Pengertian Mamalia : Klasifikasi dan Contoh Kumpulan Hewan Mamalia

Mamalia merupakan sebutan lain untuk hewan yang menyusui. Kata mamalia berasal dari kata Mamae yang berarti kelenjar susu. Mamalia merupakan hewan kelas vertebrata yang memiliki kelenjar susu sehingga binatang betina mamalia mampu menyusui anaknya. Mamalia sebagian besar berkembang biak dengan cara melahirkan meski ada sebagian yang bertelur atau disebut monotremata.

Monotremata tidak memiliki puting susu akan tetapi tetap memiliki kelenjar susu. Mamalia mencapai angka 5.000 genus, tersebar dalam 425 keluarga serta mencapai angka 46 ordo tergantung klasifikasi ilmiahnya. Berdasarkan massa dan berat tubuh, mamalia terbagi menjadi dua yakni mamalia kecil dengan berat tubuh antara 2 gram – 5 kilogram sedangkan mamalia besar mulai dari 5 kilogram ke atas.

Ciri Ciri Mamalia

Ciri utama hewan mamalia selain memiliki kelenjar susu yakni adanya rambut atau bulu yang menutupi permukaan kulit, kulit tebal, berdarah panas, paru-paru, jantung ruang empat, otot diafragma, kerangka tubuh yang sempurna, memiliki daun telinga dan volume otak yang lebih besar. Volume otak besar tersebut berperan dalam mengatur peredaran aliran darah meliputi jantung.

Dalam taksonomi hewan, mamalia merupakan kelas tertinggi karena hewan mamalia tersebar di seluruh dunia atau habitat dengan semua ekosistem berbeda. Habitat mamalia bisa ditemukan di daratan, pegunungan, laut dalam, laut dangkal, daerah kutub, hutan, maupun gurun pasir. Dari keseluruhan penyebaran mamalia di dunia, Indonesia menjadi rumah bagi sekitar 32% mamalia di dunia.

Klasifikasi mamalia

Untuk memudahkan klasifikasi mamalia menggunakan pembagian berdasarkan ordo :

1. Ordo insektivora

Mamalia ordo insektivora memiliki ciri khusus yakni mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang cenderung melebar, dan cakar yang kuat serta tebal. Mamalia jenis ordo ini tergolong mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora memiliki ciri gemar memakan serangga, biji-bijian, cacing, dan beberapa hewan kecil lainnya. Contoh mamalia ordo insektivora yakni tapir dan tikus tanah.

2. Ordo marsupialia

Mamalia ordo marsupilia adalah mamalia yang memiliki ciri khusus yakni kantung di bagian perut. Kantung tersebut berperan dalam membawa dan menyusui bayi-bayi mereka. Contoh mamalia marsupilia adalah kanguru, kuskus, dan koala. Di dalam kantong koala terdapat kelenjar susu dimana selain sebagai wadah membawa bayinya, juga sebagai tempat menyusui bayi.

3. Ordo demoptera

Mamalia ordo demoptera merupakan mamalia dengan ciri memiliki parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit atau membran yang terhubung antara keempat kakinya. Salah satu contoh hewan yang golong sebagai mamalia jenis ordo demoptera adalah tupai terbang, monyet terbang, dan beberapa jenis serangga.

4. Ordo chiroptera

Mamalia ordo chiroptera memiliki ciri fisik hampir mirip dengan mamalia ordo demoptera yakni adanya selaput membran yang terhubung antara kaki depan dan belakang. Hanya saja mamalia ordo chiroptera memiliki ciri lain yakni terletak pada ukuran kaki depan yang lebih besar daripada kaki bagian belakang. Salah satu contoh mamalia ordo chiroptera adalah kekelawar.

5. Ordo primata

Mamalia ordo primata merupakan mamalia jenis omnivora. Selain itu ciri utama yang menjadi ciri pokok mamalia primata adalah bentuk jari yang lebih besar dan panjang. jari tersebutmemudahkan dalam memanjat dan mengambil makanan. Contoh mamalia ordo primate yakni kera, monyet, gorila, dan orang utan.

6. Ordo carnivore

Ordo carnivore terdiri dari hewan mamalia yang memakan daging. Ciri khusus ordo mamalia yakni memiliki taring yang tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsa. Contohnya beruang, anjing, harimau, singa dan sebagainya.

7. Ordo cetacean

Ordo mamalia yang satu ini merupakan mamalia yang hidup di habitat berair seperti lautan. Contohnya paus dan lumba-lumba. Meskipun mamalia laut tidak menyusui anaknya karena tidak memiliki kelenjar susu, namun dikaterogikan sebagai mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru, dan melahirkan anaknya.

8. Ordo rodentia

Ordo rodentia contohnya seperti tupai, tikus, landak, dan hewan pengerat lainnya.

9. Ordo lagomorpha

Ordo lagomorpha adalah mamalia herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan, daun, dan buah seperti kelinci.

10. Ordo proboscidea

Ordo proboscidea merupakan ordo mamalia jenis gajah meliputi seluruh spesies gajah.

11. Ordo artiodactyla

Ordo artiodactyla yaitu mamalia yang mempunyai jari kaki genap seperti kijang, kerbau, banteng, sapi, kambing, jerapah, dan unta.

12. Ordo perisodactyla

Ordo perisodactyla yaitu mamalia mempunyai jari kaki berjumlah ganjil seperti kuda, dan keledai.

13. Monotremata

Monotremata adalah mamalia bertelur seperti platypus, meskipun platypus tergolong hewan bertelur namun mereka menyusui anaknya.

Contoh Kumpulan Hewan Mamalia

Untuk memudahkan pengelompokan hewan mamalia, dapat dikelompokkan menurut habitat lingkungan hidupnya yakni daratan, lautan, sungai, gurun, gunung, dan kutub.

  • Daratan , mamalia daratan merupakan kelompok mamalia yang paling beragam terdiri dari kuda, kerbau, gajah, kelinci, kanguru, landak, tikus, kambing, harimau dan masih banyak lagi
  • Lautan Terdiri dari paus dan lumba-lumba.
  • Sungai atau danau terdiri dari platypus.
  • Gurun, mamalia seperti unta.
  • Kutub, menjadi habitat bagi mamalia beruang kutub dan anjing laut.
  • Gunung, menjadi habitat bagi kijang dan kambing gunung.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.