Pengertian Samudra

Samudra yang sering dieja atau disebut dengan samudera, juga merupakan lautan dalam bahasa sanskerta. Samudra adalah laut yang sangat luas yang merupakan massa dari air asin, yang kemudian sambung menyambung meliputi permukaan bumi. Samudra dibatasi oleh benua atau suatu kepulauan yang sangat besar.

Ada 5 jenis samudra yang ada di dunia, yang di antaranya yaitu :

  1. Samudra antartika
  2. Samudra arktik
  3. Samudra atlantik
  4. Samudra hindia
  5. Samudra pasifik atau laut teduh

Samudra yang terluas di bumi adalah, samudra pasifik yang memisahkan 2 benua yaitu benua asia dan benua amerika. Luas dari samudra pasifik ini yaitu sekitar 155 juta km persegi, sedangkan jika luas samudra ini dijumlahkan maka luas wilayahnya yaitu sekitar 335 juta kilometer persegi. Samudra disebut lautan dalam bahasa Indonesia.

Laut dan juga samudra adalah perairan yang sangat luas, pada umumnya laut dan samudra memiliki warna yang sangat biru. Serta memiliki kandungan garam yang cukup banyak. banyak yang menyangka bahwa lautan dan samudra itu sama saja, tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Laut memisahkan 2 daratan atau lebih dari berupa pulau.

Sedangkan samudra memisahkan 2 daratan atau lebih yang berupa benua. Contohnya saja laut jawa yang memisahkan Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan samudra pasifik memisahkan Benua Asia, Australia, dan Amerika.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.