Gambar Struktur Bagian Sel Hewan dan Contoh Penjelasan Fungsinya



Ada 3 jenis makhluk hidup yang tinggal di bumi ini, yaitu hewan, tumbuhan, dan manusia. Kali ini kita akan membahas apa saja bagian sel hewan dan fungsinya. Karena pada dasarnya, setiap jenis makhluk hidup memiliki sel di dalam tubuhnya sebagai pembentuk jaringan dan bertahan hidup suatu makhluk hidup juga berkembang biak. Ketika makhluk hidup melakukan aktivitas, di situlah sel mulai bekerja.

Dengan begitu, sel dalam tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak terinfeksi virus atau bakteri jahat. Ketika sel mengalami kerusakan akibat virus ataupun bakteri, maka sistem pertumbuhan suatu makhluk hidup akan terganggu alias tidak bisa bekerja secara optimal.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini yang akan membahas bagian sel hwan beserta fungsinya.

Membran Sel

Membran sel merupakan lapisan sel paling luar pada struktur organel sel. Di mana bagian ini berfungsi sebagai pembungkus seluruh oganel yang ada di dalamnya. Selain itu, membran sel juga berfungsi sebagai penghasil protein dan lemak.

Sitoplasma

Setelah membran sel, terdapat bagian sel yang disebut sebagai sitoplasma. Bagian ini berupa cairan atau gel yang mana bentuknya akan berubah sesuai dengan konsentrasi air dalam tubuh.

Reticulum Endoplasma

Reticulum endoplasma merupakan bagian sel yang bentuknya mirip benar. Letak bagian sel ini berada di inti sel. Bentuknya ada yang halus ada juga yang kasar. Di mana letaknya berbeda-beda. Untuk reticulum halus berada jauh dari ribosom, sedangkan reticulum kasar menempel pada ribosom.

Mitokondria

Mitokondria merupakan bagian sel hewan yang bentuknya seperti cerutu besar, di mana di dalamnya merupakan susunan membran dengan lekukan dan berlapis.

Mikrofilamen

Tak heran kalau bagian sel hewan ini berbentuk tipis dan halus. Karena mikrofilamen hanya tersusun dari protein miosin dan aktin.

Lisosom

Lisosom merupakan bagian sel hewan yang berbentuk kantong dan melekat pada membran sel. Bagian sel hewan ini berisikan enzim, di mana enzim tersebut berfungsi sebagai pelancar sistem pencernaan intraseluler. Ketika hewan sedang mengalami gangguan sistem pencernaan, bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya lisosom yang rusak atau mengalami gangguan yang mungkin disebabkan oleh virus atau bakteri.

Perokisom

Mirip seperti lisosom bahwa perokisom merupakan bagian sel hewan yang berbenteng kantong namun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan lisosom. Di mana di dalamnya terdapat enzim katalase. Bagian sel hewan ini bisa dijumpai di bagian hati atau sel ginjal hewan. Sehingga peroksisom juga memiliki fungsi sebagai pelancar sistem pencernaan pada hewan.

Sentriol

Sentriol adalah bagian sel hewan berbentuk kecil namun padat. Bagian sel hewan ini juga memiliki pasangan yang disebut sebagai sentrosom, yang mana memiliki fungsi sama.

Mikrotubulus

Bagian sel hewan yang bernama mikrotubulus adalah gabungan dari molekul protein bulat, di mana bentuknya seperti tabung dan bisa dijumpai di bagian sitoplasma.

Aparatus Golgi

Bentuk sel hewan ini berbenteng seperti kantong pipih.

Nukleus

Nukleus merupakan bagian sel hewan yang juga disebut sebagai inti sel. Bisa dikatakan bahwa nukleus merupakan bagian sel hewan yang paling penting karena mengandung informasi genetik. Gen yang terjadi pada turunan hewan ditentukan oleh sel ini.

Nukleoulus

Nukleoulus merupakan salah satu bagian sel hewan yang ada di inti sel, peran dari bagian ini adalah untuk mengatur dan memproses protein di dalam tubuh hewan.

Nah, itulah beberapa bagian sel hewan dan fungsinya yang bisa kita pelajari hari ini.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.