Pengertian Konsumen Adalah Arti Definisi (Biologi) – Klasifikasi, Macam Jenis dan Contoh



Konsumen atau heterotrof diambil dari bahasa Yunani yakni heterone yang berarti lainnya dan trophe yang berarti nutrisi. Ini merupakan organisme yang memerlukan senyawa organik tempat karbon akan diekstrak untuk pertumbuhan. Konsumen atau heterotrof atau tidak bisa membuat makanan sendiri pada rantai makanan ini hanya tergantung pada organisme lainnya.

A. Pengertian Konsumen [Heterotrof]

Seluruh hewan serta organisme yang tidak bisa membuat makanan sendiri masuk dalam kategori konsumen termasuk manusia Secara sederhana, manusia merupakan konsumen yang perlu sumber eksternal sebagai makanan. Untuk itu, manusia tidak bisa mengembangkan makanan sendiri.

Ini memperlihatkan jika manusia sangat tergantung dari sumber sumber luar sehingga bisa memproduksi energi, melestarikan kehidupan serta menjaga kesehatan. Tanpa makanan, maka konsumen tidak bisa bertahan hidup. Konsumen sendiri diklasifikasikan ke dalam kategori berbeda berdasarkan cara konsumsi, yakni:

  • Herbivora: Heterotrof yang mendapatkan energi langsung dari tanaman.
  • Karnivora: Hewan yang memakan hewan lainnya.
  • Omnivora: Hewan yang memperoleh makanan dari tumbuhan atau hewan lain.
  • Saprobes: Organisme yang memperoleh energi dengan cara memecah tanaman serta hewan yang sudah mati.

B. Klasifikasi Konsumen

Biasanya, organisme konsumen atau heterotrof dibagi menjadi 5 jenis dalam urusan memperoleh makanan yakni herbivora, karnivora, omnivora, detritivor serta pengurai:

1. Herbivora

Organisme konsumen yang memperoleh sumber makanan sebagai energi dari tanaman. Selama proses fotosintesis, molekul organik kompleks yakni karbon dioksida akan diubah menjadi energi lewat respirasi sel. Energi tersebut biasanya tersedia dalam bentuk karbohidrat sederhana atau monosakarida seperti glukosa serta karbohidrat yang lebih kompleks yakni polisakarida seperti selulosa dan pati.

Pati sangat mudah dipecah sebagian besar hewan karena enzim yang dikeluarkan dari kelenjar ludah serta pankreas bernama amilase. Selulosa adalah komponen utama dinding sel tumbuhan serta karbohidrat yang berlimpah. Selulosa juga dikonversi dari karbon organik yang lebih sulit dicerna kebanyakan hewan. Sebagian besar herbivora mempunyai organisme usus simbiotik yang akan memecah selulosa menjadi bentuk energi yang bisa dipakai.

Contoh dari konsumen herbivora diantaranya adalah domba, sapi, rusa serta hewan ruminansia lain yang memfermentasikan bahan tanaman pada ruang khusus yang mengandung organisme simbiotik di dalam perut. Sementara hewan yang mengonsumsi buah seperti kelelawa, burung serta monyet juga merupakan herbivora meski disebut dengan frugivora.

Sebagian besar bahan tanaman terdiri dari selulosa yang sulit dicerna. Meski begitu, nektar tanaman yang terdiri dari gula sederhana dan dikonsumsi herbivora bernama nektarivora seperti lebah, kolibri, ngengat serta kupu kupu.

2. Karnivora

Organisme konsumen biasanya hewan yang memperoleh sumber energi makanan dengan cara memangsa hewan lain. Karnivora yang berarti pemakan daging merupakan organisme yang mendapatkan kebutuhan energi dari makanan yang umumnya terdiri dari jaringan hewan. Komunitas alami akan tergantung dari keberadaan karnivora untuk mengendalikan populasi hewan lain pada ekosistem.

Contoh dari konsumen karnivora biasanya adalah predator seperti konsumen sekunder. Konsumen yang memakan herbivora diantaranya adalah burung, ular, katak serta organisme laut yang mengonsumsi zooplankton seperti kepiting, ikan kecil serta ubur-ubur.

Beberapa diantaranya kemungkinan juga merupakan konsumen tersier, pemangsa yang memangsa karnivor lain seperti serigala, elang, singa serta hiu. Karnivora juga bisa seperti pemulung contohnya hewan seperti kecoak atau burung nasar yang akan memakan hewan yang sudah mati.

3. Omnivora

Organisme konsumen yang memperoleh sumber makanan sebagai energi dari tumbuhan atau hewan. Apabila omnivora mengonsumsi herbivora, maka energi yang diperoleh jumlahnya sedikit. Contoh dari omnivora mamalia diantaranya adalah sigung, rakun, tikus, opposum, babi, musang serta sebagian besar spesies dari beruang. Untuk jenis burung omnivora adalah gagak, ayam, burung robin dan sebagainya. Sedangkan beberapa reptil diantaranya adalah kura kura dan juga kadal.

4. Detritivor

Organisme konsumen yang memperoleh sumber makanan sebagai energi dengan cara memecah tanaman serta hewan yang telah mati.

5. Scavenger atau Pengurai

Organisme konsumen yang memperoleh sumber makanan sebagai energi dengan cara memecah bahan organik yakni dengan mengeluarkan enzim.

C. Jenis Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsumen atau heterotrof merupakan organisme yang tidak bisa memproduksi makanan sendiri dengan fiksasi karbon sehingga harus mendapatkan dari sumber karbon organik lain khususnya tumbuhan atau hewani. Dengan kata lain, manusia serta hewan harus makan makhluk hidup lain. Adau 2 jenis konsumen yakni fotoheterotrof dan juga kemoheterotrof:

1. Fotoheterotof

Ini memakai cahaya sebagai energi meski tidak bisa memakai karbon dioksida sebagai satu satunya sumber karbon sebab juga memakai senyawa organik dari lingkungan. Contoh dari fotoheterotrof ini adalah heliobacteria dan juga proteobacteria.

2. Kemoheterotrof

Kemoheterotrof mendapatkan energi dengan cara menelan sumber energi organik performed seperti protein, lipid dan juga karbohidrat yang sudah disintesis organisme lain. Dengan mengonsumsi senyawa karbon, maka produsen bisa memakai seluruh energi yang dikonsumsi untuk pertumbuhan, reproduksi serta fungsi biologis lain.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.