Rumus Energi Kinetik

Pengertian energi kinetik merupakan energi yang dimiliki pada suatu benda yang disebabkan dari pergesekan atau pergerakan benda tersebut. Seperti pada ilmu Fisika, bahwa energi kinetik sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu kecepatan dan massa benda tersebut.

Energi kinetik juga biasa disebut dengan energi gerak yang juga bisa didefinisikan sebagai usaha yang diperlukan sehingga mampu menggerakkan suatubenda dengan massa benda tersebut dari keadaan nol atau diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Kesimpulannya, bahwa energi kinetik berhubungan dengan pergerakan suatu benda.

Rumus Energi Kinetik

Secara Fisika dan matematik, Pengertian energi kinetik dihitung sebagai setengahnya dari massa benda tersebut, dikalikan dengan kecepatan tubuh kuadrat. Jika dirumuskan akan menjadi sebagai berikut:

Ek = ½ mv2

  • Ek = energi kinetik (J) >> Joule
  • m = massa benda (kg) >> kilogram
  • v = kecepatan (m/s) >> meter per detik

Perlu diketahui bahwa energi kinetik dari suatu benda sama dengan jumlah usaha yang dibutuhkan sebagai pernyataan rotasi dan kecepatan yang dimulai dari keadaan benda tersebut diam.

Pengertian energi kinetik sendiri diambil dari suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani yaitu kinesis yang artinya gerak dan energia yang artinya bekerja. Sehingga, dapat disederhanakan bahwa energi kinetik adalah gerakan dari suatu pekerjaan atau tindakan. Setia hal, dari suatu benda atau objek yang memiliki massa akan bergerak dengan masing-masing jenis energi kinetiknya.

Jenis Energi Kinetik

Ada banyak contoh energi kinetik dalam aktivitas kita sehari-hari. Namun, energi gerak atau energi kinetik dibagi menjadi dua jenis yaitu energi kinetik translasi dan energi kinetik rotasi.

1. Energi Kinetik Translasi

Energi kinetik translasi adalah salah satu jenis energi kinetik yang dimiliki pada suatu benda yang sedang bergerak lurus.

2. Energi Kinetik Rotasi

Sedangkan energi kinetik rotasi adalah salah satu jenis energi kinetik yang dimiliki pada suatu benda yang sedang melakukan gerakan berputar.

Intinya adalah sama, bahwa antara energi kinetik translasi dan rotasi adalah sama-sama bergerak. Perbedaannya adalah pada arah tujuannya dan alur gerakannya.

Contoh Energi Kinetik

Energi kinetik bisa terjadi dalam aktivitas sehari-hari kita. Kita pun bisa menjumpainya dalam kehidupan kita sehari-hari. Contoh dari energi kinetik ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mobil yang sedang melaju di jalan;
  2. Bola yang dilempar ke atas;
  3. Setrika yang digunakan;
  4. Air yang mengalir;
  5. Seseorang yang berjalan atau berlari;
  6. Kucing yang sedang bermain;
  7. Dan lain sebagainya.

Pada intinya, benda baik bergerak sendiri maupun digerakkan mengandung atau menghasilkan energi kinetik.

Bagaimana Benda Tersebut Mendapatkan dan Menghasilkan Energi?

Kita perlu memahami bagaimana proses energi ditransfer dan bekerja dari benda satu ke benda lainnya merupakan salah satu konsep yang perlu kita pahami agar dapat memahami Pengertian energi kinetik.

Seperti halnya ketika massa dari suatu benda sedang diam, maka benda tersebut tidak memiliki energi kinetik, melainkan energi potensial. Namun, ketika suatu obyek atau benda tersaebut mendapatkan aktivitas atau kekuatan, maka energi potensial pada benda tersebut berubah menjadi energi kinetik.

Nantinya, energi kinetik ini akan ditransfer atau berubah menjadi energi lainnya seperti energi gravitasi, elastis, bahkan bisa juga kembali menjadi energy potensial, jika benda tersebut jatuh. Prosesnya seperti berikut ini. Energi kinetik akan berubah menjadi energi gravitasi, jika benda tersebut jatuh ke bawah, sedangkan energi kinetik akan berubah menjadi energi elastis jika benda tersebut memantul.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.