Ruang Lingkup Fisika

Ilmu Fisika adalah salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA yang mungkin dikenal juga dengan istilah Sains. Ilmu Fisika adalah ilmu yang mempelajari perihal hubungan manusia dengan manusia yang saling melakukan interaksi atau aksi reaksi dan bisa juga untuk mempelajari hubungan manusia dengan alam, karena itu perlu dipelajari lebih lanjut soal ruang lingkup Fisika.

Cabang ilmu Fisika kerap kali disebut sebagai ilmu dasar dalam IPA atau Sains. Ilmu Fisika juga kerap dianggap rumit lantaran menggunakan perhitungan Matematika yang kompleks. Ilmu Fisika juga memiliki beragam rumus yang bisa digunakan untuk menghitung berbagai jumlah besaran dari berbagai hal, sebut saja kecepatan, gaya gravitasi dan juga aliran listrik yang kerap ditemui dalam kegiatan sehari-hari.

Ruang Lingkup Fisika

Ruang lingkup ilmu Fisika ini dibagi menjadi dua untuk memudahkan penggolongan atau pengklasifikasian dalam penggolongan bab dan sub bab. Di samping itu juga digunakan untuk lebih memudahkan proses belajar ilmu Fisika. Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya, maka hal-hal tersebut dibedakan menjadi ruang lingkup ilmu fisika klasik dan ruang lingkup ilmu fisika modern.

1. Ruang lingkup ilmu Fisika klasik

Ruang lingkup untuk ilmu Fisika secara garis besar dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Fisika klasik dan Fisika modern. Pembagian ruang lingkup menjadi dua hal yang berbeda ini dilandasi dari cara dan juga pengalaman manusia dalam mendapatkan aksi reaksi atau peristiwa.

Aksi reaksi yang dimaksud adalah berupa hal yang berhubungan dengan mekanika, magnet, listrik, listrik statis, bunyi, panas, optik, cahaya, relativitas dan radioaktif. Ruang lingkup dalam ilmu fisika klasik diklasifikasikan atau bersumber daru gejala-gejala yang dapat ditangkap oleh panca indra manusia, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa dan juga peraba.

Hal-hal yang diklasifikasikan sebagai ruang lingkup ilmu Fisika klasik seperti mekanika, magnet, listrik, listrik statis, panas atau kalor, bunyi yang juga meliputi gaung dan gema, optik dan juga gelombang. Akan tetapi gelombang menjadi perbatasan antara ruang lingkup ilmu fisika klasik dengan ruang lingkup ilmu fisika modern.

2. Ruang lingkup ilmu Fisika modern

Disebut sebagai ruang lingkup ilmu fisika modern tentu ada alasannya. Alasan yang mendasarinya adalah karena ilmu Fisika satu ini berkembang pada abad ke 20. Pengembangan ilmu Fisika ini juga didasari atas penemuan dari ilmuwan Fisika ternama yaitu Albert Einstein. Siapa yang tak kenal dengan Albert Einstein? Albert Einstein menemukan dan mengembangkan teori tentang relativitas dan menghasilkan rumus yang kemudian dijadikan dasar penetapan berkembangnya ruang lingkup ilmu Fisika modern.

Di samping itu ada pula keluarga Curie yang dipelopori oleh Marie Curie yang menemukan dan mengembangkan soal prinsip radioaktif atau radioaktivitas yang juga menjadi penetapan munculnya ruang lingkup ilmu Fisika modern. Secara singkatnya ruang lingkup ilmu Fisika modern ini adalah cabang dari ilmu Fisika yang mempelajari soal perilaku materi-materi dan juga energi pada skala kecil atau skala atomik. Selain itu ilmu ini juga mempelajari partikel-partikel subatomik atau gelombang. Partikel subatomik atau gelombang ini di antaranya seperti relativitas, inti atom dan radioaktif atau radioaktivitas.

Di atas adalah penjelasan dari ruang lingkup Fisika yang ternyata dibagi menjadi dua yaitu Fisika klasik dan juga Fisika modern yang dibagi atas waktu berkembangnya ilmu ini dengan perilaku, gejala ataupun materi yang dimaksud.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.