Daur Hidup Pengertian, Manfaat dan Jenis

Kembali lagi dengan kita masih membahas seputar ilmu pengetahuan terkait biologi. Sebelumnya kita telah membahas mengenai metamorfosis belalang dan daur hidup ayam. Dan kali ini seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan membahas sebuah topik terkait pengertian daur hidup baik itu secara bahasa, maupun secara ilmiah.

Fungsi Mempelajari Daur Hidup :

Perlu disadari, bahwa memahami pengertian daur hidup tentunya sangat penting bila kita ingin mempelajari seputar ilmu biologi dengan lebih dalam. Terlebih lagi, dengan mempelajari secara spesifik mengenai daur hidup, kita akan mendapatkankan banyak sekali manfaat, yang tentunya akan sangat berguna didalam kehidupan kita, seperti :

Mencegah Tersebarnya Virus / Penyakit

Salah satu contohnya adalah, bila kita mempelajari dan mengenal bagaimana daur hidup serangga, dalam hal ini adalah nyamuk demam berdarah, tentu kita akan mengerti bagaimana langkah tepat dalam menanggulangi penyebaran nyamuk demam berdarah agar tidak meluas. Oleh karena itu, secara tidak langsung, dengan memanfaat ilmu yang kita miliki seputar daur hidup, kita dapat meminimalisir penyebaran nyamuk dengan memutus mata rantai kehidupan organisme berbahaya (nyamuk DBD) sebelum jumlah nyamuk tersebar semakin luas.

Memproduksi Barang Benda Bermanfaat

Salah satu manfaat lain dari mempelajari daur hidup bagi manusia adalah mendapatkan atau menghasilkan barang barang bermanfaat, seperti : Sutra. Dengan memanfaatkan ilmu yang kita miliki seputar daur hidup ulat sutra, kita dapat menghasilkan sejumlah bahan untuk memproduksi lembaran kain sutra yang mahal dan bermanfaat bagi manusia.

Sekilas penjelasan diatas hanya secuil dari banyaknya manfaat penting dari mempelajari daur hidup suatu organisme. Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan meneliti dan mempelajari daur hidup secara lebih mendalam.

Definisi Daur Hidup

Ngomong ngomong soal defisi atau pengertian, biasanya penjelasan akan dibagi menjadi dua garis besar. (1) Secara bahasa dan (2) secara ilmiah. Baca penjelasannya berikut ini.

Definisi / Pengertian Daur Hidup Secara Bahasa

Definisi secara bahasa, daur hidup berarti perjalanan hidup suatu organisme mulai dari awal ia hidup hingga akhir batas usianya (kematiannya).

Pengertian Daur Hidup Secara Ilmiah

Secara ilmiah, pengertian daur hidup dapat diartikan sebagai serangkaian bentuk perubahan yang mengacu pada perkembangan suatu organisme mulai dari awal kehidupannya yang mandiri hingga menuju kondisi dewasa, dimana suatu makhluk hidup telah mampu melakukan aktivitas reproduksi sebagai bentuk menghasilkan keturunan atau yang lebih dikenal dengan berkembang biak. Istilah daur hidup ini juga dikenal dengan nama metamorfosis.

Pembagian Daur Hidup Berdasarkan Proses Perubahan Bentuk

Tidak akan efektif, jika kita hanya mengerti definisi daur hidup saja, karena akan lebih baik, jika kita juga mengetahui pembagian dari daur hidup suatu organisme berdasarkan proses perubahan bentuknya. Berikut dibawah ini adalah 2 jenis daur hidup berdasarkan kategori proses perubahan bentuknya. Antara lain:

Daur Hidup Ayam - Siklus Proses Tahapan Pertumbuhan

Daur Hidup Tanpa Metamorfosis

Definisi dari Daur Hidup Tanpa Metamorfosis yaitu daur hidup suatu organisme yang dimana kondisi fisik dari organisme yang lahir, memiliki kesamaan bentuk dengan fisik sang induk yang melahirkannya. Pada proses daur hidup tanpa metamorfosis, suatu organisme yang lahir tidak akan mengalami perubahan bentuk secara fisik, melainkan hanya berubah dalam hal ukuran tubuhnya saja. Adapun contoh organisme yang mengalami fase / daur hidup tanpa metamorfosis adalah manusia, ayam, kucing, lembu, kuda, buaya, unta, dan lain lain. Sampai saat ini, sepengetahuan penulis, Semua makhluk hidup dari kelas mamalia tergolong makhluk hidup yang melewati daur hidup tanpa metamorfosis. Semoga faham.

Daur Hidup Dengan Metamorfosis

Daur hidup dengan metamorfosis adalah perjalanan kehidupan dari suatu organisme, dimana kondisi saat suatu organisme lahir, memiliki perbedaan yang cukup kontras dengan induk yang melahirkannya. Beberapa contoh organisme yang melewati proses daur hidup dengan metamorfosis antara lain: kupu kupu, kecoak, belalang, nyamuk, dan ulat sutra.

Pembagian Daur Hidup Dengan Metamorfosis

Metamorfosis Sempurna - Kupu Kupu - Gambar Penjelasan Proses Tahapan

Diatas kita telah menjelaskan pembagian jenis daur hidup, yaitu : Daur Hidup Tanpa Metamorfosis dan Daur Hidup Dengan Metamorfosis. Golongan organisme  yang melewati fase / daur hidup dengan metamorfosis dibagi lagi kedalam dua golongan.

  1. Metamorfosis Sempurna
  2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Uraian :

Yang Dimaksud Dengan Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk tubuh dari suatu organisme yang melewati empat tahapan proses , yaitu : telur, larva, kepompong, dan bentuk dewasa.

Catatan Tambahan : Larva adalah tahapan kedua dalam daur hidup metamorfosis sempurna, “Seperti: ulat” dalam proses daur hidup serangga yang mengalami metamorfosis lengkap (seperti ulat bulu). Adapun kepompong, merupakan tahap istirahat, di mana jaringan tubuh akan ditata ulang mulai dari bentuk larva sampai ke bentuk dewasa secara sempurna. Kepompong adalah tahapan ketiga dalam proses daur hidup serangga yang melewati metamorfosis sempurna dengan berhasil.

Golongan Metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk organisme yang menyerupai fisik sang induk, namun memiliki perbedaan di beberapa organ tubuh tertentu, seperti : pada bagian sayap.

Sekian saja penjelasan kita kali ini seputar definisi dan jenis dari proses daur hidup. Semoga bermanfaat.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.