Pengertian Ciri dan Contoh hewan omnivora

Pengertian, Ciri dan Contoh hewan omnivora – Pada artikel kali ini kita sudah memasuki pada jenis hewan yang terakhir dari yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya berdasarkan penggolongan makanannya yakni hewan omnivora. Sebelumnya saya sudah membahas mengenai hewan herbivora dan hewan karnivora yang sudah saya kupas mulai dari pengertiannya, ciri ciri dan juga contohnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu hewan omnivora. Bagaimana ciri ciri nya dan apa saja sih contoh contoh hewan omnivora yang bisa di temui. Baiklah, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hewan Omnivora

Pengertia hewan omnivora kita mulai dari segi bahasanya. Kata omnivora itu berasa dari bahasa latin yaitu dari kata Omne dan Vorera yang artinya memakan semuanya. Sehingga, hal tersebut bisa di artikan bahwa Omnivora merupakan spesies yang memiliki pola makan yang terdiri dari tanaman dan hewani.

Jika kita melihat pola makan karnivora dengan herbivora, maka omnivora ini adalah gabungan dari keduanya. Dengan begitu, Hewan Omnivora merupakan hewan pemakan daging dan juga tumbuh tumbuhan.

Tidak seperti hewan herbivora yang punya gigi khusus untuk makan tumbuhan dan karnivora yang memiliki gigi yang dirancang khusus untuk makan daging, hewan omnivora ini memiliki gigi yang sesuai dengan konsumsi kedua tumbuhan dan hewan/daging.

Gigi hewan omnivora ini tajam pada bagian depan, berguna untuk merobek atau memotong makanan seperti daging dan gigi datar pada bagian belakang yang berguna untuk menghaluskan makanan baik tumbuhan atau daging.

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Setiap jenis hewan berdasarkan penggolongan makanannya, memiliki ciri ciri yang sebagian besar berbeda dan sebagian lainnya sama. Nah, berikut ini adalah ciri ciri hewan omnivora yang bisa kamu ketahui.

  1. Memakan tumbuh tumbuhan dan daging.
  2. Mempunyai pencernaan yang kompleks
  3. Mempunyai gigi yang tajam pada bagian depan nya
  4. Memipunyai giig datar pada bagian belakang
  5. Sebagian besar bukan merupakan hewan mamalia dan sebagian yang lain adalah mamalia
  6. Sebagian besar berkembang biak secara bertelur dan sebagiannya beranak.

Contoh Hewan Omnivora

Supaya bisa lebih memaknai materi mengenai apa itu hewan omnivora, pada sub bab ini saya akan meberikan contoh contoh hewan yang termasuk kedalam golonga hewan omnivora. Silakan simak sampai selesai.

1. Ayam

Ayam adalah hewan omnivora yang termasuk kedalam jenis unggas. Ayam ini pasti sering kita temui di sekitar lingkungan kita karena memang ayam banyak di pelihara oleh warga masyarakat. Apalagi di daerah perkampungan pasti akan ada banyak ayam yang berkeliaran.

Ayam bisanya memakan padi atau beras yang merupakan tumbuhan, serta memakan daging seperti serangga atau hewan lain yang memiliki daging. Dengan begitu, ayam adalah hewan omnivora.

2. Bebek

Tidak jauh beda dengan ayam, bebek juga merupakan hewan omnivora yang masuk kedalam jenis unggas. Hewan bebek biasanya kita temui di area yang becek atau berair seperti di sungai sungai kecil bahkan ada juga yang sering berkeliaran di rawa rawa untuk mencari makan.

Makanan bebek bervariasi, karena memang bebek adalah hewan omnivora. Makanannya seperti tanaman air, rumput, sayuran, ikan kecil, serangga dan cacing. Karena jenis makanannya tergolong mudah dalam mendapatkannya, bebek pun dijadikan salah satu pilihan sebagai hewan budidaya.

Bebek bisa di manfaatkan telurnya atau pun daging bebek itu sendiri. Bagaimana tertarik untuk budidaya hewan omnivora yang satu ini ? Peternakannya pun tergolong mudah kok untuk seorang pemula.

3. Gorila

Hewan omnivora yang satu ini merupakan hewan buas yang memiliki tubuh besar, gigi yang tajam serta kekuatan oto tangan yang sangat kuat. Ototnya yang kuat membuat Ia mudah dalam melompat atau memanjat pohon.

Tidak semua jenis gorila merupakan binatang buas, tapi jika Ia sedang merasa terancam dia akan menyerang siapa saja yang mendekat dan merobek robek lawannya. Sungguh mengerikan ya sob. Sejinak apapun saran saya jangan mendekati hewan yang satu ini tanpa di dampingi seorang pawang.

4. Tikus

Siapa yang tidak tahu tikus ? Ya, hewan yang satu ini merupakan hewan omnivora paling di benci karena Ia memakan apapun. Mulai dari tumbuhan seperti padi dan kelapan. Selain itu, tikus juga suka memakan serangga dan ikan asin serta daging hewan lainnya.

Tikus dianggap sebagai hama karena mengganggu tanaman di sawah dan sering merobek robek baju di almari yang biasanya tidak pernah di bersihkan dan menjadi sarang tikus.

Contoh hewan Omnivora yang lain adalah Orang Utan, Monyet/Kera, Rubah, Beruang, Landak, Babi. Lemur dll.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.