Pengetian Ciri dan Contoh Organisme

Pengetian Ciri dan Contoh Organisme – Organisme adalah bentuk kehidupan individual yang mampu tumbuh dan berkembang biak serta memiliki satu sel ataupun lebih. Hewan, tumbuhan, dan bakteri semuanya adalah organisme. Sedangkan organisme yang berukuran sangat kecil dan memerlukan bantuan alat khusus seperti Mikroskop untuk melihatnya disebut sebagai mikroba atau mikro organisme. Mikroba merupakan makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan dan bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Organisme yang ada dalam berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar, bentuk yang beragam, cara hidup berbeda tapi mereka memiliki ciri yang sama.

Jika kita melihat dalam arti kata organisme, organisme itu berasal dari bahasa yunani yakni organon yang memiliki arti alat. Sedangkan menurut wikipedia, definisi organisme adalah kumpulan molekul molekul yang saling mempengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Jika kita membahas mengenai oraganisme, pasti kita mengenal istilah organisme kompleks. Maksud dari organisme kompleks ini adalah mengacu kepada organisme yang memiliki lebih dari satu sel. Nama lain dari organisme yang sering disebut sebut adalah makhluk hidup.

Ciri Ciri Organisme (Makhluk Hidup)

Setiap benda atau objek, pasti memiliki ciri ciri yang melekat pada objek tersebut. Begitu pun dengan organisme atau makhluk hidup ini juga memiliki ciri ciri yang bisa kita lihat dan baca pada list ciri ciri organisme berikut ini.

1. Memerlukan Nutrisi

Setiap organisme pasti membutuhkan nutrisi untuk asupan energi bagi tubuh. Nutrisi disini juga berperan dalam memperbaiki sel sel yang rusak sehingga bisa kembali normal dan berfungsi dengan baik.

Nutrisi untuk organisme di dapat dari makanan yang Ia makan. Terkadang, makanan yang dimakan justru memberikan efek tidak baik terhadap sel sel dan dapat merusaknya. Jadi, organisme tidak bisa sembarangan memakan sesuatu.

2. Bernafas

Bernafas merupakan proses masuknya oksigen kedalam tubuh dan dikeluarkan kembali dalam bentuk karbondioksida. Proses ini berjalan secara alami atau refleks tanpa perlu di perintah atau di pikirkan.

3. Bergerak

Meskipun beberapa organisme sangat jarang bergerak, ciri organisme adalah bisa bergerak. Organisme bergerak entah untuk melakukan aktifitas apapun seperti mencari makan atau sebagainya. Kadang organisme seperti manusia bergerak dalam berolahraga supaya tubuh tetap sehat dan menjaga kelenturan tubuh.

4. Tumbuh

Setiap organisme pasti memiliki pertumbuhan yang bisa kita bedakan dari bentuk atau ukuran sebelumnya. Organisme dapat tumbuh dipengaruhi dari berbagai faktor yakni nutrisi yang Ia makan dan aktifitas pendukung dalam tumbuh kembang.

5. Berkembang Biak

Ini merupakan ciri yang tak bisa di lepaskan dari organisme, ya berkembang biak. Baik manusia, hewan, tumbuhan dan mikro organisme memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak ini memiliki tujuan yakni mempertahankan spesies dari organisme tersebut agar terus memiliki keturunan.

6. Peka terhadap rangsangan

Peka terhadap rangsangan disini maksudnya adalah organisme mampu memberikan imbal balik dari setiap rangsangan yang ia terima.

7. Beradaptasi

Setiap organisme memiliki kemampuan dalam beradaptasi di berbagai lingkungan yang berbeda. Seperti contoh tumbuhan Jati yang menggugurkan daunnya supaya mengurangi penguapan air akibat terik panas matahari.

8. Mengeluarkan zat sisa

Makhluk hidup atau organisme mengeluarkan zat sisa baik zat sisa dari sistem pencernaan atau zat sisa dari sistem pernapasan. Seperti contoh manusia bernapas mengeluarkan zat karbondioksida dan mengeluarkan sisa makanan dari sistem pencernaan.

Apakah 8 ciri tersebut terdapat pada semua organisme ? Jawabannya tidak. Karena mikroorganisme seperti bakteri tidak bernapas, tetapi menggunakan jalur kimiawi lain.

Selain itu, ada banyak organisme yang tidak bisa bergerak secara independen atau karena kehendak dirinya sendiri dan juga ada organisme yang tidak bisa berkembang biak, meskipun spesiesnya masih ada yang mampu.

Apakah Virus Masuk kedalam Organisme ?

Virus tidak bisa di golongkan sebagai organisme atau makhluk hidup. Hal itu disebabkan virus tidak bisa berkembang biak ataupun melakukan metabolisme secara independen. Meskipun memiliki molekul molekul yang bisa menjadi ciri organisme hidup, tapi virus tidak mampu bertahan hidup di luar sel inangnya.

Virus membutuhkan inangnya dalam proses metabolisme beserta perlengkapan genitikanya. Jadi, virus bukanlah organisme layaknya bakteri atau hewan. Mereka adalah sejenis parasit yang mengganggu sel inang.

Contoh Organisme (Makhluk Hidup)

Jika kita melihat ciri ciri organisme yang sudah saya sebutkan maka contoh dari organisme atau makhluk hidup ini adalah sebagai berikut.

  1. Manusia
  2. Hewan
  3. Tumbuh tumbuhan atau tanaman
  4. Mikro organisme



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.