A. Pengertian Siklus Hidup

Secara umum definisi atau pengertian siklus hidup adalah sebuah rangkaian kejadian yang berulang secara tetap dan teratur yang menunjukan suatu perkembangan individu makhluk hidup sejak dilahirkan sampai akhir pertumbuhannya. Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan yang dalam proses pertumbuhan tersebut makhluk hidup mengalami peningkatan ukuran pada semua atau sejumlah bagian pada tubuhnya.

B. Macam-macam Siklus Hidup

Siklus hidup yang di alami oleh hewan itu berbeda-beda. Siklus hidup yang dialami oleh hewan ada mengalami metamorfosis dan metagenesis.

1. Metamorfosis

Metamorfosis merupakan salah satu fase perkembangan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang mengakibatkan perubahan bentuk fisik atau struktur setelah mengalami kelahiran dan penetasan. Perubahan fisik yang terjadi disebabkan oleh adanya akibat dari pertumbuhan sel dan tahap diferensiasi sel secara keseluruhan tidak sama. Saat bermetamorfosis hewan akan mengalami tahap demi tahap metamofosis secara berurutan. Berdasarkan bentuk tubuhnya, hewan dibedakan mengalami dua jenis metamorfosis yaitu:

a. Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna ini merupakan siklus hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan sebelum dan setelah melahirkan. Tahap metamorfosis sempurna terjadi pada beberapa hewan seperti lalat, kupu-kupu, katak dan nyamuk.

b. Metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis yang tidak sempurna merupakan salah satu perubahan bentuk pada hewan yang tidak terlalu nampak saat lahir dibandingkan setelah tahap dewasa. Adaun contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu jangkrik, belalang dan kecoak.

2. Metagenesis

Metagenesis merupakan pergiliran keturunan dari fase aseksual ke fase seksual atau sebaliknya. Reproduksi makhluk hidup memang dapat terjadi secara seksual maupun aseksual. Namun pada kasus metagenesis ini, organisme akan menjalani dua fase tersebut secara berkala.

Tidak semua organisme mengalami fase tersebut, hanya beberapa organisme yang ditemukan mengalami metagenesis yang teratur misalnya tumbuhan lumut dan tumbuhan paku serta untuk contoh hewannya yaitu ubur-ubur.

C. Contoh Metamorfosis dan Metagenesis pada Hewan

1. Metamorfosis Sempurna pada hewan

Salah satu hewan yang bermetamorfosis sempurna yaitu katak, katak merupakan amfibi yang hidup di dua alam yaitu di air dan di darat. Adapun siklus hidunya antara lain:

a. Telur

Katak memproduksi telur sangat banyak hingga total 20.000 butir dalam masa 3 kali reproduksi dan meletakkan telurnya dalam air, setelah ± 3 minggu telur tersebut berubah menjadi kecebong.

b. Kecebong

Fase kecebong ini akan berlangsung selama ± 5 minggu, sebelum menjadi katak muda. Dalam perkembangannya kecebong akan menampakkan kedua kakinya dan juga membentuk organ-organ lainnya.

c. Katak muda

Katak muda akan berlangsung ± 3 minggu saja lalu beruba menjadi katak dewasa. Katak dewasa ditandai dengan terbentuknya paru-paru untuk bernafas didaratan serta kulit untuk bernapas saat berada di air.

d. Katak dewasa

Katak dewasa akan berumur sekitar 11 minggu, dan katak dewasa sudah dapat melomat dengan cepat di daratan (tanah). Lalu katak dewasa jantan dan betina akan mengalami pembuahan dan menghasilkan telur

2. Metamorfosis tidak sempurna pada hewan

Salah satu hewan yang sistem metamorfosisnya tidak sempurna yaitu kecoak, adapun siklus hidupnya antara lain.

a. Telur

Kecoak biasanya menghasilkan telur sekitar 16-32 butir dan meletakkannya dipermukaan tanah atau sampah atau ada tempat-tempat yang tidak dijangkau manusia atau predator lainnya. Telur kecoak dilindungi oleh cangkang kapsul yang disebut dengan eotheca berwarna coklat dan telur tersebut melekat satu sama lain karena pada permukaannya terdapat caian lengket. Dan akan menetas setelah sekitar 1-2 bulan tergantung dari spesies kecoa tersebut dan muncullah nimfa atau bayi kecoak.

b. Nimfa

Nimfa berukuran kecil seperti kutu beras dan sudah mampu bergerak bebas untuk mencari makan sendiri. Fase ini berlangsung selama 60 hari dengan 7 kali ganti kulit (instar), setiap mengalami pergantian kulit baru, kulit tersebut akan semakin keras dan pada pergantian kulit terakhir akan muncul sayap kecil.

c. Imago (kecoak dewasa)

Kecoak dewasa telah memiliki sayap yang kuat dan berukuran lebih besar dari nimfa dan siap bereproduksi bersama kecoak dewasa lainnya untuk menghasilkan telur.

3. Metagenesis pada Hewan

Contoh hewan dengan siklus hidup secara metagenesis yaitu ubur-ubur, adapun siklus hidupnya antara lain:

Medusa dewasa jantan dan betina akan menghasilkan sperma dan sel telur, fertilisasi terjadi secara eksternal atau terjadi diluar tubuh, lalu menghasilkan zigot. Zigot akan berkembang dan berkumpul menjadi satu yang disebut dengan blastula. Kemudian berkembang menjadi planula yang ditandai dengan adanya bulu-bulu halus (silia) yang digunakan untuk berenang. Setelah silia tumbuh akan berkembang menjadi polip. Lalu membentuk medusa yang terus berkembang hingga muncul kepala ubur-ubur, selanjutnya masuk pada fase akhir yaitu medusa dewasa dimana pada fase ini ubur-ubur telah siap bereproduksi untuk menghasilkan sel telur dan sperma.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.