Pengertian Arsitektur : Sejarah, Fungsi dan Contoh Arsitektur

Definisi arsitektur secara umum adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok individu untuk membuat rancangan dengan berdasarkan kreatifitas dan gagasannya sendiri. Oleh karenanya, wajar saja apabila pekerjaan arsitektur ini dikategorikan ke dalam seni. Karena proses pengerjaan memang membutuhkan daya imajinasi yang sangat tinggi, guna menghasilkan bentuk yang bagus.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

1. Van Romondt

Arsitektur adalah sebuah lingkup ruang lokasi hidup yang dihuni oleh manusia dengan rasa bahagia. Ruang yang dimaksud adalah semua ruang, baik yang diciptakan manusia maupun ruang yang terjadi atau terbentuk dengan sendirinya melalui proses alami. Contohnya adalah gua dan lain-lain.”

2. Marcus Pollio De Vitrovius

“Arsitektur merupakan sebuah kekuatan (virmitas), keindahan (venustas), dan fungsi (utilitas). Di samping itu, arsitektur juga adalah ilmu yang lahir dari ilmu lainnya dan terbentuk melalui proses belajar. Salah satu cabang ilmu yang wajib dipelajari dalam proses pemahaman arsitektur adalah ilmu filsafat, terutaa rasionalisme dan kawan-kawannya. Sedangkan seluruh karya dihasilkan oleh arsitekrur merupakan sebuah karya seni.”

Sejarah Singkat Arsitektur

Perkembangan arsitektur memiliki sejarah yang sangat panjang. Sebab arsitektur hadir sebagai akibat dari kebutuhan manusia akan situasi kondusif, aman dan nyaman. Sejarah ini diawali dari zaman pra sejarah, dimana teknik arsitektur tertua merupakan Stonehegen di daratan Inggris.

Kemudian diikuti perkembangan pada zaman Mesir Kuno yang memiliki ciri khas pendirian bangunan raksasa seperti istana Firaun. Dan terus berkembang ke arah klasik, Byzantine, Romanesque, Gothic, Reneissance, Baroque, Neoclassicism, Art Nouveau, Neo Gothic Arsitektur, Art Deco Arsitektur, Modernist Style hingga Postmodernism yang diterapkan pada saat ini.

Fungsi Arsitektur

Arsitektur memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

1. Fungsi Artistik

Fungsi ini menganggap arsitektur sebagai salah satu bentuk dari seni. Karenanya, arsitektur fungsional diartikan sebagai sebuah bentukan bernilai artistik (keindahan).

2. Fungsi Perwadahan

Fungsi perawadahan melihat arsitektur dari segi fisik. Yaitu suatu ruang yang bisa mewadahi aktivitas tertentu, sehingga yang ada di dalamnya bisa merasakan keamanan dan kenyamanan.

3. Fungsi Modifikasi

Fungsi modifikasi adalah penegasan arsitektur sebagai sebuah bangunan. Yang berfungsi untuk mengantisipasi, kontrol dan juga adaptasi dengan lingkup fisiknya. Hal ini merujuk pada iklim di tempat tersebut.

4. Fungsi Filter Lingkungan

Disini, arsitektur berfungsi sebagai suatu alat filterisasi untuk lingkungan. Baik dari segi fisik , maupun sosial.

5. Fungsi Pembentuk Perilaku

Dalam konteks ini, arsitektur memiliki fungsi atau kemampuan untuk melakukan modifikasi, membentuk dan bahkan memanupulasi suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang, yang melakukan interaksi aktif dengan bentuk dari arsitektur.

6. Fungsi Investasi Modal

Yang terakhir adalah, bahwa arsitektur juga memiliki tujuan guna mendatangkan keuntungan. Sedangkan investasi yang disebutkan di atas adalah sebuah usaha memanfaatkan sumber daya yang ada. Baik uang, tenaga dan modal guna menghasilkan nilai tambah tertentu. Contohnya adalah keuntungan profit dan benefit.

Contoh Arsitektur

Berbicara mengenai contoh arsitektur, sebenarnya ada banyak sekali topik yang dibahas. Untuk menambah wawasan Anda, di bawah ini adalah dua contoh dari arsitektur.

1. Arsitektur Komputer

Dalam teknik komputer, ada yang namanya arsitektur komputer. Ini merupakan konsep untuk merencanakan dan menyusun perangkat dasar pada sistem komputer. Adapun contoh dari arsitektur Komputer adalah membuat set intruksi dan aritmetika yang akan dipakai dalam teknik pengalamatan dan sebagainya.

2. Arsitektur Desain

Desain arsitektur ini sangat erat kaitannya dengan perancangan sebuah bangunan. Karena yang dimaksud disini berarti sebuah gambaran imajinatif yang kemudian direalisasikan. Contoh arsitektur desain adalah pembangunan rumah minimalis dan lain-lain.

error: This content is protected by DMCA