima kasih!





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.