Pengertian dan Ciri Ciri serta Contoh Hewan Karnivora
5/5 (2)

Pengertian dan Ciri Ciri serta Contoh Hewan Karnivora  – Setelah berhasil merangkum artikel mengenai hewan herbivora pada artikel sebelumnya. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian, ciri ciri dan contoh hewan karnivora. Ada 3 jenis hewan menurut makanannya yaitu herbivora, karnivora dan omnivora. Supaya lengkap saya jelaskan dalam artikel yang berbeda beda.

Ketiga jenis penggolongan hewan tersebut berdasarkan makanan, bentuk tubuh hingga habitat dan juga kemampuannya. Biasanya setiap jenis hewan tersebut memiliki hal yang berbeda beda.

Pengertian Hewan Karnivora

Sebelum membahas lebih banyak mengenai hewan karnivora, sebaiknya kita mengerti apa itu hewan karnivora dan pengertiannya apa. Kata karnivora merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu caro: daging, vorare: makanan. Jadi secara bahasa hewan karnivora adalah hewan yang memakan daging.

Dalam beberapa study, karnivora juga di identikkan sebagai kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. Dengan kata lain, hewan karnivora adalah sekelompok hewan yang bisa di katakatan sebagai golongan hewan buas. Tapi ada juga hewan karnivora yang justru banyak di sukai dan tidak berbahaya yaitu kucing.

Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara vivipar. Namun, sebagian kecil hewan karnivora juga berkembang biak secara bertelur seperti buaya dan ular.

Pada umumnya, hewan karnivora memiliki kuku yang tajam pada kaki dan tangannya serta memiliki taring yang tajam. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan yang bisa digunakan dalam berburu mangsa.  Misalnya cheetah atau singa yang mana mereka memiliki kemampuan dalam mengintai dari kejauhan dan dapat berlari sangat cepat.

Ciri Ciri Hewan Karnivora

Setiap jenis hewan berdasarkan makanannya memiliki ciri ciri yang berbeda. Ya meskipun ada beberapa yang sama tapi kebanyakan antara hewan karnivora, herbivora dan omnivora memiliki ciri ciri yang berbeda. Berikut adalah ciri ciri hewan karnivora.

  1. Makanan utama hewan ini adalah daging.
  2. Termasuk kedalam hewan menyusui atau mamalia.
  3. Memiliki kemampuan dalam berburu mangsa.
  4. Sebagian besar memiliki tulang belakang (vertebrata).
  5. Sebagian besar nya hidup di darat.
  6. Termasuk kedalam hewan buas, namun sebagian kecil tidak (seperti kucing).
  7. Memiliki kuku dan taring yang tajam, berguna untuk mengoyak daging mangsanya.
  8. Memiliki gerakan yang sangat cepat
  9. Penglihatan dan pendengaran yang sangat baik.

Contoh Hewan Karnivora

Setelah tahu apa itu hewan karnivora, ciri cirinya juga kali ini saya akan memberikan contoh hewan yang termasuk kedalam hewan karnivora. Dengan mengetahui contoh hewan karnivora, kita bisa lebih paham dan bisa lebih jelas mengenai pengertian dan ciri nya yang sudah saya sebutkan di atas.

Selain untuk melihat kebesaran dan kekuasaan Allah yang mana Ia menciptakan makhluk yang sempurna, kita juga bisa mempelajarinya supaya bisa lebih bertambah kagum kepada ciptaan-Nya.

1. Harimau

Selain termasuk hewan karnivora, Harimau termasuk kedalam hewan mamalia dan memiliki tulang belakang serta berdarah panas. Harimau sendiri adalah spesies kucing terbesar dari jenisnya dan bahkan bisa melebihi ukuran singa. Selain itu, harimau juga memilik kecepatan lari tercepat kedua setelah cheetah.

Harimau biasanya memburu mangsanya dengan ukuran badan lumayan besar. Mangsa kesukaannya seperti rusa, kijang, domba, zebra, babi dan hewan mamalia herbivora lain nya. Tak jarang mereka juga saling menyerang atau bahkan memakan saudaranya sendiri.

2. Singa

Singa merupakan spesies mamalia yang termasuk kedalam keluarga felidae ataupun kucing besar. Singa hidup dalam sebuah kelompok yang biasanya di pimpin oleh satu ekor singa jantan. Tetapi, singa betina justru lebih produktif dalam berburu, berbeda dengan singa jantan yang suka merusuhi hasil buruan singa betina.

3. Kucing

Masih dalam dunia kucing, hewan ini merupakan hewan mamalia pemakan daging. Pada umumnya kucing tidak terlalu bahaya bagi manusia, tapi dalam keadaan terancam biasanya kucing juga bisa menyerang manusia.

Kucing jinak, biasanya sangat di sayangi manusia. Selain karena memiliki warna dan keindahan bulu yang sangat menawan, kucing juga di sukai karena memiliki sifat menggemaskan seperti suka di pangkuan. Makanan kesukaannya adalah daging ikan, seperti ikan asin atau pun jenis ikan yang lain.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.